KLASIFIKASI PREDIKAT PRODUK BERDASARKAN RATE PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DECISION TREE C4.5 PADA PERUSAHAAN RITEL

research
  • 24 Oct
  • 2024

KLASIFIKASI PREDIKAT PRODUK BERDASARKAN RATE PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DECISION TREE C4.5 PADA PERUSAHAAN RITEL

Perusahaan ritel merupakan suatu bisnis yang secara langsung berinteraksi dengan konsumen akhir, dalam hal ini perusahaan ritel bertindak sebagai perantara antara produsen atau distributor dengan konsumen akhir yang menyediakan beragam macam jenis produk dan merk untuk kebutuhan sehari-hari. Sering kali perusahaan ritel dihadapkan dengan masalah terkait penyediaan atau stok yang dimiliki, hal itu dikarenakan kurangnya analisa terhadap stok barang dan data penjualan barang. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola dan penjualan menggunakan algoritma decision tree C4.5 guna menentukan predikat penjualan barang untuk meningkatkan strategi dalam pemesanan barang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data primer melalui API perusahaan, wawancara langsung dengan staf divisi Order Management, dan direktur wilayah Jabodetabek. Data penjualan dikumpulkan dari toko-toko selama periode enam bulan, dari November 2023 hingga April 2024. Analisis data dilakukan menggunakan teknik data mining pada platform RapidMiner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma decision tree efektif dalam mengidentifikasi predikat produk berdasarkan tingkat penjualan, dengan hasil hasil akurasi model sebesar 96.20%. Implementasi model ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pemesanan barang oleh perusahaan.

Unduhan

  • File_cover.pdf

    COVER

    •   diunduh 15x | Ukuran 230 KB

 

REFERENSI

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). KONSEP UMUM POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN . JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14, 15–31. https://www.bing.com/ck/a?!&&p=d0130d833a5583ccJmltdHM9MTcxNjQyMjQwMCZpZ3VpZD0yZmIyN2ZkYS01MDA1LTYzYTYtMmZmNS02ZTY2NTE1MzYyYTImaW5zaWQ9NTE5Nw&ptn=3&ver=2&hsh=3&fclid=2fb27fda-5005-63a6-2ff5-6e66515362a2&psq=jurnal+populasi+adalah&u=a1aHR0cHM6Ly9qb3VybmFsLnVuaXNtdWguYWMuaWQvaW5kZXgucGhwL3BpbGFyL2FydGljbGUvZG93bmxvYWQvMTA2MjQvNTk0Nw&ntb=1

Dewanti, F. P., Setiyowati, & Harjanto, S. (2022). Prediksi Persediaan Obat Untuk Proses Penjualan Menggunakan Metode Decision Tree Pada Apotek. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIKomSiN), 10(1), 25–33. https://doi.org/10.30646/tikomsin.v10i1.604

Faisal, Dhika, H., & Veris, H. (2021). PENERAPAN ALGORITMA DECISION TREE DALAM PENJUALAN HANDPHONE. JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan), 01(4), 239–246.

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927

Shafarindu, A. I., Patimah, E., Siahaan, Y. M., Wardhana, A. W., Haekal, B. V., & Prasvita, D. S. (2021). Klasifikasi Data Penjualan pada Supermarket dengan Metode Decision Tree. Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer Dan Aplikasinya (SENAMIKA), 660–667.

Kumalasari, J. T., & Merdekawati, A. (2023). Analisis Sentimen Terhadap Program Kampus Merdeka Pada Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayes, Union dan Synthetic Minority Over Sampling Technique (SMOTE). SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 9(1), 01–12. https://doi.org/10.33372/stn.v9i1.894

Nasrullah, A. H. (2021). IMPLEMENTASI ALGORITMA DECISION TREE UNTUK KLASIFIKASI PRODUK LARIS. 7(2). http://ejournal.fikom-unasman.ac.id

Rosela, Y. (2019). IMPLEMENTASI KLASIFIKASI DECISION TREE MENGANALISA STATUS PENJUALAN BARANG MENGGUNAKAN C4.5 (Studi Kasus: Pt.Matahari Department Store Medan Mall). Jurnal Pelita Informatika, 7(3), 404–411.

Sitorus, D. R., Windarto, A. P., Hartama, D., & Damanik, I. S. (2019). PENERAPAN KLASIFIKASI C4.5 DALAM MENINGKATKAN SISTEM PEMBELAJARAN MAHASISWA. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 593–597. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1665

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan