ANALISIS PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @STRAYKIDS.STORY SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ANTAR PENGGEMAR

research
  • 24 Oct
  • 2024

ANALISIS PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @STRAYKIDS.STORY SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ANTAR PENGGEMAR

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial instagram pada akun @straykids.story sebagai media komunikasi antar penggemar. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana instagram digunakan sebagai media komunikasi dan informasi oleh para "Stay" atau nama penggemar dari Stray Kids. Dengan tujuan untuk melihat bagaimana peran media sosial Instagram sebagai media komunikasi antar penggemar Stray Kids untuk mengetahui informasi tentang Stray Kids pada akun Instagram @straykids.story Penelitian ini, menggunakan Teori Uses and Gratification dengan klasifikasi kelompok menurut Griffin, yang mengidentifikasi berbagai kebutuhan dan motivasi individu dalam menggunakan media sosial. Hasil dari penelitian yang peneliti teliti, menunjukan bahwa akun media sosial instagram @straykids.story, berperan sebagai media informasi dan juga sebagai media komunikasi antar penggemar. Akun ini dapat memenuhi kebutuhan suatu individu, melalui interaksi sosial dengan fitur instagram, dan juga sebagai hiburan para pengikutnya. Dengan demikian, instagram tidak hanya menjadi platform untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai Stray Kids, tetapi juga menyediakan ruang bagi para penggemar untuk berinteraksi dan berbagi pengalaman selama menjadi penggemar Stray Kids, dan dapat menciptakan suatu komunitas yang aktif.

Kata Kunci : komunikasi antar penggemar, media sosial instagram, teori uses and gratification

REFERENSI

Arbi, F., & Indra Dewi, S. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi Pada Komunitas Fotografi Kamera Indonesia Malang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(2), 69–74. www.publikasi.unitri.ac.id

Com, O. K. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL UNTUK MENDORONG PARTISIPASI KHALAYAK PADA SITUS Social Media Communication Strategy to Encourage Participation of. 17(2), 146–156.

Mahendra, B., Communications, M., & Security, G. P. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instgram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, 16(01), 151–160. https://publikasi.mercubuana.ac.id/files/journals/16/articles/1649/submission/original/1649-3678-1-SM.pdf

Marchellia, R. I., & Siahaan, C. (2022). Peranan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Remaja Penggemar Kpop. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 13(1), 65. https://doi.org/10.31506/jrk.v13i1.14737

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 3(1), 90–95.

Rasyid, A. A., & Batam. (2020). Pemanfaatan Instagram Oleh Generasi Milenial Sebagai Media. Jurnal Ekonomi, Sosial & …, 01(July), 1–8. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/185%0Ahttps://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/download/185/127

Sarasak, D. A. B. P., & Utami, L. S. S. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @panncafe dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Penggemar K-Pop. Prologia, 5(2), 277. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10177

Untari Dewi, F. E. D. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik_). Journal of Contemporary Asia, 2(3), 308–321. https://doi.org/10.1080/00472330080000221

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20

Kincaid, L. (1981). Communication network: Toward a new paradigm for research. Lawrence Associates.

Shannon, C. E., & Weaver, W. (1949). The mathematical theory of communication. University of Illinois Press.

Griffin E., Ledbetter A., Grayson G., (2018). A First Look at Communication Theory