PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK (SIAPUB) PADA KELURAHAN SUMURBATU BEKASI

research
  • 24 Oct
  • 2024

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK (SIAPUB) PADA KELURAHAN SUMURBATU BEKASI

Perkembangan teknologi dalam pelayanan publik pengaduan pada Kelurahan Sumurbatu Bekasi saat masih kurang optimal sehingga mengakibatkan ketidakpuasan masyarakat. Pelayanan pengaduan, kritik maupun saran dari masyarakat disampaikan hanya melalui kotak suara, dm instagram, atau whatsapp, namun cara ini masih dianggap kurang efisien dan responsif. Oleh karena itu, dirancang Sistem Informasi Perancangan Pengaduan Berbasis Web untuk memfasilitasi penyampaian pengaduan, kritik, dan saran masyarakat secara lebih efektif dan transparansi. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, responsivitas, dan transparansi dalam pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka untuk mendapatkan data yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem rancangan ini mempermudah masyarakat dalam menyampaikan keluhan serta membantu kelurahan dalam mengelola pengaduan dengan lebih efektif. Manfaat penelitian ini mencakup evaluasi dan peningkatan kualitas pada pelayanan publik serta bisa sebagai referensi bagi penelitian selanjutnya. Dengan adanya sistem ini, diharapkan pelayanan publik pada Kelurahan Sumurbatu Bekasi akan lebih baik serta masyarakat merasa terbantu dan tingkat kepuasan meningkat.

Unduhan

 

REFERENSI

Cherniaieva, A. A. (2021). Частота Асимптоматической Гиперурикемии Среди Взрослых Больных Сахарным Диабетом 1-Го И 2-Го Типа. INTERNATIONAL JOURNAL OF ENDOCRINOLOGY (Ukraine), 16(4), 327–332. https://doi.org/10.22141/2224-0721.16.4.2020.208486

Dimas Indra Andhika, Muharrom, M., Edhi Prayitno, & Juarni Siregar. (2022). Rancang Bangun Sistem Penerimaan Dokumen Pada Pt. Reasuransi Indonesia Utama. Jurnal Informatika Dan Tekonologi Komputer (JITEK), 2(2), 136–145. https://doi.org/10.55606/jitek.v2i2.225

Maharani, D., Helmiah, F., & Rahmadani, N. (2021). Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website Pada Masa Pandemi Covid-19. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.130

Noviantoro, A., Silviana, A. B., Fitriani, R. R., & Permatasari, H. P. (2022). Rancangan Dan Implementasi Aplikasi Sewa Lapangan Badminton Wilayah Depok Berbasis Web. Jurnal Teknik Dan Science, 1(2), 88–103. https://doi.org/10.56127/jts.v1i2.108

Prasarana, D., Wilayah, D., & Timur, J. (2023). PENGABDIAN MASYARAKAT Pelatihan Desain Grafis pada Pananganan Prasarana dan Sarana Umum. 0304049403.

Putri, V. Q., Informasi, J. S., Komputer, F. I., Indo, U., & Mandiri, G. (2021). Website Menggunakan Metode Prototype Pada Smp Negeri 24. 4(2006), 7–11.

Suryantoro, B., & Kusdyana, Y. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Politeknik Pelayaran Surabaya. Jurnal Baruna Horizon, 3(2), 223–229. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v3i2.42

Susilowati, I., & Umami, I. (2022). Perancangan Sistem Informasi Surat Menyurat Pada Sekolah Dasar Dikampungbaru Berbasis Website. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis-JTEKSIS, 4(1), 455.

Wahid Abdul, A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, November, 1–5.

Zain Arif Wildan Sugandi, Yoga Adi Nugraha, Syaiful Nurul Anam, & Irma Darmayanti. (2022). Jurnal IT CIDA Vol. 8, No. 1Juni 2022ISSN: 2477-8133 e-ISSN: 2477-81251Implementasi Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Dalam Aplikasi Pembukuan Keuangan Penjual Jus Buah Menggunakan Bahasa Pemrograman Java. Jurnal IT CIDA, 8(1), 1–8.