Industri tas googdiebag dan totebag telah mengalami perkembangan, didorong oleh meningkatnya permintaan dari berbagai kalangan dan juga sebagai peralihan dari penggunaan kantung plastik. Hal ini membuka peluang bisnis yang menjanjikan bagi produsen tas. Namun, masih banyak produsen tas yang tidak memiliki layanan pemasaran dan penjualan produk melalui internet berbasis website. Produsen tas masih menjadikan media sosial sebagai tumpuan utama dalam pemasaran produk mereka. Tak jarang pembeli mengalami kesulitan ketika mencari produk tas yang mereka inginkan karena unggahan produk yang ada di media sosial tidak dikelompokkan dengan baik. Dan juga tidak adanya fitur pencarian khusus untuk suatu produk dengan jenis tertentu. Dengan membuat sistem terkomputerisasi perajin dapat memasarkan produk dengan lebih luas dan pembeli bisa mencarinya dengan fitur pencarian atau berdasarkan jenis tas yang telah dikelompokkan. Sistem ini juga mendukung transaksi dalam website sehingga manajemen pemesanan bisa lebih mudah dilakukan. Metode untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, sedangkan untuk pengembangan perangkat lunak menggunakan model waterfall.
Full Tugas Akhir
Amanda Putri, R. (2022). Buku Ajar Basis Data (R. R. Rerung, Ed.). CV MEDIA SAINS INDONESIA.
Erpurini, W., & Zulyanti Rafikah, N. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Pemasaran Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 231.
Hasil Survei Internet APJII | Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia. Retrieved June 6, (2024), from https://survei.apjii.or.id/survei
Hidayatullah, P., & Khairul Kawistara, J. (2015). Pemrograman Web. Bandung: Informatika.
Oktarini Sari, A., Abdilah, A., & Sunarti. (2019). Web Programming. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rasyid Ridho, M. (2024, April 18). Pengertian Flowchart: Fungsi, Jenis, Simbol, dan Contohnya. https://bee.telkomuniversity.ac.id/pengertian-flowchart-fungsijenis-simbol-dan-contohnya/.
Setiawan, A., & Wijayanto, S. (2023). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PRODUKSI SABLON BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE PADA INFINITEES. Jurnal Publikasi Teknik Informatika, 2, 119–120.
Setyorini, D., Nurhayaty, E., & Rosmita, R. (2019). PENGARUH TRANSAKSI ONLINE (e-Commerce) TERHADAP PENINGKATAN LABA UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen, 3(5), 508.
Subagia, A. (2018). Membangun Aplikasi Web dengan Metode OOP. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sukamto Ariani, R., & Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Yana Siregar, L., & Irwan Padli Nasution, M. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 75.