Kementerian PPN/Bappenas merupakan instansi pemerintah yang memiliki tugas dan wewenang meliputi segala usaha serta kegiatan perencanaan, pengawasan, dan penilaian pelaksanaan pembangunan di seluruh wilayah RI. Kegiatan Penghargaan Pembangunan Daerah merupakan bentuk evaluasi kreatif dengan mengapresiasi capaian kinerja terbaik dari pemerintah daerah di Indonesia, terdapat alur pelaksanaan dan informasi yang disampaikan oleh direktorat PEPPD selaku koordiantor pelaksanaan PPD melalui strategi komunikasi dalam mengoptimalkan minat wilayah timur indonesia di ajang PPD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Terdapat 5 tahapan strategi yang dipakai dalam penelitian yaitu: Penelitian, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, dan Pelaporan. Hasil temuan pada penelitian ini adanya strategi komunikasi yang dilakukan oleh Kementerian PPN/Bappenas yaitu dengan adanya 3 kegiatan yang menjadi upaya Kementerian PPN/Bappenas dalam mengimplementasikan Strategi Komunikasi Dalam Mengoptimalkan Minat Wilayah Timur Indonesia yaitu Expo PPD 2023, Knowledge Sharing PPD 2023, dan Sharing Session Pembangunan Daerah dengan Wilayah Timur, dengan adanya kegiatan tersebut secara perlahan dapat meningkatkan minat wilayah timur Indonesia di ajang Penghargaan Pembangunan Daerah, hal itu dibuktikan dengan meningkatnya partisipasi daerah wilayah timur pada Penghargaan Pembangunan Daerah tahun 2024.
Skripsi Ahmad Nur Syahril_44232222
Cover Skripsi Ahmad Nur Syahril_44232222
Aditya Artha Wardhana. (2020). Strategi Komunikasi Humas Pemkot Madiun Dalam Mensosialisasikan Program Kerja Pemerintah Melalui Media Sosial. Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Angga Intueri. (2022). Efektivitas Program Pencegahan Yang Dilakukan BNNK Sleman Dalam Rangka Kampanye Anti Narkoba. Jurnal Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta. Vol 3, No 2.
Esli Zuraidah. (2022). Strategi Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Prenanda Media Group.
Fajar Ramadan Siddiq. (2021). Sosialisasi Tentang Penyelenggaraan Perhubungan di Kota Bandung. Universitas Komputer Indonesia.
Hafied Cangara. (2022). Perencanaan & Strategi Komunikasi (Yayat Srihayati, Edisi: Revisi. Cet. 4). PT RajaGrafindo Persada.
Hafid Aldi. (2023). Strategi Komunikasi Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Dalam Mensosialisasikan Program Sekolah Ramah Anak di Kota Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Haris Ahmad Rizal, (2021). Strategi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengan dalam Pemberdayaan UMKM. Journal.Feb.Unmul.Ac.Id, Vol 4. Hal. 547–553.
Hidayatulloh. (2022). Strategi Komunikasi Pemerintah Desa Dalam Mensosialisasikan Bantuan Sosial di Masa Pandemi Covid-19 di Desa Bengkel Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Universitas Negeri Mataram.
John W. Creswell. (2019). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi Ketiga). Yayasan Mitra Netra.
Lestari. (2019). Teori Komunikasi . PT RajaGrafindo Persada. Hal 95-115.
Meitibillina Nisrina. (2020). Strategi Komunikasi Pemerintah Kabupaten Blora Menuju Smart City. Universitas Islam Indonesia.
Nurrohman, B. (2017). Optimalisasi Pelayanan E-KTP guna Meningkatkan Validitas Data Kependudukan di Kecamatan Majangsari Kabupaten Pandeglang. Jurnal Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Vol 10, No. 6.
Riyanto Wujarso. (2020). Kesiapan Perilaku Komunikasi Nonverbal Mahasiswa dan Mahasiswi, Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researching, Vol 4, No. 1.
Roudhonah. (2019). Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers (PT RajaGrafindo Persada), Jakarta: Kharisma Putra Utama. Hal. 1-233.
Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA AL Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, Vol 34, No. 9.
Silmi Susanti. (2020). Politik Identitas Di Kota Mataram Dalam Pilkada Kota Mataram. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Suprapto, T. (2011). Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi. Media Pressindo. Hal 25-56.
Zamzam, W. S. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi. Journal Educational Research and Social Studies, Vol 2, No. 1.