KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA SMA HUTAMA

research
  • 24 Oct
  • 2024

KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA SMA HUTAMA

Disaat ini masih terdapat banyak sekali siswa yang memiliki kualitas belajar yang terbilang buruk. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan banyaknya siswa yang merasa malas belajar, menyalin tugas temannya, dan mendapatkan nilai yang kurang diantara guru dan siswa berjalan dengan buruk, padahal komunikasi berperan pentung di dalam memotivasi belajar siswa. peneliti tertarik untuk mencari tahu alasan komunikasi interpersonal yang baik antara guru dan siswanya agar dapat berdampak baik dalam memotivasi belajar siswa.

Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat bagaimana Komunikasi Interpersonal guru dalam memotivasi belajar siswa SMA HUTAMA Bekasi

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, didalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan wawancara mendalam, dan dokumentasi. Peneliti mewawancarai salah satu guru SMA HUTAMA Bekasi yang di jadikan sebagai informan kunci dan 2 orang siswa di SMA HUTAMA Bekasi yang dijadikan informan Utama.

Hasil penelitian ini menunjukan komunikasi interpersonal yang baik anatara guru dan siswanya, dikarenakan hal ini dapat menciptakan hubungan yang baik anatara guru dan siswa, agar guru dapat memotivasi belajar siswa.

Kesimpulannya, para siswa di SMA HUTAMA Bekasi telah termotivasi dalam belajar. Hal ini terjadi akibat adanya komunikasi interpersonal yang sudah berjalan dengan baik diantara guru dan siswa,Maka dari itu, saat guru memberikan motivasi kepada para siswa, siswa dapat memberikan respon yang positif.

Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal,guru,siswa,motivasi,belajar

Unduhan

 

REFERENSI

 

(n.d.). From Sekolahloka: (https://sekolahloka.com/data/smas- hutama/#google_vignette)

Abdul, d. N. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online-Offline dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan.

Abdullah, A. D. (2020). Push or Pull Motivation? a Study of Migrant Women Entrepreneurs in UAE. International Journal Family Business and Regional.

Ahmad, S. d. (2014). Komunikasi Antarpribadi Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan UMKM. Jurnal Imiah Teknologi dan Komunikasi.

Ardianto, E. (2010). Penelitian Untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan.

Bachri, d. B. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Canggara, H. (2018). Pengantar Ilmu Komunikasi. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

CNN Indonesia. (2022, Juli 6). From Mengenal Kurikulum Merdeka Belajar, Berlaku di Tahun Ajaran 2022/22023: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220705131016-20-817436/mengenal-kurikulum-merdeka-belajar- berlaku-di-tahun-ajaran-2022-2023.

Dyatmika, T. (2021). Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.

Faisal, M. (2021). Strategi Branding Kopi Kewadanan Dalam Menghadapi Persaingan. Jurnal Riset Hubungan Masyarakat.

Fatmawati, N. (2019). Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Siswa Dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Akutansi di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara.

Haq, R. M. (2019). Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa SMK TPI Gedangan Sidoarjo.

Hari, S. N. (2018). Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtida’iyah Masyariqul Anwar Tanjung Karang.

Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantat Ilmu Komunikasi. Sidoarjo: Umisda Press.

Islamuddin, H. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ngurah, I. d. (2022). Pengaruh Karakteristik Individu Jaminan Sosial dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada LPD Desa Adat Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara. Jurnal Emas.

Norhafizah, R. (2018). Pegaruh Kemampuan Interpersoal Guru Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidayah Khadijah Banjarmasin.

Purba, B. D. (2020). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rahmi, S. (2021). Komunikasi Interpersonal dan Hubungannya Dalam Konseling. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Ramli. (2015). Hakikat Pendidikan dan Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama islam.

Ruler, B. V. (2018). “ Communication Theory: An Underrated Pillar on Which Strategic Communication Rests” International Journal of Strategic Communication Vol 12, No.4. Full article: Communication Theory: An Underrated Pillar on Which Strategic Communication Rests. International Journal of Strategic Communication.

Sari, S. (2018). Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Kepercayaan Siswa Pada Bimbingan Onma di Kota Bengkulu. Jurnal Profesional FIS UNIVED.

Setya, A. d. (2020). Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. Magelang: Pustaka Rumah Cinta.

Soyomukti, N. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharto, T. (2021). Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Sultan, A. (2017). {engantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sutanto, L. S. (2015). Kompetensi Komunikasi Personal Trainer di Mega GYM Surabaya Menurut Trainee.

UU 14 Tahun 2005. (2019, Juli 21). From Tentang Guru dan Dosen: UU 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (jogloabang.com).

Wiryanto. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Grasindo.

Yusuf, A. M. (2017). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMKN 7 Makassar.