Jakarta, sebagai pusat ekonomi dan pemerintahan, menghadapi pertumbuhan populasi yang pesat dengan jumlah penduduk mencapai 10.672.100 jiwa pada tahun 2024. Urbanisasi yang cepat menyebabkan kemacetan dan peningkatan polusi udara, memperlihatkan kebutuhan mendesak akan transportasi massal yang efisien. Transjakarta, yang beroperasi sejak 15 Januari 2004, bertujuan untuk menyediakan layanan transportasi yang hemat waktu, nyaman, dan terjangkau, dilengkapi dengan fasilitas modern seperti kamera pengawas, area khusus wanita, dan tempat duduk prioritas. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan variabel pertanyaan Kualitas Pelayanan dan Fasilitas untuk mengumpulkan data dan mengevaluasi kepuasan pengguna Transjakarta koridor 10 (TJ Priok - PGC 2). Data diproses melalui langkah-langkah pembersihan, integrasi, dan transformasi menggunakan Microsoft Excel, diikuti dengan analisis menggunakan metode k-means clustering pada RapidMiner. Hasilnya menunjukkan tiga klaster utama: puas (49 Responden), netral (19 Responden), dan tidak puas (32 Responden), dengan validasi yang menunjukkan kualitas clustering yang baik (Davies-Bouldin Index = 0,189). Penelitian ini berhasil mengidentifikasi tiga cluster menggunakan software RapidMiner dengan metode k-means clustering, serta mengukur akurasinya dengan Davies-Bouldin Index (DBI). Untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna Transjakarta koridor 10.
BUKTI SUBMIT JURNAL
Administrator. (2019). Tentang Layanan TransJakarta. Portal Informasi Indonesia. https://indonesia.go.id/kategori/kependudukan/723/tentang-layanan-transjakarta?lang=1
Amril Mutoi Siregar, S.Kom., M.Kom. DAN Adam Puspabhuana, S.Kom., M. K. (2017). DATA MINING Pengolahan Data Menjadi Informasi dengan RapidMiner (Cetakan Pe). Kekata Group.
Annur, C. M. (2022). Jumlah Penumpang Bus Transjakarta Berdasarkan Koridor/Rute (2021). Databoks.Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/15/ini-rute-bus-transjakarta-dengan-jumlah-penumpang-terbanyak-pada-2021
Arifatul Ulya, F., Abdullah, A. N., Aisya Hanan, T., & Manfaati Nur, I. (2023). Pengelompokkan Tingkat Pengangguran Terbuka Di Jawa Tengah Menggunakan Metode K – Means Clustering. Journal Of Data Insights, 1(2), 71–80. https://doi.org/10.26714/jodi.v1i2.148
Ayuningtias, M. D., Tingkat, P., Pelayanan, K., Dalam, O. P., Putri, R. R., & Sahara, S. (2023). The Influence of the Level of Service Quality By Officers in Transjakarta Bus Public Transportation. 2(2), 188–197.
Badan Pusat Statistik. (2024). Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin dan Kabupaten/Kota di Provinsi DKI Jakarta (Jiwa). Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. https://jakarta.beta.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTI3NyMy/jumlah-penduduk-menurut-jenis-kelamin-dan-kabupaten-kota-di-provinsi-dki-jakarta.html
Cahyo Prianto, S. B. (2020). Pembuatan aplikasi clustering gangguan jaringan menggunakan metode K-Means clustering. Kreatif. https://www.google.co.id/books/edition/Pembuatan_aplikasi_clustering_gangguan_j/y8TgDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Chandra, E., & Putranto, S. (2024). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP FASILITAS BUS TRANSJAKARTA. 7(2), 709–720.
Diah, N. (2018). ANALISIS PENGARUH E-BANKING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH. Noviana Diah. https://www.google.co.id/books/edition/ANALISIS_PENGARUH_E_BANKING_DAN_KUALITAS/J3hKEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Dudih Gustian,Samsul Pahmi,Dudih Gustian, N. D. A. (2020). Menggali Emas Terpendam Data Mining. 3M Media Karya Serang. https://www.google.co.id/books/edition/Menggali_Emas_Terpendam_Data_Mining/uMofEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
Fadila, Woro Isti Rahayu, M. H. K. S. (2020). Penerapan Metode Naive Bayes dan Skala Likert Pada Aplikasi Prediksi Kelulusan Mahasiswa (terbitan p). Kreatif.
Harry Yulianto, SE, M.Si , Syarief Dienan Yahya, SE, M. M. (2018). Manajemen Transportasi Publik Perkotaan (terbitan p). LPPM STIE YPUP Makassar.
Komalasari, D. A., Studi, P., Teknik, S., Tarumanagara, U., Studi, P., Teknik, S., & Tarumanagara, U. (2023). Pandangan Masyarakat Terhadap Keselamatan Bus Swasta. 6(4), 1035–1048.
