Muhamad Isro Nurobi (19180795), Perancangan Animasi Interaktif Sebagai
Media Pembelajaran Pengenalan Sayuran dan Manfaat Gizi Untuk Anak Usia
Dini
Perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat dan cepat termasuk di
Indonesia sendiri. Pendidikan Digital merupakan konsep/cara memberikan pelajaran
kepada peserta didik dengan menggunakan media multimedia antara lain
menggunakan bantuan computer/notebook, smartphone, video, Audio dan visual.
Media pembelajaran berbasis TIK memiliki tiga kata kunci media, pembelajaran, dan
TIK. Pengenalan sayuran pada anak usia prasekolah sangatlah penting dikarenakan
kelompok usia yang sangat rentan apabila kurang dalam mengkonsumsi sayur adalah
kelompok usia prasekolah. Karena masa usia prasekolah merupakan periode penting
untuk pertumbuhan dan kematangan manusia. Akan tetapi, tidak semua anak usia
dini menyukai dan mengetahui nama-nama sayuran termasuk dengan manfaatnya.
Oleh karena itu, pengenalan sayuran pada anak harus dilakukan sedini mungkin.
Berdasarkan pokok permasalahan di atas dibuatlah perancangan program animasi
interaktif pengenalan nama-nama sayuran beserta manfaatnya untuk anak dini.
Aplikasi sederhana ini dapat membantu para orangtua dan anak dalam belajar
mengenal nama sayuran beserta manfaatnya. Selain membuat untuk edukasi anak,
aplikasi ini juga dibuat lebih menarik dan menyenangkan dengan bantuan animasi
interaktif.
Kata kunci : Animasi Interaktif, Media Pembelajaran, Sayuran
Aji, W. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Macromedia
Flash 8 Pada Materi Trigonometri [Universitas Siliwangi].
http://repositori.unsil.ac.id/6164/%0A
http://repositori.unsil.ac.id/6164/6/BA
B II.pdfAnisa, W. A. R. D. A. N. I. (2022). Pelaksanaan Program Gizi Seimbang Pada
Anak Usia Dini Di Tk Diponegoro 35 Pageraji Cilongok Banyumas
(Doctoral Dissertation, Uin Prof. Kh Saifuddin Zuhri).
Ardiana, R. (2023). Implementasi Media Berbasis TIK untuk Pembelajaran Anak
Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 103-111.
Ariyana, R. Y., Erma Susanti, & Prita Haryani. (2022). Rancangan Storyboard
Aplikasi Pengenalan Isen-Isen Batik Berbasis Multimedia Interaktif.
INSOLOGI: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(3), 321–331.
https://doi.org/10.55123/insologi. v1i3.357
Fatimah, D. D. S., & Taufikulmanan, B. (2021). Rancang Bangun Media
Pembelajaran Pengenalan Jenis Sayuran Berbasis Multimedia Development
Life Cycle. Jurnal Algoritma, 18(1), 97-105.
Gunawan, I. M. A. O., & Saraswati, I. D. A. I. (2023). Rancang Bangun Media
Pembelajaran Interaktif untuk Taman Kanak-Kanak Maitri Bunda. JUKI:
Jurnal Komputer dan Informatika, 5(2), 231-244.
Kunto, I., Ariani, D., Widyaningrum, R., & Syahyani, R. (2021). Ragam
Storyboard Untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran
Inovatif, 4(1), 108–120. https://doi.org/10.21009/jpi.041.14
Londjo, M. F. (2021). Implementasi White Box Testing Dengan Teknik Basis
Path Pada Pengujian Form Login. Jurnal Siliwaangi, 7(2), 35–40.
Ngongo, Verdinandus Lelu, Taufiq Hidayat, dan Wijayanto Wijayanto. 2019.
“Pendidikan di Era Digital.” In Prosiding Seminar Nasional
Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang, 2:999–
1015. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3093.
Praniffa, A. C., Syahri, A., Sandes, F., Fariha, U., Giansyah, Q. A., & Hamzah,
M. L. (2023). PENGUJIAN BLACK BOX DAN WHITE BOX SISTEM
INFORMASI PARKIR BERBASIS WEB BLACK BOX AND WHITE
BOX TESTING OF WEB-BASED PARKING INFORMATION SYSTEM.
Jurnal Testing Dan Implementasi Sistem Informasi, 1(1), 1–16.
http://www.journal.al-matani.com/index.php/jtisi/article/view/321
Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa
Inggris Menggunakan Metode ADDIE. 21(2), 261–268.
https://doi.org/10.31294/p.v20i2
Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia
Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran
Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran
Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623
Satria, E., & Rahayu, S. (2021). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif
Anatomi Tubuh pada Manusia Berbasis Android. 1–8.
https://doi.org/https://doi.org/10.33364/algoritma/v.18-1.839 Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019). Hambatan Dan Tantangan
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI
Palembang, 202-213.
Setyaningsih, T., & S, F. (2023). Analisis Pemanfaatan Macromedia Flash 8
sebagai Upaya Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu di
Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3), 361.
https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i3.10458
Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan teknologi informasi
terhadap peningkatan bisnis online. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen
Dan Bisnis, 2(1), 71-75.
Supriyadi. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini Dengan Animasi
Interaktif Berbasis ActionScript. Journal Komunikasi, 11(1), 1–8.
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/index
Tri Wardani, P., Alwi, M., & Rahman Hakim, A. (2020). PENGEMBANGAN
BAHAN AJAR IPA KELAS V SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN
MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN ANIMASI. Jurnal Ilmiah
Kependidikan, 1(2), 191–198. http://ejournal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/arti cle/view/658