CV Uniti adalah sebuah perusahaan yang berada di Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia.
Perusahaan ini menjalin hubungan kerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan di Kebumen untuk
melaksanakan PKL (Praktik Kerja Lapangan). Kegiatan presensi siswa PKL pada CV Uniti saat ini masih
dilakukan secara manual. Dengan metode manual ini, tentu kurang efektif dalam pelaksanaanya karena
siswa harus bergantian untuk mengisi lembar presensi dan dapat menimbulkan masalah seperti
hilangnya data atau kerusakan data serta siswa bisa memanipulasi kehadiran dengan cara menitip
presensi pada temannya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu merancang sistem informasi
presensi berbasis web untuk mempermudah siswa PKL melakukan presensi. Sistem ini juga akan
memudahkan pembimbing dalam memantau kehadiran siswa dan memberikan penilaian terhadap
siswa PKL. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi sistem berjalan yang ada di CV Uniti,
wawancara kepada siswa PKL dan pembimbing serta studi pustaka sebagai pendukung dari data yang
ada. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah prototype yang terdiri dari
mendengarkan pelanggan, membangun serta memperbaiki prototype dan pengujian prototype.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dihasilkan perancangan sistem informasi presensi siswa
PKL untuk melakukan presensi dan melaporkan kegiatan PKL. Selain itu, dengan sistem
terkomputerisasi dapat memudahkan pembimbing PKL dalam memantau siswa dari jarak jauh.
Surat TugasJurnal Gasal 2024/2025
Artikel Jurnal Bianglala Informatika
Ardiansyah, M. (2024). TREND PENGGUNAAN E-LEARNING SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI RIAU. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 11(2).
https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/7933
Fridayanthie, E. W., Haryanto, H., & Tsabitah, T. (2021). Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian
Karyawan (Persis Gawan) Berbasis Web. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 23(2). https://doi.org/10.31294/p.v23i2.10998
Irwanto, I. (2021). LINK AND MATCH PENDIDIKAN KEJURUAN DENGAN DUNIA USAHA DAN INDUSTRI DI INDONESIA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 549-562.
https://ejournal.stpmataram.ac.id/JIP/article/view/714
Narulita, S., Nugroho, A., & Abdillah, M. Z. (2024). Diagram Unified Modelling Language (UML) untuk Perancangan Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (SIMLITABMAS). Bridge : Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Telekomunikasi,
2(3), 244–256. https://doi.org/10.62951/bridge.v2i3.174
Nistrina, K., & Sahidah, L. (2022). UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML) UNTUK PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU DI SMK MARGA INSAN KAMIL. J-SIKA Jurnal Sistem Informasi Karya Anak Bangsa, 4(1), 17–23. Retrieved from
https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/j-sika/article/view/839
Pangestu, P., R., & Voutama, A. (2024). PEMANFAATAN UML (UNIFIED MODELLING LANGUAGE) PADA SISTEM PENGELOLAAN ASPIRASI MAHASISWA BERBASIS WEBSITE. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 8, Issue 6), 11846 – 11851. https://doi.org/10.36040/jati.v8i6.11732
Pricillia, T., & Zulfachmi. (2021). Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD). Jurnal Bangkit Indonesia, 10(1), 6-12. https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia. v10i1.153
Sandfreni, S., Ulum, M. B., & Azizah, A. H. (2021). ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PUSAT STUDI PADA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS ESA UNGGUL. Sebatik, 25(2), 345–356. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1587
Susilawati, H., Wiharso, T. A., & Hidayat, T. M. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Elektronik Resep yang Terhubung ke Kasir
Menggunakan Website. Jurnal Teknologi Informasi Dan Terapan, 7(2), 86–91. https://103.109.209.243/index.php/jtit/articl
e/view/167
Yahya, A., & Nugroho, A. (2024). Perancangan Ulang UI/UX Dengan Figma Pada Website OKE OCE Indonesia Menggunakan Metode Design Thinking. Journal of Information System Research (JOSH),
6(1), 272-282. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/josh/article/view/5987