Kurniawan, R., Pizaini, P., & Insani, F. (2021). Penerapan Algoritma K-Means Clustering dan Correlation Matrix Untuk Menganalisis Risiko Penyebaran Demam Berdarah di Kota Pekanbaru. JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan), 6(3), 1–6. http://ejurnal.unmerpas.ac.id/index.php/informatika/article/view/353
Kusuma Al Atros, K. S. H., Padri, A. R., Nurdiawan, O., Faqih, A., & Anwar, S. (2021). Model Klasifikasi Analisis Kepuasan Pengguna Perpustakaan Online Menggunakan K-Means dan Decission Tree. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8(6), 323. https://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3680
Lailil Muflikhah, Dian Eka Ratnawati, R. R. M. (2018). Data Mining (Tim UB Press (ed.)). UB Press. https://www.google.co.id/books/edition/Data_Mining/V_NqDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
Lucky Caroles, D. (2024). Transportasi Dalam Tata Ruang. wawasan Ilmu.
Maria Veronika, M., & Pontan, D. (2019). Identifikasi Tingkat Faktor Kepuasan Pengguna Halte Transjakarta Identification of Halte Transjakarta User Satisfaction Factors. JREC (Journal of Electrical and Electronics), April, 339–342.
Marwati, E., & Krisbiantoro, D. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Web Students Universitas Amikom Purwokerto Menggunakan Metode Eucs. Journal of Information System Management (JOISM), 4(2), 67–72. https://doi.org/10.24076/joism.2023v4i2.902
Mohammad Farras Daffauzan. (2023). Analisa Penumpang Bus Transjakarta dengan Metode K-Means. 3(2), 61–64.
Muhammad Arhami, S.Si., M.Kom., Muhammad Nasir, S.T., M. T. (2020). Data Mining - Algoritma dan Implementasi. Andi Offset. https://www.google.co.id/books/edition/Data_Mining_Algoritma_dan_Implementasi/AtcCEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Muhammad, I., Sabaruddin, S., & Hakim, R. (2022). Kajian Tingkat Kepuasan Dan Pengembangan Prasarana Transportasi Laut Di Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Simetrik, 11(2), 485–494. https://doi.org/10.31959/js.v11i2.857
Nofitri, R., & Irawati, N. (2019). Analisis Data Hasil Keuntungan Menggunakan Software Rapidminer. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 5(2), 199–204. https://doi.org/10.33330/jurteksi.v5i2.365
Perda DKI Jakarta. (2003). Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 12 Tahun 2003 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Kereta Api, Sungai dan Danau Serta Penyebrangan di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
Pergub DKI Jakarta. (2010). PROSEDUR PENETAPAN OPERATOR BUS TRANSJAKARTA BUSWAY. 1–9.
Pramana, Y. I., Harahap, G., & Lubis, M. M. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Kereta Api. Jurnal Ilmiah Pertanian ( JIPERTA), 1(2), 202–211. https://doi.org/10.31289/jiperta.v1i2.77
Praseptian M, D., Fadlil, A., & Herman, H. (2022). Penerapan Clustering K-Means untuk Pengelompokan Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan Perguruan Tinggi. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(3), 1693. https://doi.org/10.30865/mib.v6i3.4191
Pristanto, A., Lauren, O. T., Aryani, D., & Sahara, S. (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Fasilitas yang Disediakan oleh Pihak Transjakarta. Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 1(3), 9–17.
Siti Fatimah. (2019). PENGANTAR TRANSPORTASI. Myria Publisher.
Sudarsono, B. G., Leo, M. I., Santoso, A., & Hendrawan, F. (2021). Analisis Data Mining Data Netflix Menggunakan Aplikasi Rapid Miner. JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems, 4(1), 13–21. https://doi.org/10.30813/jbase.v4i1.2729
Umagapi, I. T., Umaternate, B., Komputer, S., Pasca Sarjana Universitas Handayani, P., Kepegawaian Daerah Kabupaten Pulau Morotai, B., & Riset dan Inovasi, B. (2023). Uji Kinerja K-Means Clustering Menggunakan Davies-Bouldin Index Pada Pengelompokan Data Prestasi Siswa. Seminar Nasional SISFOTEK, 303–308.
Vanessa, B., & Prabantari, K. (2020). Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Transportasi Transjakarta. Jurnal Transaksi, 12(1), 25–39.
Yoyo Sudaryo, D. (2019). Metode Penelitian Survei Online Dengan Google Forms. Andi Offset.
Zain, M. A. (2023). Analisis Perilaku Pengendara Sebagai Upaya Perwujudan Prinsip Transportasi Berkelanjutan ( Kasus Kota Mamuju Provinsi Sulawesi Barat ). 3, 1963–1975.