PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA NEGERI 76 JAKARTA

research
  • 23 Oct
  • 2024

PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA NEGERI 76 JAKARTA

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan secara simultan motivais intrinsic dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja guru di SMA Negeri 76 Jakarta. Sampel penelitian adalah seluruh guru SMA Negeri 76 Jakarta. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Metode pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji koefisien detrminasi dengan menggunakan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan : 1. Secara parsial motivasi intrinsic berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru. 2. Secara parsial motivasi ekstrinsik tidak berpengaruhterhadap kinerja guru. 3. Secara simultan motivasi intrinsic dan motivasi ekstrinsik berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru.

Unduhan

 

  • File Jurnal.pdf

    File Jurnal

    •   diunduh 21x | Ukuran 470,196

REFERENSI

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16

ARIANTI, A. (2019). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Sekaryanti, A., Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Karyawan Divisi Operasional Di TVIP Lenteng Agung Dibawah bimbingan, P. P., & Astuti, T. S. (2023).

Munandar, S. A., & Prayekti, P. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tranformasional, Motivasi Intrisik, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. EBBANK, 11(2), 45-56.

Trisna, A., & Guridno, E. (2021). Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Saiba Cipta Selaras Kota Jakarta Selatan. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 17(2), 127. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v17i2.1276

Rozzaqiyah, H., Suryaman, M., Fitriani, R., & Nugraha, B. (2021). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Produktivitas Kerja Pegawai di UKM Tahu Sehat Cikampek. Journal Industrial Servicess, 6(2), 85. https://doi.org/10.36055/62001

Mujahid, M., & Nugraha, P. H. (2020). PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CATATAN SIPIL KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. JURNAL MANAJEMEN & ORGANISASI REVIEW (MANOR), 2(2), 114–121. https://doi.org/10.47354/mjo.v2i2.245

Joen, S., Purnamawati, P., & Amiruddin, A. (2022). Kinerja Guru, Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru.

  ’Rasam, F., ’Sari, A. I. C., & ’Karlina, E. (2019). PERAN KOMPETENSI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA JAKARTA SELATAN. Research and Development Journal of Education, 6(1), 41–52.

Asterina, F., dan Sukoco. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 12

  Fatimah, T., Sitepu, Y. M. R., Agustina, A., Hasni, M., & Nasution, N. A. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN MENGHAMBAT KINERJA GURU (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan). MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 2(2), 55–65. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v2i2.244

Hoerudin, C. W. (2022). Meningkatkan Kinerja Guru Bahasa Indonesia Dalam Melaksanakan Pelajaran Bahasa Indonesia yang Bermutu. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1(2), 62–72.

Undang-undang Republik Indonesia no 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009), hal. 11

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional.