STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU JAGOAN HELM MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN

research
  • 04 Mar
  • 2025

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU JAGOAN HELM MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN

ABSTRAK

Nama

: Immanuel Purwito Adi

Nim

: 44200420

Judul skripsi : STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU

JAGOAN HELM MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM

MENINGKATKAN PENJUALAN

Penelitian ini menganalisi strategi komunikasi pemasaran terpadu PT Jagoan Helm dalam

mengatasi penurunan sejak awal tahun 2023. PT Jagoan Helm memanfaatkan media sosial

instagram sebagai platform utama pemasaran, strategi yang diterapkan penggunaan instagram

reels, story,dan feed post. Penyebab utama penurunan yaitu kurangnya promosi aktif, perubahan

prefensi konsumen, dan persaingan dengan kompetitor yang memiliki strategi pemasaran lebih

agresif.

Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa

wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Tujuan dari strategi ini untuk

membangun interkasi dengan konsumen dan mendorong penjulan, hasil dari implementasi

menunjukkan peningkatan engagement di media sosial, pemahaman pesan pemasaran yang baik

oleh konsumen serta berpotensi peningkatkan penjualan sebesar 10 – 15% dalam kurung waktu

tiga bulan pelaksanaan (November 2024 – Januari 2025). Dalam evaluasi ini dilakukan dengan

mengukur indikator keberhasilan seperti peningkatkan omset, keterlibatan konsumen di dalam

media sosial instagram, serta efektivitas penyampaian pesan.

Kata Kunci : Komunikasi pemasaran terpadu, Media Sosial, instagram

ABSTRACT

This study analyzes the integrated marketing communication strategy of PT Jagoan Helm in

overcoming the decline since early 2023. PT Jagoan Helm utilizes Instagram social media as

the main marketing platform, the strategy implemented is the use of Instagram reels, stories, and feed posts. The main causes of the decline are the lack of active promotion, changes in consumer

preferences, and competition with competitors who have more aggressive marketing strategies.

The study uses a qualitative descriptive method with data collection techniques in the form of in

depth interviews, observations, and documentation studies. The purpose of this strategy is to

build interaction with consumers and encourage sales, the results of the implementation show

an increase in engagement on social media, a good understanding of marketing messages by

consumers and the potential to increase sales by 10-15% within three months of implementation

(November 2024 - January 2025). This evaluation is carried out by measuring indicators of

success such as increased turnover, consumer involvement in Instagram social media, and the

effectiveness of message delivery.

Keywords: Integrated marketing communication, Social Media, Instagra

Unduhan

  • skripsi Immanuel.pdf

    STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU JAGOAN HELM MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN

    •   diunduh 22x | Ukuran 18,694 KB

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

(n.d.). Retrieved from JAGOAN HELM: https://www.jagoanhelm.id/

@jagoanhelm. (n.d.). Retrieved from

https://www.instagram.com/jagoanhelm?igsh=MXVocnFpdWgzeHlnNg==

(2024). Retrieved from Award Top Brand: https://www.topbrand

award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=8&id_subkategori=265

A.Rafiq. (2020). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL SUATU

MASYARAKAT, 18.

A.Rafiq. (2020). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL SUATU 74

MASYARAKAT, 19.

Alberta, H. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Meningkatkan

Penjualan .

Angela, S. (2021). ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP, ONLINE CUSTOMER

REVIEW DAN EWOM TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI OVO

(Studi Kasus pada Mahasiswa STEI Jakarta).

Anjayani, R. P. (2022). Analisis Strategi Bauran Pemasaran untukMeningkatkan Volume

Penjualan (Studi Pada UMKM YJS Sukabumi). JURNAL MULTIDISIPLIN MADANI.

APRILIANSYAH, B. S. (2024). Optimalisasi media ssosial instagram dan facebook untuk

meningkatkan pemasaran pada CV ABD JAYA LEATHER, 10.

Ardial. (2018). Fungsi Komunikasi Organisasi . Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan

Ilmiah Aqli.

Asshiddiqi, I. H. (2023). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU

DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS PENJUALAN CLEANOZ PENGHEMAT BBM.

ASTUTI, W. (2023). Perubahan Gaya Kepemimpinan terhadap motivasi kerja yang dilakukan

pada Klinik Miracle selama tahun 2014-2021 dengan gaya kepemimpinan tahun 2021-2022.

Belch & Belch. (2018).

BPPTIK, K. (2023, Desember 31). Kewirausahaan Digital, Peluang Ekonomi di era Digital. p.

  1.  

Cangara, H. (2022). Pengantar ilmu Komunikasi (5 ed.). (Y. S. Hayati, Ed.) Depok, Jawa

Barat, Indonesia.

Creswell. (2020). Research Design.

databoks.katadata.co.id. (2024).

Dhimas Febryant Nursetyo, N. A. (2024). Strategi Integrated Marketing Communication

Dalam Keputusan Pembelian Paket Data Pada Telkomsel, 315.

