Makanan tradisional merupakan warisan budaya yang memiliki nilai sejarah dan sosial yang tinggi. Indonesia memiliki keanekaragaman makanan tradisional yang memperlihatkan kekayaan budaya dan tradisi. Sejak berabad-abad yang lalu, masyarakat Indonesia sudah menciptakan dan mengembangkan pengolahan makanan dari hasil perkembangan budaya lokal. Budaya asing yang masuk ke Indonesia karena dampak globalisasi menyebabkan pengaruh yang luas, salah satunya adalah mudahnya akses terhadap makanan asing, seperti makanan cepat saji. Akibatnya, makanan tradisional semakin ditinggalkan. Edukasi mengenai pentingnya melestarikan makanan tradisional perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menggabungkan game edukasi yang akan menggabungkan konsep edukasi makanan tradisional Indonesia dengan game simulasi restoran. Perancangan game ini dilakukan menggunakan metode Waterfall. Game ini tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan makanan tradisional dari berbagai daerah serta informasi tambahan seperti bahan baku dan cara pembuatan, namun juga mengajarkan keterampilan berbisnis dalam bentuk simulasi pengelolaan restoran.
Skripsi_19200064_Tamia Juwita
Candra, D., & Karnadi, V. (2020). Perancangan Game Edukasi Pengenalan Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Makanan Berbasis Android.
Davis, W. S., & Yen, D. C. (2019). The Information System Consultant’s Handbook: Systems Analysis and Design. CRC Press. https://books.google.co.id/books?id=NeKn7Xe07REC
Ester, R. (2023). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Desktop Pada PAUD Permata. Ilmu Komputer JIK, VI(01).
Faradisha, P. T. D., & Ambara, D. P. (2022). Permainan Puzzle Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Menstimulus Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 153–162. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47136
Harmayani, E., Santoso, U., Gardjito, M., & Press, U. G. M. (2019). Makanan Tradisional Indonesia Seri 1: Kelompok Makanan Fermentasi dan Makanan yang Populer di Masyarakat. Gadjah Mada University Press. https://books.google.co.id/books?id=taGiDwAAQBAJ
Harsana, M., Baiquni, M., Harmayani, E., & Widyaningsih, Y. A. (2018). Potensi Makanan Tradisional Kue Kolombeng Sebagai Daya Tarik Wisata Di Daerah Istimewa Yogyakarta. In HEJ (Home Economics Journal) (Vol. 1, Issue 2).
Henry, S. (2013). Cerdas Dengan Game. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=J5NnDwAAQBAJ
Korn, O., & Lee, N. (2017). Game Dynamics: Best Practices in Procedural and Dynamic Game Content Generation. Springer International Publishing. https://books.google.co.id/books?id=W7-RDgAAQBAJ
Kurniawan, F., Komarudin, A., & Yuniarti, R. (2020). Desain Game Simulasi Pembuatan Makanan Khas Daerah Sumatera Menggunakan Pendekatan Framework Design Play Experience. 4(1), 17–30.
Liem, L. V., Sekarasri, A. L., & Astabrata, C. (2023). Perancangan Game Edukasi Untuk Mengenalkan Kekayaan Rempah-Rempah Indonesia (Vol. 1).
Medrilzam, K. A. Z., & Prasetyo, D. (2020). Perancangan Mobile Game untuk Memperkenalkan Ikon Kuliner Nasional Nusantara.
Meloni, J. C. (2011). Teach Yourself HTML, CSS, and JavaScript All in One. Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=LS3qWhojG2gC
Naik, K., & Tripathy, P. (2011). Software Testing and Quality Assurance: Theory and Practice. Wiley. https://books.google.co.id/books?id=neWaoJKSkvgC
Ngantung, S. E. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Animasi Interaktif Makanan Tradisional Tinutuan.
Paruntu, G. S., Kaunang, S. T. G., & Tulenan, V. (2020). Game Based Education: Shorinji Kempo.
Pressman, R. S. (2010). Software Engineering: A Practitioner’s Approach. McGraw-Hill Education. https://books.google.co.id/books?id=y4k_AQAAIAAJ
Setiadi, T., & Darnis, F. (2023). Implementasi Game RPG Sebagai Media Edukasi Keterampilan Kewirausahaan Berbasis Mobile.
Simon, M. A. (2012). Storyboards: Motion In Art. CRC Press. https://books.google.co.id/books?id=4B3lYkaY7BcC
Wibawanto, W. (2020). Game Edukasi RPG (Role Playing Game). Wandah Wibawanto. https://books.google.co.id/books?id=fofwDwAAQBAJ
Wibowo, A. B., & Nirmala, E. (2022). Perancangan Role Playing Game (RPG) Menggunakan RPG Maker MV. In Scientia Sacra: Jurnal Sains (Vol. 2, Issue 3). http://pijarpemikiran.com/index.php/Scientia