ABSTRAK
Nama
: Immanuel Purwito Adi
Nim
: 44200420
Judul skripsi : STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
JAGOAN HELM MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM
MENINGKATKAN PENJUALAN
Penelitian ini menganalisi strategi komunikasi pemasaran terpadu PT Jagoan Helm dalam
mengatasi penurunan sejak awal tahun 2023. PT Jagoan Helm memanfaatkan media sosial
instagram sebagai platform utama pemasaran, strategi yang diterapkan penggunaan instagram
reels, story,dan feed post. Penyebab utama penurunan yaitu kurangnya promosi aktif, perubahan
prefensi konsumen, dan persaingan dengan kompetitor yang memiliki strategi pemasaran lebih
agresif.
Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa
wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Tujuan dari strategi ini untuk
membangun interkasi dengan konsumen dan mendorong penjulan, hasil dari implementasi
menunjukkan peningkatan engagement di media sosial, pemahaman pesan pemasaran yang baik
oleh konsumen serta berpotensi peningkatkan penjualan sebesar 10 – 15% dalam kurung waktu
tiga bulan pelaksanaan (November 2024 – Januari 2025). Dalam evaluasi ini dilakukan dengan
mengukur indikator keberhasilan seperti peningkatkan omset, keterlibatan konsumen di dalam
media sosial instagram, serta efektivitas penyampaian pesan.
Kata Kunci : Komunikasi pemasaran terpadu, Media Sosial, instagram
ABSTRACT
This study analyzes the integrated marketing communication strategy of PT Jagoan Helm in
overcoming the decline since early 2023. PT Jagoan Helm utilizes Instagram social media as
the main marketing platform, the strategy implemented is the use of Instagram reels, stories, and feed posts. The main causes of the decline are the lack of active promotion, changes in consumer
preferences, and competition with competitors who have more aggressive marketing strategies.
The study uses a qualitative descriptive method with data collection techniques in the form of in
depth interviews, observations, and documentation studies. The purpose of this strategy is to
build interaction with consumers and encourage sales, the results of the implementation show
an increase in engagement on social media, a good understanding of marketing messages by
consumers and the potential to increase sales by 10-15% within three months of implementation
(November 2024 - January 2025). This evaluation is carried out by measuring indicators of
success such as increased turnover, consumer involvement in Instagram social media, and the
effectiveness of message delivery.
Keywords: Integrated marketing communication, Social Media, Instagra
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU JAGOAN HELM MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN
DAFTAR PUSTAKA
(n.d.). Retrieved from JAGOAN HELM: https://www.jagoanhelm.id/
@jagoanhelm. (n.d.). Retrieved from
https://www.instagram.com/jagoanhelm?igsh=MXVocnFpdWgzeHlnNg==
(2024). Retrieved from Award Top Brand: https://www.topbrand
award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=8&id_subkategori=265
A.Rafiq. (2020). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL SUATU
MASYARAKAT, 18.
A.Rafiq. (2020). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL SUATU 74
MASYARAKAT, 19.
Alberta, H. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Meningkatkan
Penjualan .
Angela, S. (2021). ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP, ONLINE CUSTOMER
REVIEW DAN EWOM TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI OVO
(Studi Kasus pada Mahasiswa STEI Jakarta).
Anjayani, R. P. (2022). Analisis Strategi Bauran Pemasaran untukMeningkatkan Volume
Penjualan (Studi Pada UMKM YJS Sukabumi). JURNAL MULTIDISIPLIN MADANI.
APRILIANSYAH, B. S. (2024). Optimalisasi media ssosial instagram dan facebook untuk
meningkatkan pemasaran pada CV ABD JAYA LEATHER, 10.
Ardial. (2018). Fungsi Komunikasi Organisasi . Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan
Ilmiah Aqli.
Asshiddiqi, I. H. (2023). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS PENJUALAN CLEANOZ PENGHEMAT BBM.
ASTUTI, W. (2023). Perubahan Gaya Kepemimpinan terhadap motivasi kerja yang dilakukan
pada Klinik Miracle selama tahun 2014-2021 dengan gaya kepemimpinan tahun 2021-2022.
Belch & Belch. (2018).
BPPTIK, K. (2023, Desember 31). Kewirausahaan Digital, Peluang Ekonomi di era Digital. p.
Cangara, H. (2022). Pengantar ilmu Komunikasi (5 ed.). (Y. S. Hayati, Ed.) Depok, Jawa
Barat, Indonesia.
Creswell. (2020). Research Design.
databoks.katadata.co.id. (2024).
Dhimas Febryant Nursetyo, N. A. (2024). Strategi Integrated Marketing Communication
Dalam Keputusan Pembelian Paket Data Pada Telkomsel, 315.
Donni Juni Prisiana, S. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV PUSAKA
SETIA.
Elizabeth Haloho, M. G. (2022). PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN DENGAN
KONSEP INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) UNTUK
MENINGKATKAN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA SEMESTER
VII (TUJUH) PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU
SOSIAL UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA. PELATIHAN MANAJEMEN
PEMASARAN DENGAN KONSEP INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC)
UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA SEMESTER
VII (TUJUH) PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA, 160.
Evi Zulfiah, N. N. (2023). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat
Masyarakat Masuk Sekolah Dasar Islam Terpadu.
Fadhallah. (2021). wawancara. jakarta timur: unj press.
Fadilla, A. R. (2023). LITERATURE REVIEW ANALISIS DATA KUALITATIF: TAHAP
PENGUMPULAN .
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian .
Fajar, A. (2020). jurnal komunikasi, 211.
Fajar, A. (2020). Jurnal Komunikasi. IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING
COMMUNICATION (IMC) PADA PT TOKOPEDIA DALAM MEMPERTAHANKAN
PELANGGAN, 211.
Firmansyah, A. (2020). KOMUNIKASI PEMASARAN. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media .
Gani, A. G. (2023). journal.universitassuryadarma. SEJARAH dan PERKEMBANGAN
INTERNET DI INDONESIA, 68.
Handayani, L. T. (2023). Tahapan Strategi Komunikasi Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah 75
dalam Mempromosikan Aplikasi iJateng.
Hariyanto, D. (2021). Sidoarjo: UMSIDA Press.
Hariyanto, D. (2023). komunikasi pemasaran.
Hasibuan, M. P. (2023). Analisis Pengukuran Temperatur UdaraDengan Metode Observasi.
Hasibuan, M. P. (2023). Analisis Pengukuran Temperatur UdaraDengan Metode Observasi.
Hayati, R. (2022). Integrated Marketing Communication of PT. Karya Sejahtera Abaditama
Duri in Promoting Smartfren Products.
Hazel Alberta, L. S. (2021). Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Teknologi
Informasi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Analisis Strategi Komunikasi
Pemasaran Terpadu dalam Meningkatkan Penjualan dan Brand Awareness, 13.
Imaniar, N. (2020). PENGARUH PENJUALAN TERHADAP LABA KOTOR (Studi Kasus
Pada Home Industry Kopi Karuhun).
INDIGO, B. (2023). APA ITU MARKETING 1.0 SAMPAI DENGAN 5.0? Jakarta:
https://faq.lenmarc.com.
Indonesia), A. (. (2024, Februari 7). Retrieved from https://apjii.or.id/:
https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Indonesia, T. C. (2022). Mengenal Apa Itu Internet, Sejarah Perkembangan & Manfaatnya.
Jakarta: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220921131159-37-373856/mengenal-apa-itu
internet-sejarah-perkembangan-manfaatnya.
Indrawan, Y. C. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM
MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI MEDIA MELALUI PERIKLANAN DI RADIO
SONGGOLANGIT FM PONOROGO.
Khairunisa, A. (2020). Strategi Komunikasi Pengelola Café Sawah Dalam Meningkatkan
Religiusitas Karyawan.
Kumaidi, K. (2021). tingkat sosial dan ekonomi orang tuasiswa di MTs NU Miftahul Huda III
Lau Dawe Kudus tahun ajaran 2020/2021.
TERHADAP KETENAGAKERJAAN DAN HUBUNGAN KERJA DI INDONESIA.
INDUSTRIAL DIGITALIZATION AND ITS IMPACT ON LABOR AND EMPLOYMENT
RELATIONSHIP IN INDONESIA, 268.
Lestari, L. (2023). Strategi Komunikasi Yayasan Panti Asuhan NU "An-Nuur" Kota Kediri
Dalam Menjaga Loyalitas Donatur.
MACHYUDIN AGUNG HARAHAP, S. A. (2020). TREN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL
SELAMA PANDEMI DI INDONESIA, 17.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di
Bidang Kesehatan Masyarakat.
Miharjo, G. (2020). pedagang mikro dan kecil di Kecamatan MentengMenerapkan Metode
Laba Kotor untuk meningkatkan usaha.
Miharjo, G. (2020). PENERAPAN METODE LABA KOTOR UNTUK MENYUSUN
LAPORAN KINERJA PADA PEDAGANG MIKRO DI KECAMATAN MENTENG.
Mukarom, Z. (2020). TEORI-TEORI KOMUNIKASI. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Mulyana, A. (2024). METODE PENELITIAN KUALITATIF. BANDUNG: WIDINA MEDIA
UTAMA.
Mustofa, M. B. (2022). Fungsi Komunikasi Massa dalam Pemberitaan Pengamen Fungsi
Komunikasi Massa dalam Pemberitaan Pengamen Terhadap Perilaku Warganet.
Nur, G. P. (2020). Strategi Pemilihan Narasumber untuk Event Workshop oleh DISBUDPAR
Kabupaten Bogor.
Nurijadi, B. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu melalui Media Sosial
Instagram"NonaJudes".76
Nurul Rizky, S. D. (2022). Jurnal Ilmu Komunikasi. PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL
INSTAGRAM HALOA CAFE , 179.
Panggabean, A. D. (2024, May 29). Retrieved from https://www.rri.co.id/iptek/721570/ini
data-statistik-penggunaan-media-sosial-masyarakat-indonesia-tahun-2024
Patila, P. A. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Layanan Servis Mobil Berbasis Android
.
Pohan, D. D. (2021). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies. JENIS
JENIS KOMUNIKASI.
PRATAMA, S. P. (2020). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH FUNDING
(PENGHIMPUNAN DANA) DI PT BANK MUAMALAT INDONESIA KCP
TULUNGAGUNG.
Puteri, R. P. (2020). REORIENTASI SANKSI PIDANA DALAM
PERTANGGUNGJAWABAN KORPORASI DI INDONESIA.
Rachmasari, F. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP
MINAT NASABAH PERBANKAN SYARIAH.
Rahmani, R. G. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, BRAND IMAGE DAN
BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK (Studi pada Somethinc by
Irene Ursula).
Ramadhani, R. (2022). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial Dengan Baik Dan Benar.
Ramadina, A. A. (2024). Peningkatan Kesadaran Merek Coffee Shop Pemkop Melalui Strategi
Komunikasi Pemasaran Terpadu .
Ramadina, A. A. (2024). Peningkatan Kesadaran Merek Coffee Shop Pemkop Melalui Strategi
Komunikasi Pemasaran Terpadu.
Rizky, B. P. (2024). ETIKA KOMUNIKASI NETIZEN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
DALAM PANDANGAN ISLAM, 2.
INDONESIA. jurnal.usbypkp, 2.
Sari, N. (2020). PELAKSANAAN FUNGSI REKREATIF PADA LAYANAN RUANG
BELAJAR MODERN DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA DI
PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH.
Sindy Ega Utami, I. N. (2023). Peran Jiwa Entrepreneurship Untuk Mengurangi Pengangguran
Perspektif Ekonomi Syariah . Peran Jiwa Entrepreneurship Untuk Mengurangi Pengangguran
Perspektif Ekonomi Syariah .
Sosial, W. A. (2023, oktober 1). 2008 - 2024 PT We Are Social Indonesia. Retrieved from
[email protected]: https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/
sulastri, 2. (n.d.).
Surya, A. (2021). komunikasi pemasaran toko online Carl & Claire.
Suryakusumah, I. (2024). AISI Perkirakan Penjualan Sepeda Motor 2024 Bisa Tembus 6,5
Juta Unit. Jakarta: https://www.inilah.com/aisi-perkirakan-penjualan-sepeda-motor-2024-bisa
tembus-65-juta-unit.
Susanto, D. W. (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN
OMZET PENJUALAN PADA UKM DAPUR JULIE DEPOK.
Suswanto, P. (2020). STRATEGIKOMUNIKASI PEMASARANSHOPEE DALAM
MEMBANGUNPOSITIONING DITENGAHPANDEMI COVID-19 DIINDONESIA. 20.
Syira, S. D. (2023). Pemanfaatan Big Data dalam Peningkatan Efektivitas Strategi Komunikasi
Marketing Terpadu pada Perusahaan E-Commerce.
Techcrunch. (2024).
Uqoiziah, U. (2023). fungsi komunikasi.
Viliaus, C. (2020). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Minat Beli Konsumen 77
Pond’s Yang Dimediasi Oleh Brand Equity .
widiastuti. (2022). instagram.
Wijoyo, H. (2022). ANALISIS TEKNIK WAWANCARA (PENGERTIAN WAWANCARA,
BENTUK-BENTUK PERTANYAAN WAWANCARA) DALAM PENELITIAN
KUALITATIF BAGI MAHASISWA TEOLOGI DENGAN TEMA PEKABARAN INJIL
MELALUI PENERJEMAHAN ALKITAB.
Wulandari, H. (2023).
Yanuarita, D. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Melalui Media Sosial
Instagram sebagai Sarana Promosi di Sekolah Alam Kebun Tumbuh.
Yustiani, R. (2021). PERAN MARKETPLACE SEBAGAI ALTERNATIF BISNIS DI ERA
TEKNOLOGI INFORMASI.
Zainurossalamia, S. (2021). Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi, 31.