Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna aplikasi Maxim menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM). Dalam era digital saat ini, teknologi informasi, terutama layanan ride-hailing seperti Maxim, telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Namun, meskipun popularitasnya meningkat, masih terdapat beberapa permasalahan terkait kualitas layanan yang mempengaruhi kepuasan pengguna. Melalui pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner, penelitian ini mengukur persepsi kemanfaatan (PU), persepsi kemudahan penggunaan (PEOU), sikap terhadap penggunaan (ATU), niat perilaku (BITU), dan penggunaan nyata (ATU) dalam aplikasi Maxim. Jumlah responden yang digunakan 100 orang dengan pengukuran menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil analisis regresi linear menunjukkan bahwa semua variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai p-value <0,05. Variabel yang memiliki pengaruh paling signifikan terdapat pada variabel BITU dengan nilai <0,001
Full Text
Jurnal
Adiguno, S., Syahra, Y., & Yetri, M. (2022). Prediksi Peningkatan Omset Penjualan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda. Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD), 1(4), 275. https://doi.org/10.53513/jursi.v1i4.5331
Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249
Anggraini, F. D. P., Aprianti, Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. Retrieved from https;//jbasic.org/index.php/basicedu
Anisah, S., S, B. U., & Kustiani, I. (2020). Analisis Persepsi Pengguna Layanan Transportasi Lrt Kota Palembang. Jurnal Tekno Global UIGM Fakultas Teknik, 9(1). https://doi.org/10.36982/jtg.v9i1.1213
Arsi, A. (2020). Statistik Parametrik dan Nonparametrik serta Statistik Deskriptif dan Inferensial. Attribution 4.0 International, (c), 8. Retrieved from https://osf.io/f72cj
Arsi, A. (2021). Langkah-Langkah Uji Validitas dan Realibilitas Instrumen dengan Menggunakan SPSS. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad, 1–8.
Cahyo, K. N., Martini, & Riana, E. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Kuesioner Pelatihan pada PT Brainmatics Cipta Informatika. Journal of Information System Research (JOSH), 1(1), 45–53. Retrieved from http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/josh/article/view/44
Carolina, I., Supriyatna, A., & Puspitasari, D. (2021). Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Pada Era Pandemi COVID-19. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 3(2), 130–142. https://doi.org/10.31849/zn.v3i2.8353
Christopher, A., Tirtana, A., & Aditya, A. (2022). Analisis Tingkat Penerimaan Aplikasi Bca Mobile Di Kota Malang Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Teknoinfo, 16(2), 452. https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.2045
Farahsalsabil Yudhiane Cantika, & R. Yuniardi Rusdianto. (2023). Mengoptimalkan Akurasi Navigasi dan Fleksibilitas Pembayaran pada Aplikasi Maxim : Tinjauan terhadap Pengalaman Pengguna. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 84–95. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.385
Haikal, M. (2021). Panduan Praktik Analisis Data Kuantitatif Dengan Jamovi, 1.
Hidayati, Tri; Handayani, Ita; Ikasari, I. H. (2019). Buku Statistika Dasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Hutabarat, W. M. ., & Prabawani, B. (2020). Pengaruh Experiential Marketing Dan Sales Promotion Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Go-Ride Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 12–22. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.27155
Irawati, A. E., & Suhartono, E. (2020). Analisis Technology Acceptance Model Aplikasi Linkaja. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(3), 164. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i3.2861
Kasinem, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096
Lukman, A. M., & Rahmanto, O. (2020). Aplikasi Panduan Pola Hidup Sehat. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 6(1), 64–70. https://doi.org/10.31294/ijse.v6i1.7774
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Maharadja, A. N., Maulana, I., & Dermawan, B. A. (2021). Penerapan Metode Regresi Linear Berganda untuk Prediksi Kerugian Negara Berdasarkan Kasus Tindak Pidana Korupsi, 5(1), 95–102.
Martias, L. D. (2021). Statistika Deskriptif Sebagai Kumpulan Informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40. https://doi.org/10.14421/fhrs.2021.161.40-59
Mendoza, S. D., Nieweglowska, E. S., Govindarajan, S., Leon, L. M., Berry, J. D., Tiwari, A., … Wang, H. (2020). PENGARUH PERCEIVED USEFULLNESS, PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION TO USE DENGAN ATITTUDE TOWARDS USING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Nature Microbiology, 3(1), 641. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1038/s41421-020-0164-0%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-020-15507-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41587-020-05
Minan, K. (2021). Analisis Pendekatan Metode TAM Pada Penggunaan Aplikasi E-Commerce. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 181–187. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1118
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., & Maslacha, Hanik, A. D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga.
