Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak citra merek terhadap kesetiaan pengguna iPhone 13 kalangan mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan analitik. Populasi penelitian adalah 134 mahasiswa yang menggunakan iPhone 13, dengan sampel sebanyak 100 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala Likert, yang validitas dan reliabilitasnya diuji menggunakan SPSS. Data dianalisis dengan metode regresi linier berganda untuk menguji korelasi antara brand image dan loyalitas pengguna. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara brand image dengan loyalitas pengguna iPhone 13. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi produsen dalam meningkatkan brand image untuk meningkatkan loyalitas pengguna.
ISI SKRIPSI MOCHAMAD STANLEY KAMAL
COVER
(Erni Yunaida, 2019; Finamore et al., 2021; Frenredy & Dharmawan, 2020;
Khoirul et al., 2022; Muliani et al., 2020; Pakar et al., 2020; Rai &
Srivastava, 2015; RIzka Chusnul Muna, 2022; Sawitri & Yannaty, 2021;
Setyani & Gunadi, 2020; Sobry, 2017; Untuk et al., 2018; Xian, Gou Li,
2011)Afif Rizal, D. F. dan E. P. (2016). Pengaruh Brand Image dan Persepsi
Harga Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB),
41(1), 57–64. e-mail:afifrizal [email protected]
Amalia, E. D., & Madiawati, P. N. (2022). Citra Merek, Kualitas Produk, Harga,
dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan
Smartphone Iphone. E-Proceeding of Management, 9(3), 1537–1550.
Ayu, D. (2012). Pengaruh Citra Merek. Dictionary of Statistics & Methodology,
5(1), 15–24.
Bastian, D. A. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan
Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand
Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen
Pemasaran Petra, 2(1), 1–9.
Darwati, Lilis, F. (2022). Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna
Aplikasi OVO Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction
(EUCS). JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan
Komputer, 12(2), 34–42.
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index
Dr. (Cand) Aditya Wardhana, S. E. . M. M. . M. S. (2020). Brand Image Dan
Brand Awareness. Brand Marketing: The Art of Branding, January.
Eka Saputri, M., & Ratna Pranata, T. (2014). Pengaruh Brand Image Terhadap
Kesetiaan Pengguna Smartphone Iphone. Jurnal Sosioteknologi, 13(3), 193–
201.
https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2014.13.3.3
Eli Achmad Mahiri. (2020). Pengaruh Brand Image dan Store Atmosphere
Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa
(BUMDES) Mart Banjaran. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3),
74
227–238.
https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i3.154
Erni Yunaida. (2019). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) Terhadap Loyalitas
Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen
Dan Keuangan, 6(2), 801.
Finamore, P. da S., Kós, R. S., Corrêa, J. C. F., D, Collange Grecco, L. A., De
Freitas, T. B., Satie, J., Bagne, E., Oliveira, C. S. C. S., De Souza, D. R.,
Rezende, F. L., Duarte, N. de A. C. A. C. D. A. C., Grecco, L. A. C. A. C.,
Oliveira, C. S. C. S., Batista, K. G., Lopes, P. de O. B., Serradilha, S. M.,
Souza, G. A. F. de, Bella, G. P., … Dodson, J. (2021). No Titleامين. Journal
of Chemical Information and Modeling, 53(February), 2021.
https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/
17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368
728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.10
80/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/
Frenredy, W., & Dharmawan, P. (2020). Dimensi Brand Image Untuk
Memprediksi Brand Love Dan Brand Loyaty. Jurnal Manajerial Dan
Kewirausahaan, 2(4), 1005. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.
9884
Harmyanto, B., Nur Latifa Hanum, A., & Sahidi, S. (2023). Pengaruh loyalitas
pengguna aplikasi iPusnas di kalangan mahasiswa Diploma 3 Perpustakaan
FKIP Universitas Tanjungpura terhadap minat membaca buku digital.
Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 11(1), 65.
https://doi.org/10.18592/pk.v11i1.
9437
Hasugian, J. T. M. (2015). Pengaruh Brand Identity Terhadap Brand Loyalty
Melalui Brand Image dan Brand Trust. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(4),
923–937.
Jamilah, M., & Widiyanto, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Zoom
Terhadap Hasil Belajar PPkn Siswa Kelas IV MI Al-Wathoniyah 43 Jakarta
Utara. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 59–67.
https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20886
Khoirul, F., Khoirun, M., Nanda, H., Setya, H., Nur, M., Maulana, Z. A., &
Fauziyyah, H. L. (2022). Tahun 2022 Tahun 2022. Malahayati Nursng
75
Journal, 4(31601900074), 43–62.
