Analisis Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Biznet Pada Masa Pandemi COVID-19

research
  • 09 Dec
  • 2024

Analisis Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Biznet Pada Masa Pandemi COVID-19

Pandemi Covid-19 telah mengubah cara pandang masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan, dan mengubah cara kita berkomunikasi satu sama lain. Warga yang terkurung keluar rumah harus memutar otak bagaimana melanjutkan aktivitasnya melalui dukungan akses internet. Pertumbuhan dan perkembangan kebutuhan jaringan internet di Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya. Menurut data yang diterbitkan oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), pertumbuhan penggunaan internet pada tahun 2021 adalah 200 juta pengguna dan akan terus tumbuh di masa mendatang. Biznet merupakan salah satu penyedia layanan internet yang menyediakan layanan hampir di seluruh Indonesia, antara lain Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dengan infrastruktur yang dibangun secara mandiri oleh perusahaan. Biznet dinilai berhasil memenangkan persaingan dengan menciptakan inovasi, pionir pasar, dan strategi komunikasi pemasaran yang berbeda. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang efektif bagi Biznet selama masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma deskriptif dan pengumpulan data melalui observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Biznet memiliki strategi komunikasi pemasaran yang berbeda dan unik selain menerapkan strategi bauran pemasaran 7P.Ada konsep pemasaran direct selling dan strategi gerilya merupakan inovasi dari strategi komunikasi pemasaran Biznet. Penentuan pasar juga merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam strategi pemasaran

REFERENSI

Jurnal :
 
Aprillia, Z. Z. (2020). "Rancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Koordinator Proyek PT Atrium Propugnatorum Teknika". Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 16 (1), pp: 86–102.
 
Fajar Fahrudin, M., & Yulianti, E. (2015). Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri
Surabaya. Journal of Business & Banking, 5(1),149. https://doi.org/
10.14414/jbb.v5i1.478
 
Ilham, Y., & Dirgantara, I. M. B. (2020). "Analisis pengaruh kualitas jaringan, kualitas layanan, kualitas informasi, keamanan dan privasi pada penyedia layanan internet terhadap kepuasan pelanggan dan dampak pada niat pembelian ulang". Diponegoro Journal of Management, Vol.9 (4), pp: 1–7.
 
Wiryanata, I. M. J., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P.N. (2020).
"Analisis Pengaruh Iklan, Brand Trust dan Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen Biznet Networks di Kota Denpasar". VALUES,
Vol. 1 (4), pp: 201–208.
 
Buku :
Kotler. (2018). Manajemen pemasaran (Edisi 13,). Erlangga.
Kotler. (2019). Manajemen Pemasaran (Edisi 13 J).Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller, Lane. 2009.Manajemen Pemasaran.Jilid I. Edisi Ketigabelas. Jakarta :PT.IndeksMarketeers.Special Digital Marketing Issue. Juni2021
 
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta:ANDI OFFSET.
Tjiptono. (2015). "Brand Management & Strategi (Andi,Ed.).
Tjiptono. (2019). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, dan penelitian. (Andi, Ed.; Edisi Terb).
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan,
dan Penelitian. Andi Offset.
 
Triapnita, M. (2020). Perilaku Konsumen di Era Digital. Yayasan Kita Manulis.