Aplikasi Gudang Kuota merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT Karya Muda Digital Tangerang, aplikasi ini dirancang untuk memfasilitasi transaksi digital seperti pembelian pulsa dan pembayaran tagihan. Meskipun aplikasi ini menawarkan kemudahan, masih terdapat beberapa masalah yang memengaruhi pengalaman pengguna, seperti ketidakstabilan sistem dan keterlambatan dalam pemrosesan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas aplikasi Gudang Kuota dan dampaknya terhadap kepuasan pengguna dengan menggunakan metode WebQual 4.0. Metode ini mencakup tiga dimensi utama: Kegunaan, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Interaksi. Data diperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh 182 responden, dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegunaan, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Interaksi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, dengan Kualitas Layanan Interaksi memiliki pengaruh yang paling dominan. Penelitian ini menyarankan agar PT Karya Muda Digital terus meningkatkan kualitas aplikasi sehingga dapat meningkatkan stabilitas sistem, memperbaiki kualitas layanan interaksi, serta memastikan informasi dalam aplikasi selalu relevan dan up-to-date untuk memastikan kepuasan dan loyalitas pengguna yang lebih tinggi di masa mendatang.
Jurnal Skripsi
Abidin, N., & Haq, A. F. (2023). Aplikasi Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 6(1), 95–102. https://doi.org/10.32672/jnkti.v6i1.5807
Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.
Afriyanto, A., Gernaria Sihombing, E., Studi Sistem Informasi, P., & Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri, S. (2019). Inti Nusa Mandiri Deng. 14(1), 21–26.
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019
Amelia, D., Simatupang, N., Sinuraya, B. J., Ekonomi, F., & Prima, U. (2020). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Jne Cabang Medan. Jurnal Manajemen, 7, 11–24.
Andry, Fernandes, J., Christianto, K., & Wilujeng, Rahayu, F. (2019). Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 5(1), 23–31.
Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Penelitian Ilmu Manajemen, 2(2), 2614–3747. https://bmspeed7.com
Aulia, M. N. A., & Jumhur, H. M. (2019). Analisis Kualitas Websitenate SMB.telkomuniversity.ac.id Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. E-Proce, 6(2), 1992.
Aurelius, R., Diaz, N., Luh, N., Pivin, G., Adi, P., & Permana, G. (2024). Analisis Kualitas Aplikasi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dengan Metode Webqual pada Polresta Denpasar. 7(3), 198–204.
Bhirawa, W. T. (2020). Proses Pengolahan Data Dari Model Persamaan Regresi Dengan Menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS). Statistika, 71–83.
Faza, A., & Utomo, A. P. (2021). Analisa Kualitas Layanan Website PT. Masusskita United Menggunakan Metode Webqual. Jurnal Tekno Kompak, 15(2), 88. https://doi.org/10.33365/jtk.v15i2.1155
Habiba, I., & Wijaya, G. (2022). Pengukuran Kualitas Website Skill Academy Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 24(1), 29–36. https://doi.org/10.31294/paradigma.v24i1.963
Ihsan, A. A., Hidayati, U., & Mardinawati, M. (2022). Analisis Kualitas Website Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis. Keunis, 10(2), 29. https://doi.org/10.32497/keunis.v10i2.3519
Indrayani, I. (2019). Pengaruh Payment Point Online Bank (Ppob) Terhadap Percepatan Aliran Kas ( Studi Kasus Di Pt. Pln (Persero) Provinsi Aceh). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(2), 83. https://doi.org/10.29103/jak.v7i2.1843
Liani, D. A., Fikry, M., & J. Hutajulu, M. (2020). Analisa Metode Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Kualitas Situs Detik.com. Jurnal
Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), April 2020, 34. https://doi.org/10.24843/jim.2020.v08.i01.p04
Monalisa. (2021). Analisa Kualitas Sistem Informasi E-Raport Pada Sekolah Smpn 5 Kota Tangerang Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. INFOTECH Journal, 10–21. https://doi.org/10.31949/infotech.v7i1.908
Rizqi, M., Tolle, H., & Hanggara, B. T. (2020). Pengembangan Modul Web Service Pada Situs PPOB Untuk Transaksi B2B (Studi Kasus PT XYZ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(10), 3373–3382.
Rusliyawati, R., Muludi, K., Wantoro, A., & Saputra, D. A. (2021). Implementasi Metode International Prostate Symptom Score (IPSS) Untuk E-Screening Penentuan Gejala Benign Prostate Hyperplasia (BPH). Jurnal Sains Dan Informatika, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.34128/jsi.v7i1.298