ANALISIS AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI INSTAGRAM DAN WHATSAPP PADA ONLINE SHOP GUDANG IMPORT

research
  • 29 Oct
  • 2024

ANALISIS AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI INSTAGRAM DAN WHATSAPP PADA ONLINE SHOP GUDANG IMPORT

Gudang Import merupakan marketplace yang menyediakan pakaian, sepatu, sendal,
tempat minum, kotak makan, tas, dan dompet. Target pasar dari Gudang Import adalah
reseller. Reseller akan mencari marketplace yang murah dan lengkap dan ini semakin
meningkatkan persiangan. Sehingga menjadi permasalahan bagi Gudang Import
dimana performa penjualan dari Gudang Import mengalami pasanng naik dan turun.
Gudang Import menggunakan media sosial sebagai saluran komunikasi pemasaran
untuk memasarkan produk pre-order Gudang Import. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui aktivitas komunikasi pemasaran Gudang Import dalam meningkatkan
penjualan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan
teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Gudang Import menggunakan Instagram dan WhatsApp untuk
memberikan promosi dan informasi barang pre-order kepada calon reseller. Fitur yang
digunakan di Instagram berupa Story, Feeds, Reels, dan Ads, sedangkan pada
WhatsApp menggunakan beberapa fitur seperti Komunitas dan Chat. Bentuk
komunikasi pemasaran pada kedua media sosial tersebut adalah iklan dan sales
promotion. Adapun hambatan komunikasinya adalah semantik

Unduhan

 

REFERENSI

Amstrong, & Gary & Philip, K. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1 (Alexander
Sindoro Dan Benyamin Molan., Ed.; Ahli Bahasa). Prenhanlindo.
Andamisari, D. (2021). Penggunaan Status Whatsapp Sebagai Digital Marketing
Warga Kecamatan Medan Satria Bekasi Di Era New Normal. Jurnal Lugas,
66(1), 66–72. Http://Ojs.Stiami.Ac.Id
Anisa Pratama, L. (2023). JIMSYA: Jurnal Ilmu Syariah JIMSYA: JURNAL ILMU
SYARIAH STUDI ANALISIS PRAKTIK JUAL BELI EARLY PRE-ORDER
ALBUM KOREAN POP DI TAMONG SHOP DALAM PERSPEKTIF FATWA
DSN-MUI NO: 06/DSN-MUI/IV/2000 TENTANG JUAL BELI ISTISHNA’. 2(1).
Https://Jim.Iainkudus.Ac.Id/Index.Php/JIMSYA/Index
Ardani, W. (2022). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PERILAKU
KONSUMEN.
Bisnis, J., Kajian, D., Manajemen, S., Bank, P. P., Melalui, A., Teori, P., Cut, A.,
Maulidasari, D., Sos, Y. S., & Comm, M. (N.D.). Analisis Strategi Komunikasi
Pemasaran Pada. Http://Jurnal.Utu.Ac.Id/Jbkan
Chrismardani, Y., Jurusan, D., Fakultas, M., Dan, E., Universitas, B., Madura, T.,
Raya, J., Po Box, T., & Madura, K. (2014). KOMUNIKASI PEMASARAN
TERPADU : IMPLEMENTASI UNTUK UMKM. In Jurnal Neo-Bis (Vol. 8,
Issue 2).
Didin Burhanuddin Rabbani, Ni Desak Made Santi Diwyarthi, & Muliyati. (2022).
Komunikasi Pemasaran. PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Dr. Agus Wibowo, M. Kom. , M. Si. , MM. (2023). REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Dan
SOCIETY 5.0 (S. Kom. , M. Kom. Dr. Joseph Teguh Santoso, Ed.). Yayasan
Prima Agus Teknik , Universitas Sains & Teknologi Komputer (Universitas
STEKOM).
Haris Wanto, A. (N.D.). STRATEGI PEMERINTAH KOTA MALANG DALAM
MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BERBASIS KONSEP
SMART CITY.
Khairunnisa, C. M. (N.D.). Pemasaran Digital Sebagai Strategi Pemasaran:
Conceptual Paper. Http://Jurnal.Stiekma.Ac.Id/Index.Php/JAMIN
78
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. CV Al Fath
Zumar.
Mubarok, & Made Dwi Andjani. (2020). Komunikasi Antar Pribadi. Adipura.
Mukarom, Zaenal. 2020. Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Jurusan Manajemen
Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Nurbaiti, M. K. (2023). Sejarah Internet Di Indonesia.
Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy. (2009). ILMU KOMUNIKASI Teori Dan Praktik
. PENERBIT PT REMAJA ROSDAKARYA.
Silviani , Irene, (2020), Komunikasi Organisasi, Scopindo Media Pustaka, Surabaya
Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alphabeth.
Sugiyono. (2019b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alphabeth .
Sumiyati, & Yatimatun N. (2021). Akuntansi Keuangan SMK/MAK Kelas XI, Edisi
Ke-2. PT Gramedia.
Syahrina, J., Siregar, N., Harahap, N., Studi Ilmu Perpustakaan, P., Ilmu Sosial, F.,
Islam Negeri Suamtera Utara, U., Lapangan Golf Tuntungan, J., Pancurbatu, K.,
Deli Serdang, K., & Artikel Abstrak, I. (N.D.). PENELITIAN TENTANG
INSTAGRAM.
Syifa, Y., Komalasari, S., & Musfichin, D. (2021). Penerapan Komunikasi
Interpersonal Dalam Kajian Islam Pada Penyiar Ajang Duet Radio
Dhirgantara Best Station 101,9FM Banjarmasin. 2(2), 177–191.
Https://Doi.Org/10.18592/Jah.V2vi2i.5454
Tjiptono Fandy, & Anastasia Diana. (2020). Pemasaran . Penerbit Andi