Maulinda, L. N., & F, J. A. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas
Pelanggan Pasta Gigi Ciptadent Melalui Keputusan Pembelian. Ica Ekonomi,
1(2), 454–459.
Muliani, E., Rangga, I., Teguh, K. R., Ningsih, T. S., Putri, S. L., Guarango, P.
M., Amelia, P., Forestryana, D., Jamaludin, W. Bin, Restapaty, R.,
Ramadhan, H., Nurvita, A. R., Budiarti, A., Suhari, Y., Sri, R., Redjeki, A.,
Handoko, T., Yusuf Sukman, J., Zahidah, N. A., … Jihannisa, R. (2020). the
Influence of Brand Image on Iphone Smartphone User Loyalty. Jurnal Ilmu
Dan Riset Manajemen, 12(1), 193–201. http://dx.doi.org/10.1186/s13662-
017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-
2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.101
6/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Aht
tp://arxiv.org/abs/1502.020
Nora, A. S., Putra, Y. Y., & Padang, U. N. (2019). Hubungan Brand Image
dengan Loyalitas Konsumen Pengguna Produk Pasta Gigi Merek Pepsodent.
000, 1–12.
Nurhidayah, A., Cahyani Pangestuti, D., & Yulinar. (2021). Pengaruh Brand
Image Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Menggunakan EWallet Gopay. Prosiding Biema, 2(1), 942–955.
Pakar, S., Jenis, I., Network, O., Dengan, U., Certainty, M., & Pajrianto, F.
(2020). Unit Dengan Metode Certainty Factor.
Putra, A. S. (2018). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan
(Brand Trust) Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada Konsumen
Smartphone Lenovo di DIY). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 05(2),
252–260.
Rai & Srivastava, 2012. (2015). Rai & Srivastava, 2012. Rai & Srivastava, 2012,
3, 103–111.
Riski Purwanti, T., & Rushadiyati, R. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Brand Image Terhadap Minat Beli Brand Secondate. Jurnal
Administrasi Dan Manajemen, 12(4), 343–355.
76
https://doi.org/10.52643/jam.v12i4.2686
RIzka Chusnul Muna. (2022). analisis pengaruh kualitas layanan, harga, dan
kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada E-Commerce Lazada
(studi kasus mahasiswa UNISBANK kampus II Semarang). NBER Working
Papers, 01, 89. http://www.nber.org/papers/w16019
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek
Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal
Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Sari, I. V. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Brand Image
Sepeda pada Komunitas Jogja Last Friday Ride. Jurnal Ilmu Komunikasi,
2(2), 1–14.
Sawitri, Y., & Yannaty, I. A. (2021). Dampak penggunaan smartphone terhadap
perkembangan anak usia dini. “Pengembangan Sumberdaya Menuju
Masyarakat Madani Berkearifan Lokal,” 189.
https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/108
Setyani, T. P. H., & Gunadi, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra
Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil All New Rio Kia Motors
Indonesia (Pada PT. Radita Autoprima). Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Manajemen Unsurya, 1(1), 92–102.
Shabrina, P. A. (2013). Analisis loyalitas konsumen brand apple terhadap produk
iphone di surabaya (studi deskriptif loyalitas konsumen remaja generasi Z
terhadap produk iphone di surabaya). Journal of Chemical Information and
Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). Perbandingan Tingkat
Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran di
Jawa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, Dan Aplikasinya,
2(2), 322–333.
Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap
Instrumen Kepuasan Ker. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 51–
58. https://doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428
Sobry, M. G. (2017). Peran Smartphone Terhadap Pertumbuhan Dan
77
Perkembangan Anak. M.Gustian Sobry, 2(2), 24–29.
http://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/222
Syah, A. B., Prihatini, A. E., & Pinem, R. J. (2022). Pengaruh Brand Image dan
Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen
pada Layanan Video Streaming Digital Viu. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis,
11(3), 532–539. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35418
Untuk, D., Salah, M., Syarat, S., & Memperoleh, D. (2018). PENGARUH BRAND
IMAGE TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA SMARTPHONE SAMSUNG
( Studi Pada Konsumen Hartono Kertajaya Indah Surabaya ) Diajukan
Oleh : DIAH PUTRI ANGGRAINI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS.
Vivian, S. (2020). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z pada Produk Starbuck. Jurnal
Transaksi, 12(1), 51–66.
Xian, Gou Li, dkk. (2011). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk
terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa.
Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.