Donni Juni Prisiana, S. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV PUSAKA

SETIA.

Elizabeth Haloho, M. G. (2022). PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN DENGAN

KONSEP INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) UNTUK

MENINGKATKAN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA SEMESTER

VII (TUJUH) PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU

SOSIAL UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA. PELATIHAN MANAJEMEN

PEMASARAN DENGAN KONSEP INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC)

UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA SEMESTER

VII (TUJUH) PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA, 160.

Evi Zulfiah, N. N. (2023). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat

Masyarakat Masuk Sekolah Dasar Islam Terpadu.

Fadhallah. (2021). wawancara. jakarta timur: unj press.

Fadilla, A. R. (2023). LITERATURE REVIEW ANALISIS DATA KUALITATIF: TAHAP

PENGUMPULAN .

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian .

Fajar, A. (2020). jurnal komunikasi, 211.

Fajar, A. (2020). Jurnal Komunikasi. IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING

COMMUNICATION (IMC) PADA PT TOKOPEDIA DALAM MEMPERTAHANKAN

PELANGGAN, 211.

Firmansyah, A. (2020). KOMUNIKASI PEMASARAN. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media .

Gani, A. G. (2023). journal.universitassuryadarma. SEJARAH dan PERKEMBANGAN

INTERNET DI INDONESIA, 68.

Handayani, L. T. (2023). Tahapan Strategi Komunikasi Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah 75

dalam Mempromosikan Aplikasi iJateng.

Hariyanto, D. (2021). Sidoarjo: UMSIDA Press.

Hariyanto, D. (2023). komunikasi pemasaran.

Hasibuan, M. P. (2023). Analisis Pengukuran Temperatur UdaraDengan Metode Observasi.

Hasibuan, M. P. (2023). Analisis Pengukuran Temperatur UdaraDengan Metode Observasi.

Hayati, R. (2022). Integrated Marketing Communication of PT. Karya Sejahtera Abaditama

Duri in Promoting Smartfren Products.

Hazel Alberta, L. S. (2021). Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Teknologi

Informasi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Analisis Strategi Komunikasi

Pemasaran Terpadu dalam Meningkatkan Penjualan dan Brand Awareness, 13.

Imaniar, N. (2020). PENGARUH PENJUALAN TERHADAP LABA KOTOR (Studi Kasus

Pada Home Industry Kopi Karuhun).

INDIGO, B. (2023). APA ITU MARKETING 1.0 SAMPAI DENGAN 5.0? Jakarta:

https://faq.lenmarc.com.

Indonesia), A. (. (2024, Februari 7). Retrieved from https://apjii.or.id/:

https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Indonesia, T. C. (2022). Mengenal Apa Itu Internet, Sejarah Perkembangan & Manfaatnya.

Jakarta: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220921131159-37-373856/mengenal-apa-itu

internet-sejarah-perkembangan-manfaatnya.

Indrawan, Y. C. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM

MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI MEDIA MELALUI PERIKLANAN DI RADIO

SONGGOLANGIT FM PONOROGO.

Khairunisa, A. (2020). Strategi Komunikasi Pengelola Café Sawah Dalam Meningkatkan

Religiusitas Karyawan.

Kumaidi, K. (2021). tingkat sosial dan ekonomi orang tuasiswa di MTs NU Miftahul Huda III

Lau Dawe Kudus tahun ajaran 2020/2021.

  1. Hadi Adha, Z. A. (2020). DIGITALISASI INDUSTRI DAN PENGARUHNYA

TERHADAP KETENAGAKERJAAN DAN HUBUNGAN KERJA DI INDONESIA.

INDUSTRIAL DIGITALIZATION AND ITS IMPACT ON LABOR AND EMPLOYMENT

RELATIONSHIP IN INDONESIA, 268.

Lestari, L. (2023). Strategi Komunikasi Yayasan Panti Asuhan NU "An-Nuur" Kota Kediri

Dalam Menjaga Loyalitas Donatur.

MACHYUDIN AGUNG HARAHAP, S. A. (2020). TREN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL

SELAMA PANDEMI DI INDONESIA, 17.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di

Bidang Kesehatan Masyarakat.

Miharjo, G. (2020). pedagang mikro dan kecil di Kecamatan MentengMenerapkan Metode

Laba Kotor untuk meningkatkan usaha.

Miharjo, G. (2020). PENERAPAN METODE LABA KOTOR UNTUK MENYUSUN

LAPORAN KINERJA PADA PEDAGANG MIKRO DI KECAMATAN MENTENG.

Mukarom, Z. (2020). TEORI-TEORI KOMUNIKASI. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah

Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Mulyana, A. (2024). METODE PENELITIAN KUALITATIF. BANDUNG: WIDINA MEDIA

UTAMA.

Mustofa, M. B. (2022). Fungsi Komunikasi Massa dalam Pemberitaan Pengamen Fungsi

Komunikasi Massa dalam Pemberitaan Pengamen Terhadap Perilaku Warganet.

Nur, G. P. (2020). Strategi Pemilihan Narasumber untuk Event Workshop oleh DISBUDPAR

Kabupaten Bogor.

Nurijadi, B. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu melalui Media Sosial

Instagram"NonaJudes".76

Nurul Rizky, S. D. (2022). Jurnal Ilmu Komunikasi. PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL

INSTAGRAM HALOA CAFE , 179.

Panggabean, A. D. (2024, May 29). Retrieved from https://www.rri.co.id/iptek/721570/ini

data-statistik-penggunaan-media-sosial-masyarakat-indonesia-tahun-2024

Patila, P. A. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Layanan Servis Mobil Berbasis Android

.

Pohan, D. D. (2021). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies. JENIS

JENIS KOMUNIKASI.

PRATAMA, S. P. (2020). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU

DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH FUNDING

(PENGHIMPUNAN DANA) DI PT BANK MUAMALAT INDONESIA KCP

TULUNGAGUNG.

Puteri, R. P. (2020). REORIENTASI SANKSI PIDANA DALAM

PERTANGGUNGJAWABAN KORPORASI DI INDONESIA.

Rachmasari, F. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP

MINAT NASABAH PERBANKAN SYARIAH.

Rahmani, R. G. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, BRAND IMAGE DAN

BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK (Studi pada Somethinc by

Irene Ursula).

Ramadhani, R. (2022). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial Dengan Baik Dan Benar.

Ramadina, A. A. (2024). Peningkatan Kesadaran Merek Coffee Shop Pemkop Melalui Strategi

Komunikasi Pemasaran Terpadu .

Ramadina, A. A. (2024). Peningkatan Kesadaran Merek Coffee Shop Pemkop Melalui Strategi

Komunikasi Pemasaran Terpadu.

Rizky, B. P. (2024). ETIKA KOMUNIKASI NETIZEN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

DALAM PANDANGAN ISLAM, 2.

  1. A. (2024). ADIKSI MEDIA SOSIAL DAN GADGET BAGI PENGGUNA INTERNET DI

INDONESIA. jurnal.usbypkp, 2.

Sari, N. (2020). PELAKSANAAN FUNGSI REKREATIF PADA LAYANAN RUANG

BELAJAR MODERN DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA DI

PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH.

Sindy Ega Utami, I. N. (2023). Peran Jiwa Entrepreneurship Untuk Mengurangi Pengangguran

Perspektif Ekonomi Syariah . Peran Jiwa Entrepreneurship Untuk Mengurangi Pengangguran

Perspektif Ekonomi Syariah .

Sosial, W. A. (2023, oktober 1). 2008 - 2024 PT We Are Social Indonesia. Retrieved from

[email protected]: https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/

sulastri, 2. (n.d.).

Surya, A. (2021). komunikasi pemasaran toko online Carl & Claire.

Suryakusumah, I. (2024). AISI Perkirakan Penjualan Sepeda Motor 2024 Bisa Tembus 6,5

Juta Unit. Jakarta: https://www.inilah.com/aisi-perkirakan-penjualan-sepeda-motor-2024-bisa

tembus-65-juta-unit.

Susanto, D. W. (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN

OMZET PENJUALAN PADA UKM DAPUR JULIE DEPOK.

Suswanto, P. (2020). STRATEGIKOMUNIKASI PEMASARANSHOPEE DALAM

MEMBANGUNPOSITIONING DITENGAHPANDEMI COVID-19 DIINDONESIA. 20.

Syira, S. D. (2023). Pemanfaatan Big Data dalam Peningkatan Efektivitas Strategi Komunikasi

Marketing Terpadu pada Perusahaan E-Commerce.

Techcrunch. (2024).

Uqoiziah, U. (2023). fungsi komunikasi.

Viliaus, C. (2020). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Minat Beli Konsumen 77

Pond’s Yang Dimediasi Oleh Brand Equity .

widiastuti. (2022). instagram.

Wijoyo, H. (2022). ANALISIS TEKNIK WAWANCARA (PENGERTIAN WAWANCARA,

BENTUK-BENTUK PERTANYAAN WAWANCARA) DALAM PENELITIAN

KUALITATIF BAGI MAHASISWA TEOLOGI DENGAN TEMA PEKABARAN INJIL

MELALUI PENERJEMAHAN ALKITAB.

Wulandari, H. (2023).

Yanuarita, D. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Melalui Media Sosial

Instagram sebagai Sarana Promosi di Sekolah Alam Kebun Tumbuh.

Yustiani, R. (2021). PERAN MARKETPLACE SEBAGAI ALTERNATIF BISNIS DI ERA

TEKNOLOGI INFORMASI.

Zainurossalamia, S. (2021). Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi, 31.