PENGARUH PROSES PENGOLAHAN KOPI TERHADAP CITA RASA MINUMAN KOPI DI NUANSA ACOUSTIC AND COFFEE YOGYAKARTA

research
  • 24 Oct
  • 2024

PENGARUH PROSES PENGOLAHAN KOPI TERHADAP CITA RASA MINUMAN KOPI DI NUANSA ACOUSTIC AND COFFEE YOGYAKARTA

Minuman kopi sebagai menu andalan di Nuansa Acoustic and Coffee Yogyakarta diolah dengan baik oleh barista yang sudah ahli di bidangnya, sesuai dengan teknik pengolahan minuman kopi sehingga menghasilkan minuman kopi dengan cita rasa yang khas, rasa dan aroma yang kuat namun tetap dapat dinikmati pengunjung dari banyak kalangan. Tujuan penelitian ini yakni untuk memberikan informasi mengenai pengaruh dari setiap proses pengolahan kopi hingga menjadi sebuah minuman kopi di Nuansa Acoustic and Coffee Yogyakarta, mengetahui cara Nuansa Acoustic and Coffee Yogyakarta menentukan kualitas kopi sebagai bahan utama pembuatan minuman kopi, serta mengenai respon dari pengunjung yang mengonsumsi minuman kopi di Nuansa Acoustic and Coffee Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada Tugas Akhir ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan empat teknik pengambilan data, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini adalah, 1) kopi diolah dengan dua proses yakni natural process atau pengolahan kering dan full washed process atau pengolahan basah yang kemudian diolah menjadi minuman kopi dengan beberapa teknik seduh, 2) kualitas kopi yang digunakan ditentukan berdasarkan warna, aroma, kondisi fisik, tingkat kepahitan atau bitterness, jenis kopi dan pengemasan, 3) minuman kopi di Nuansa Acoustic and Coffee Yogyakarta mendapatkan respon yang baik dari pengunjung, terutama dari kalangan pelajar dan atau mahasiswa. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini yakni, setiap proses dalam pengolahan kopi dan penentuan kualitas kopi mempengaruhi cita rasa minuman kopi yang ada di Nuansa Acoustic and Coffee Yogyakarta dari segi rasa, aroma dan tampilan yang memunculkan respon-respon baik dari masyarakat sebagai pengunjung.

Coffee drinks as the mainstay menu at Nuansa Acoustic and Coffee Yogyakarta are processed well by baristas who are experts in their fields, in accordance with coffee drink processing techniques so as to produce coffee drinks with a distinctive taste, strong taste and aroma but can still be enjoyed by visitors from many circles. The purpose of this study is to provide information on the influence of each coffee processing process to become a coffee drink at Nuansa Acoustic and Coffee Yogyakarta, to find out how Nuansa Acoustic and Coffee Yogyakarta determines the quality of coffee as the main ingredient for making coffee drinks, and regarding the response from visitors who consume coffee drinks at Nuansa Acoustic and Coffee Yogyakarta. The method used in data collection in this Final Project is a qualitative descriptive research method with four data collection techniques, namely observation, interviews, documentation and literature studies. The results of this study are, 1) coffee is processed with two processes, namely natural process or dry processing and full washed process or wet processing which is then processed into coffee drinks with several brewing techniques, 2) the quality of coffee used is determined based on color, aroma, physical condition, level of bitterness, type of coffee and packaging, 3) coffee drinks at Nuansa Acoustic and Coffee Yogyakarta get a good response from visitors, especially from students and/or college students. As a conclusion of this study, each process in coffee processing and determining the quality of coffee affects the taste of coffee drinks at Nuansa Acoustic and Coffee Yogyakarta in terms of taste, aroma and appearance which gives rise to good responses from the public as visitors.

REFERENSI

Aji Prakoso, S. T. (2019). Sejarah Kopi Dunia & Indonesia - Asal, Legenda, Sebaran & Perdagangan. RimbaKita.Com. https://rimbakita.com/sejarah-kopi/

Barus, W. J. . (2019). Pengaruh Lama Fermentasi dan Lama Pengeringan terhadap Mutu Bubuk Kopi.

Buku Pintar Kopi - Ir. Edy Panggabean - Google Buku. (n.d.). Retrieved July 18, 2024, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=33bo39GL2QsC&oi=fnd&pg= PA3&dq=Panggabean,+E+,+2011.+Buku+Pintar+Kopi.+PT++AgroMedia+Pus taka,+Jakarta.&ots=a6x8hBLMfG&sig=3CVZk4QzcpEbWqHSzBu6f6NUksc& redir_esc=y#v=onepage&q=Panggabean%2C E %2C 2011. Buku Pinta

de Vasconcelos Teixeira, L. (2020). The consumption of experiences in specialty coffee shops. In Coffee Consumption and Industry Strategies in Brazil: A Volume in the Consumer Science and Strategic Marketing Series (pp. 275–295). Woodhead Publishing. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-814721-4.00010-X

Fatha Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU, 05(01), 317–329.

Hunowu. (2019). Sosialisasi Internet Sehat, Cerdas, Kreatif Dan Produktif Pada Masyarakat Kalijaga Baru. Valid Jurnal Pengabdian, 1(3), 1–10.

Kopitem. (2024). Panduan Lengkap Tentang Varietas Kopi. Kopitem. https://kopitem.com/tentang-kopi/panduan-lengkap-varietas-kopi/

Kusumaningrum, F. D., & Supradewi, R. (2019). Pengaruh warna cangkir terhadap persepsi cita rasa minuman kopi pada mahasiswa angkatan 2018 fakultas psikologi universitas islam sultan agung semarang. Konferensi Ilmiah Mahasiswa UNISSULA (KIMU) 2, 2004, 409–419. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/8158

Maimunah, S. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, CITA RASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS KONSUMEN. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2), 2622–6367. https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.542

Melda, M., Arini, E., & Yulinda, A. T. (2020). PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, CITA RASA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. (JEMS) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(2), 143–149. https://doi.org/10.36085/jems.v1i2.918

Najiyanti, S., & Danarti. (2004). Kopi : Budi Daya & Penanganan Pascapanen. Penebar Swadaya.

Pandawangi.S. (2021). Metodologi Penelitian. Journal Information, 4, 1–5.

Pramita, I. A. P. M., & Parma, I. P. G. (2020). Strategi Peningkatan Kualitas Barista dan Bartender di Hotel Four Points By Sheraton Bali Seminyak. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 3(2), 69–77. https://doi.org/10.23887/jmpp.v3i2.29078

Purnia, D. S., & Alawiyah, T. (2020). Metode Penelitian: Strategi Menyusun Tugas Akhir (Edisi pert). Graha Ilmu.

Ranti, K. S. (2020). Analisis komunikasi antar pribadi barista dan konsumen dalam menciptakan kepuasan (studi pada barista coffee shop piacevole di medan). Jimsipol, 1(2), 1–85. https://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimsipol/article/view/2453

Saputra, V. N., Mulyati, A., & Andayani, S. (2015). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Cita Rasa, Dan Higienitas Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus Pada Ice Cream Zangrandi Surabaya). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 1, 1–14.

Sarah Maghfira, Y. K. (2022). Pengaruh Iklan dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Konsumen Humble Coffee. Repository UNPAS. http://repository.unpas.ac.id/59870/5/BAB III.pdf

Supriana, N., Ahmad, U., Samsudin, S., & Purwanto, E. H. (2020). Pengaruh Metode Pengolahan dan Suhu Penyangraian terhadap Karakter Fisiko-Kimia Kopi Robusta. Jurnal Tanaman Industri Dan Penyegar, 7(2), 61. https://doi.org/10.21082/jtidp.v7n2.2020.p61-72

Tarigan, E. B., Towaha, J., & Pranowo, D. (2016). Karakteristik Sifat Kimia Beberapa Kopi Arabika Hasil Pertanian Kebun Percobaan Balittri. Prosiding Seminar Nasional Sumber Daya Genetik, 156–167.

Waruwu, L. M. (2020). Strategi Public Relations PT Surya Sehati Dalam Eksternal Relations-Repository Universitas BSI. 1–43.

Yogi Rabani RS, I. G. A., & Elza Fitriani, P. P. (2022). Analisis Kadar Kafein dan Antioksidan Kopi Robusta (Coffea canephora) Terfermentasi Saccharomyces cerevisiae. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pangan (ITEPA), 11(2), 373. https://doi.org/10.24843/itepa.2022.v11.i02.p18

Yokawati, Y. E. A., & Wachjar, A. (2019). Pengelolaan Panen dan Pascapanen Kopi Arabika (Coffea arabica L.) di Kebun Kalisat Jampit, Bondowoso, Jawa Timur. Volume 7. https://doi.org/10.29244/agrob.v7i3.30471