Keputusan pembelian adalah proses di mana konsumen memilih produk atau jasa dengan mempertimbangkan keseimbangan antara kualitas produk dan harga. Di gerai Point Coffee Kebon Besar Tangerang, faktor ini menjadi kunci dalam menarik pelanggan. Point Coffee merupakan anak usaha PT Indomarco Prismatama yang berupa kedai kopi berkonsep mudah dan praktis, tidak hanya menjual kopi saja tetapi juga terdapat alternatif lain seperti teh dan susu sebagai produk utamanya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kualitas Produk (X1) dan Harga (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Point Coffee di Kebon Besar Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian berdasarkan hasil uji F yaitu sebesar 241,259. Secara parsial, hasil uji T menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 19,524, sedangkan harga juga berpengaruh signifikan namun dengan tingkat pengaruh yang lebih rendah dibandingkan kualitas produk yaitu sebesar 19,098. Dengan demikian, hasil penelitian menegaskan bahwa kualitas produk dan harga memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian.
Full_text
Adyas, D., & Setiawan, I. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA CBR150R DI CIBINONG. 13, No. 1(1), 2615–8078. http://www.aisi.or.id
Al’asqolaini, M. Z., & Musthofa, A. J. (2020). Kualitas Produk dan Harga Dalam Meningkatkan Minat Pembelian Konsumen Pada Rebana NS Di Kabupaten Gresik. 17(2), 240–252. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Anjarwati, S., Risdwiyanto, A., Deni, A., Hendrawan, L., Melati, Lusono, A., Flora, H. S., Christian, F., Lubis, D. S. W., & Iryanto, M. (2024). Metodologi Penelitian Kuantitatif (P. T. Cahyono, Ed.). CV. Rey Media Grafika.
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah. 1, 1–9. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan
Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk (B. Nasution, Ed.). PT Inovasi Pratama Internasional.
Baihaky, S., Yogatama, A. N., & Mustikowati, R. I. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOKKEBI SNACKS MALANG. 1, No. 2, 85–104.
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (1st ed.). Guepedia.
Dunakhri, S. (2020). Uji Reliabilitas dan Normalitas Instrumen Kajian Literasi Keuangan. 249–252. https://eprints.unm.ac.id/17802/
Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2022). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARKETPLACE SHOPEE. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 63. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.392
Evitha, Y., & HS, F. M. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Terhadap Pengendalian Persediaan Bahan Baku Produksi di PT. Omron Manufacturing Of Indonesia. Jurnal Logistik Indonesia, 3(2), 88–100. http://ojs.stiami.ac.id
Ferine, K. F., & Yuda. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Produk Fashion di Situs Online Shop. Selat Media.
Fujawati, E., Susnita, T. A., & Ratnasari, N. (2024). Strategi Harga dan Kualitas Produk dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen pada Industri Roti. Journal of Innovation in Management, Accounting and Business, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.56916/jimab.v3i1.537
Ghodang, H., & Hantono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Konsep Dasar & Aplikasi Analisis Regresi dan Jalur dengan SPSS (F. Ghodang, Ed.; 1st ed.). PT. Penerbit Mitra Grup.
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. 2, 69–72.
Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional.
Harjono, W., & Tute, K. J. (2022). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Menggunakkan Metode Waterfall. SATESI: Jurnal Sains Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 47–51. https://doi.org/10.54259/satesi.v2i1.773
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode (C. S. Rahayu, Ed.). Hidayatul Quran Kuningan.
Hidayat, R. R., & Rayuwanto. (2022). The Influence of Price and Product Quality on The Purchase Decision Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. 3, No. 2(2), 105–116. http://jurnal.unda.ac.id/index.php/KEIZAI/index
Ichsan, R. N., & Karim, A. (2021). KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. JASA RAHARJA MEDAN. 6(1), 54–57. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/729/524
Irsyandi, A., Fatimah, F., & Nursaidah, N. (2024). Analisis Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk (Studi Kasus pada Larissa Skincare Jember). BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting, 5(2), 633–650. https://doi.org/10.31539/budgeting.v5i2.7935
Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk, dan Endorse. 2(5), 604–630. https://dinastirev.org/JIMT/article/view/568/340
Larika, W., & Ekowati, S. (2020). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE OPPO. JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS, 1, No.1, 8–136.
Mardiayanti, M., & Andriana, A. N. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk serta Review Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 1091–1109. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.560
Mega Puspita, C., & Budiatmo, A. (2020). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi di Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, IX, 268–275. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/28079
Melpiana, E., & Sudrajat, A. (2022). Analisis Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada MS Glow Beauty. Management & Accounting Expose e-ISSN, x, No. x, 106–118.
Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153. https://riset-iaid.net/index.php/jpm/article/view/1447/821
Mulyati, S., & Jaya, U. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian HP iPhone. WINTER JOURNAL, 1(1), 22–30. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh+Kualitas+Produk+dan+Harga+Terhadap+Keputusan+Pembelian+HP+iPhone+di+Sukabumi&btnG=
Nasution, D. A. D., & Barus, M. D. B. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pada Pemerintah Kota Tanjung Balai Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (N. A. Dharma, Ed.; 1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia.
Ningsih, S., & Dukalang, H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1). http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjom,
Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Nurliyanti, N., Susanti, A. A., & Hadibrata, B. (2022). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. 2(2), 224–232. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2
Pahmi. (2024). Kualitas Produk dan Harga Mempengaruhi Minat Beli Masyarakat. Nas Media Pustaka.
Pantouw, D. T. V., & Kurnia. (2022). PENGARUH INFLUENCER MEDIA SOSIAL TERHADAP BRAND IMAGE ERIGO. Inter Script: Journal of Creative Communication |, 4(2), 68–77.
Pasaribu, B., Herawati, A., Utomo, K. W., & Aji, R. H. S. (2022). Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis (A. Muhaimin, Ed.; 1st ed.). Media Edu Pustaka.
Pranandha, K. E. S., & Kusumadewi, N. M. W. (2022). PERAN WORD OF MOUTH MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(3), 443. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i03.p02
Purba, D. S., Tarigan, W. J., Sinaga, M., & Tarigan, V. (2021). Pelatihan Penggunaan Software SPSS Dalam Pengolahan Regressi Linear Berganda Untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Di Masa Pandemi Covid 19. 5(2), 202–208. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/15257/11947
Ratnasih, C., & Nurjanah, S. (2019). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN MEREK MIE SEDAAP SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI PERUMAHAN PEKAYON BEKASI SELATAN. Oktober, 07(2), 1. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/manajemen/article/view/680
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Deepublish.
Roflin, E., Liberty, I. A., & Pariyana. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran (M. Nasrudin, Ed.; 1st ed.). PT. Nasya Expanding Management.
Roswirman, & Elazhari. (2021). Pengaruh Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru pada Era New Normal di SMK Swasta PAB 2 Helvetia. AFoSJ-LAS, 1(4), 316–333. http://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFOSJ-LAS
Sahat, D., Manalu, T., Pertanian Bogor, I., Nabila, A., Institut, A., Bogor, P., Nurul, A., Pertanian, I., Fitriyani, B., Khairunnisa, B., Institut, S., & Shafwa, M. (2024). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI di KOPI VOKASI. Jurnal Sains Student Research, 2(3), 248–257. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1344
Sari, M., Rachman, H., Astuti, N. J., Afgani, M. W., & Siroj, R. A. (2023). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 10–16. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953
Shafa, P. M., & Hariyanto, J. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Tehadap Keputusan Pembelian Dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee. 1–18.
Simanjuntak, E. R., Utami, R. N., Daniela, C., & Kusumastuti, S. Y. (2023). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian (Sepriano & Y. Agusdi, Eds.; 1st ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sudaryana, B., & Agusiady, H. R. R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (1st ed.). CV Budi Utama.
Sufiyati, A., Suwarni, E., & Anggarini, D. R. (2021). Pengaruh Fasilitas Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Tedco Agri Makmur Lampung Tengah. SMART: Strategy of Management and Accounting through Research and Technology, 1(1), 12–21. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/smart/article/view/1085/367
Sumartini, Harahap, K. S., & Sthevany. (2020). KAJIAN PENGENDALIAN MUTU PRODUK TUNA LOIN PRECOOKED FROZEN MENGGUNAKAN METODE SKALA LIKERT DI PERUSAHAAN PEMBEKUAN TUNA. 2, 30. http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/aureliajournal/article/view/9392/7017
Swarjana, I. K. (2022). Populasi-Sampel, Teknik Sampling & Bias Dalam Penelitian (E. Risanto, Ed.). ANDI.
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. 2, 529–535. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/301/101
Wardah Robiah, D., & Nopiana, M. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Avoskin. YUME : Journal of Management, 5(1), 433–441. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.235
Wicaksono, R. A., Octavia, A. N., & Aprianto, M. S. (2023). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN INDOMIE DI SEMARANG. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(1), 423–432.