Naufal Dzakwan, Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Pada Mata Kuliah Statistika Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Risenologi, 6(1b), 70–77. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2021.61b.249
Nita, D., Wati, S., & Dwi, A. (2021). Pengukuran Penerimaan Teknologi dan Pengaruh Kualitas E-Learning terhadap Efektifitas Pembelajaran pada Perguruan Tinggi Menggunakan Metode TAM dan Webqual. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(3), 1–7. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/40993%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id
Nur Wahyudin, A. A.-F., Primajaya, A., & Irawan, A. S. Y. (2020). Penerapan Algoritma Regresi Linear Berganda Pada Estimasi Penjualan Mobil Astra Isuzu. Techno.Com, 19(4), 364–374. https://doi.org/10.33633/tc.v19i4.3834
Panji Maulana, M., & Sari, E. P. (2023). Analisa Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi My Telkomsel Dengan Menerapkan Metode TAM (Technology Acceptance Model). Syntax : Jurnal Informatika, 12(02), 52–64. https://doi.org/10.35706/syji.v12i02.9868
Prihatiningsih, B. E., & Susanti, A. (2023). Analisis kepuasan Pengguna Layanan Ride Hailing Maxim di Jabodetabek. Jurnal Ekonomi Akuntansi, Manajemen, 2(2), 91–107.
Pujana, G., Made Ardwi Pradnyana, I., & Ketut Resika Artha, I. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs) Di Smp Negeri 1 Sukasada. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 12(1), 57–66. Retrieved from http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/
Purwandani, I., & Syamsiah, N. O. (2020). Analisa Penerimaan dan Penggunaan Teknologi Google Classroom Dengan Technology Acceptance Model (TAM). JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 247–255. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.257
Putra, R. D., & Prehanto, D. R. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Flip.id menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfac (EUCS). Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence (JEISBI), 2(4), 4.
Rahmanto, Y., Ulum, F., & Priyopradono, B. (2020). Aplikasi Pembelajaran Audit Sistem Informasi Dan Tata Kelola Teknologi Informasi Berbasis Mobile. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 62. https://doi.org/10.33365/jtk.v14i2.723
Salsabila, A., & Hapsari, M. T. (2022). Pengaruh Pendapatan Dan Literasi Keuangan Terhadap Kesejahteraan Keuangan Keluarga Di Desa Kolomayan Kecamatan Wonodadi. Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 14(2), 222. https://doi.org/10.35448/jmb.v14i2.14538
Salsabila, N. (2023). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MAXIM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Jakarta.
Stefani, K., & Cilvanus, H. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Persepsi Kemudahan, Iklan, Promosi, dan Harga Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Ruangguru. Media Informatika, 19(2), 72–87. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v19i2.44
Stefany, B. A., Wibowo, F. M., & Wiguna, C. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Wisata Brebes Dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Journal of Information Systems and Informatics, 3(1), 172–184. https://doi.org/10.33557/journalisi.v3i1.107
Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55
Tambunan, R. R. F., Sihotang, J. I., & Mambu, J. Y. (2021). Analisa Tingkat Kepuasan Kerja Driver Maxim Terhadap Sistem Layanan Maxim Dengan Pieces Framework. CogITo Smart Journal, 7(2), 339–348. https://doi.org/10.31154/cogito.v7i2.330.339-348
Wahyuddin, R., Sucipto, A., & Susanto, T. (2022). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Multiple Marker Pada Pengenalan Komponen Komputer. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(3), 278–285. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i3.2034
Wibowati, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Muarakati Baru Satu Palembang. Jurnal Manajemen, 8(2), 15–31. https://doi.org/10.36546/jm.v8i2.348
Widowati, A. Y., & Budihartanti, C. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Traveloka Dengan Menerapkan Metode TAM (Technology Acceptance Model). Jurnal Prosisko, 6(2), 109–116. Retrieved from https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/1629/1080
Wisudaningsi, B. A., Arofah, I., Konstansius, D., & Belang, A. (2019). STATMAT (Jurnal Statistika dan Matematika) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS REGRESI LINEAR BERGANDA. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda, 1(1), 103–117.
Zulvia, P., & Shinta Yerina, A. (2023). Motivasi Dan Pengalaman Pengguna Sebagai Faktor Tambahan Dalam Meninjau Penerimaan Aplikasi Seluler Kai Access : Modifikasi Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 27(2), 209–228. https://doi.org/10.17933/jskm.2023.5250