Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan
secara simultan motivais intrinsic dan ekstrinsik terhadap kinerja guru di SMA Negeri
76 Jakarta. Sampel penelitian adalah seluruh guru SMA Negeri 76 Jakarta. Teknik
pengambilan data yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik
sampling jenuh. Metode pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji
kualitas data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji koefisien detrminasi dengan
menggunakan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan : 1. Secara parsial motivasi
intrinsic berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru. 2. Secara parsial motivasi
ekstrinsik tidak berpengaruh terhadap kinerja guru. 3. Secara simultan motivasi
intrinsic dan motivasi ekstrinsik berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru.
Cover Skripsi_64201333_Anisa Islamay Hidayati
SKRIPSI_64201333_ANISA ISLAMAY HIDAYATI
’Firmansyah, D., ’Riadi, F., ’Adinata, U. W. S., & ’Suherman, A. R. (2022). PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP KINERJA GURU (STUDI KASUS PADA SALAH SATU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA BANDUNG). Majalah Bisnis & IPTEK, 15(2).
’Petrina, G., & ’Hendy, T. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMAN 8 Bekasi. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 2(1), 121–124.
’Potu, J., ’Lengkong, V. P. K., & ’Trang, I. (2021). PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. AIR MANADO. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 387–394.
’Rasam, F., ’Sari, A. I. C., & ’Karlina, E. (2019). PERAN KOMPETENSI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA JAKARTA SELATAN. Research and Development Journal of Education, 6(1), 41–52.
Aisyah, S., & Isma, A. A. (2022). PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 3 SINJAI. Jurnal Ilmiah Administrasita’, 13(2), 73–82. https://doi.org/10.47030/administrasita.v13i2.449
Anggraeni, L. A. (2021). Faktor Intrinsik dan Ekstrinsik Dimoderasi Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. MANAJERIAL, 8(02), 118. https://doi.org/10.30587/manajerial.v8i02.2324
Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16
ARIANTI, A. (2019). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Asterina, F., dan Sukoco. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 12
Chasanah, L., Toharudin, M., & Tri Setiyoko, D. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Terhadap Pengelolaan Kelas di SDN Siwungkuk 01 Wanasari Brebes. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 33–38. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.56
Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465
Endah, K., & ’Miftahul, M. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik, Disiplin Kerja, dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kinerja guru SMK Negeri 1 Grogol Kabupaten Kediri. Jurnal Mirai Management, 7(1), 269–282.
Fatimah, T., Sitepu, Y. M. R., Agustina, A., Hasni, M., & Nasution, N. A. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN MENGHAMBAT KINERJA GURU (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan). MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 2(2), 55–65. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v2i2.244
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hoerudin, C. W. (2022). Meningkatkan Kinerja Guru Bahasa Indonesia Dalam Melaksanakan Pelajaran Bahasa Indonesia yang Bermutu. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1(2), 62–72.
Indonesia, P. R. (2005). Peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Lembaran Negara RI Tahun.
Joen, S., Purnamawati, P., & Amiruddin, A. (2022). Kinerja Guru, Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru.
Marphudok, M., Lian, B., & Fitria, H. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMA di Kecamatan Muara Padang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1), 167–178. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5647
Mujahid, M., & Nugraha, P. H. (2020). PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CATATAN SIPIL KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. JURNAL MANAJEMEN & ORGANISASI REVIEW (MANOR), 2(2), 114–121. https://doi.org/10.47354/mjo.v2i2.245
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., & Nurika Dyah Lestariningsih. (2024). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM PENDIDIKAN OLAHRAGA. Insight Mediatama. Retrieved from https://repository.insightmediatama.co.id/books/article/view/21
Mustika, Z., & Syamsuddin, N. (2022). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI BANDA ACEH. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 11(2). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13508
Nurfadilah, I., & Farihah, U. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 105–128. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.70
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Ramadhani, A. N. R. (2024). PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA GURU MELALUI KEPUASAN KERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN PENAJAM PASER UTARA. MAP (Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik), 6(4), 332–342. https://doi.org/10.37504/map.v6i4.573
Risyani, S., Mulyanto, A. I., & Shadiq, T. fajar. (2021). Analisa Pengaruh Kultur Sekolah, Motivasi Ekstrinsik, Komitmen Yang Berdampak Pada Kinerja Guru. JURNAL PEMANDHU, 2(3).
Rozzaqiyah, H., Suryaman, M., Fitriani, R., & Nugraha, B. (2021). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Produktivitas Kerja Pegawai di UKM Tahu Sehat Cikampek. Journal Industrial Servicess, 6(2), 85. https://doi.org/10.36055/62001
Sekaryanti, A., Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Karyawan Divisi Operasional Di TVIP Lenteng Agung Dibawah bimbingan, P. P., & Astuti, T. S. (2023).
Septiawan, B., Masrunik, E., dan Rizal, M. (2020). Motivasi Kerja dan Generasi Z: (Teori dan Penerapan). Blitar: Zaida Digital Publishing.
Sugiyono penulis. (2019). Metode penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) / penulis, Prof. Dr. Sugiyono. Bandung : Alfabeta.
Syarnubi, S. (2019). GURU YANG BERMORAL DALAM KONTEKS SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI, HUKUM DAN AGAMA (Kajian Terhadap UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen). Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 21–40
Trisna, A., & Guridno, E. (2021). Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Saiba Cipta Selaras Kota Jakarta Selatan. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 17(2), 127. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v17i2.1276
Ulifah, M., & Mahfudiyanto. (2021). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kinerja Karyawan Astra Infra Solution Mojokerto. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 3(3), 299–312. https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5489
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional
Undang-undang Republik Indonesia no 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009), hal. 11