PENGARUH LIVE STREAMING DAN KUALITAS PRODUK PADA APLIKASI TIKTOK TERHADAP IMPULSE BUYING GENERASI Z DI JAKARTA BARAT

research
  • 23 Oct
  • 2024

PENGARUH LIVE STREAMING DAN KUALITAS PRODUK PADA APLIKASI TIKTOK TERHADAP IMPULSE BUYING GENERASI Z DI JAKARTA BARAT

Generasi Z yang dikenal dengan generasi milenial yang sangat terhubung dengan teknologi dan media sosial. Generasi Z memiliki pola perilaku belanja yang unik, terutama dalam konteks berbelanja online. Salah satu media sosial yang digunakan yaitu aplikasi tiktok. Aplikasi tiktok bisa menjadi tempat utama untuk para pelaku bisnis memasarkan produknya melalui fitur live streaming. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis serta menjelaskan tentang pengaruh live streaming dan kualitas produk terhadap impulse buying generasi Z di Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan regresi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan jumlah Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan pengguna aplikasi tiktok generasi Z di Jakarta Barat dengan ditentukan menggunakan rumus lemeshow. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji kualitas data, uji asumsi klasikdan koefisien determinasi dengan bantuan Microsoft Excel, dan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa live streaming memiliki pengaruh secara parsial terhadap impulse buying pada generasi Z dan dinyatakan berpengaruh positif dan signifikan. Kualitas produk juga dinyatakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Variabel live streaming dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap impulse buying.

 

Unduhan

  • Cover.pdf

    Cover 64201007_Azizah Nur Sabillah

    •   diunduh 13x | Ukuran 24 KB
  • BAB I-5 FIX.docx (5).pdf

    Turnitin 64201007_Azizah Nur Sabillah

    •   diunduh 12x | Ukuran 15,620 KB

 

REFERENSI

Ahmad, D. (2022). 10 Negara de.jambura: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 784–793.

 

Annur. (2024). 10 Negara dengan Jangkauan Iklan Tiktok Terluas (Januari 2024). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/06/iklan-tiktok-di-indonesia-jangkau-126-juta-audiens-terbanyak-ke-2-global#:~:text=Menurut laporan We Are Social,terluas ke-2 di dunia.

 

Awalya, S. S., Winarso, W., & Anas, H. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Sunscreen “Merek Azarine” (Pada Generasi Z Bekasi). Jurnal Economina, 2(10), 2704–2721. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.895

 

Cahyaningtya,(2020). Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) Dengan Shopping Motivation Sebagai Variabel Intervening Pepaya Fresh Gallery Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 51–62.

 

Caniago, A., & Rustanto, A. E. (2022). Product Quality in increasing Consumer Purchase Intention. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 15(3), 367–378.

 

Darwin, Muhammad,  at all. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. In Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif.

 

Daulay, R., Handayani, S., & Ningsih, I. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Department Store di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA)1, 1–14. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/KNEMA/

 

Faradiba, B., & Syarifuddin, M. (2021). Covid-19: Pengaruh Live Streaming Video Promotion Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Buying Purchasing. Economos : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31850/economos.v4i1.775

 

Fitryani, & Aditya Surya Nanda. (2021). Peran Impulsive Buying Saat Live Streaming Pada Masa Covid-19 Dalam Mendorong Minat Belanja Masyarakat Sidoarjo. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 1(1), 70–79. https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v1i1.86

 

Imam Machali. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif). In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Vol. 01, Issue April). https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50344/1/Metode Penelitian Kuantitatif %28Panduan Praktis Merencanakan%2C Melaksa.pdf

 

Indah, S., Simaremare, V., & Mujiasih, E. (2018). Hubungan antara costumer value dengan impulse buying produk fashion pada mahasiswi angakatan 2017 psikologi. Jurnal Empati, 7(60), 162–167.

 

Lenny, S. (2023). TikTok Shop Jadi Tren Baru Belanja Online di Indonesia. Kata Data. https://katadata.co.id/digital/e-commerce/63db57a520506/jdid-tutup-tiktok-shop-jadi-tren-baru-belanja-online-di-indonesia

 

Mari Ci, A., & Raymond. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Golden City Residence Kota Batam. JURNAL ILMU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(3), 3.

 

Maulidya Nurivananda, S., Fitriyah, Z., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2023). The Effect Of Content Marketing And Live Streaming On Purchase Decisions On The Social Media Application Tiktok (Study On Generation Z Consumers @Scarlett_Whitening In Surabaya) Pengaruh Content Marketing Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pa. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 3664–3671. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

 

Prajana, A. M., Syafikarani, A., & Nastiti, N. E. (2021). Pemanfaatan Video Streaming Sebagai Media Pemasaran Pada Fitur Shopee Live. Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar, 8(2), 145–152. https://ojs.unm.ac.id/tanra/

 

Rahmad, B. (2021). Generasi “Milenial” Dan Generasi “Kolonial.” Kemenkeu. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pontianak/baca-artikel/14262/Generasi-Milenial-Dan-Generasi-Kolonial.html

Rizkya, S. N., Sarah, S., & Fanji, F. W. (2024). Pengaruh Flash Sale, Gratis Ongkos Kirim, dan Live Streaming terhadap Impulsive Buying pada pengguna Shopee. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 5(1), 83–99. https://doi.org/10.47747/jismab.v5i1.1629

 

Rizqi Marwa, R., Ruwinda Sofwa, S., & Wulandari, D. (2021). Hubungan Intensitas Penggunaan Instagram Dengan Impulse Buying Pada Remaja Perempuan Di Jakarta. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(01), 53–66. https://doi.org/10.51353/inquiry.v12i01.537

 

Saputra, G. G., & Fadhilah, F. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 442–452. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2353

 

Slamet, R., & Aglis, A. H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. In Deepublish (p. 373).

 

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

 

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

 

Suhyar, S. V., & Pratminingsih, S. A. (2023). Skintific Skincare Products Pengaruh Live Streaming dan Trust terhadap Impulsive Buying dalam Pembelian Produk Skincare Skintific. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 1427–1438.

 

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.