PERANCANGAN ASISTEN VIRTUAL BERBASIS KECERDASAN BUATAN DALAM MEMBANTU PELAYANAN PELANGGAN PADA INFINITE LEARNING INDONESIA

research
  • 23 Oct
  • 2024

PERANCANGAN ASISTEN VIRTUAL BERBASIS KECERDASAN BUATAN DALAM MEMBANTU PELAYANAN PELANGGAN PADA INFINITE LEARNING INDONESIA

Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pelanggan di perusahaan Infinite Learning Indonesia, penulis menganalisis peluang baru untuk mengembangkan pelayanan pelanggan melalui pemanfaatan teknologi terkini, khususnya kecerdasan buatan (AI). Teknologi AI membuka kesempatan untuk meningkatkan layanan pelanggan dengan pengembangan asisten virtual yang cerdas dan responsif.

Asisten virtual berbasis AI mampu memberikan layanan yang personal dan real-time, memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional sambil mempertahankan kualitas layanan. Asisten virtual yang akan dibuat ini merupakan implementasi aplikasi Chatbot, yaitu program komputer yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan dengan manusia melalui teks atau suara.

Chatbot sering digunakan dalam aplikasi layanan pelanggan untuk menjawab pertanyaan, memberikan dukungan, dan menyelesaikan tugas. Selain itu, Chatbot juga dapat digunakan untuk tujuan pemasaran, seperti mengumpulkan prospek dan mempromosikan produk atau layanan. Dalam pembuatan asisten virtual berbasis AI ini, penulis menggunakan platform IBM, seperti Watson Assistant dan Watsonx.

Unduhan

  • cover abdul.pdf

    Cover

    •   diunduh 16x | Ukuran 76 KB

 

REFERENSI

Akmal, N. K., & Dasaprawira, M. N. (2022). RANCANG BANGUN APPLICATION
PROGRAMMING INTERFACE (API) MENGGUNAKAN GAYA ARSITEKTUR
GRAPHQL UNTUK PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENDATAAN
ANGGOTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) STUDI KASUS UKM
STARLABS. http://www.jurnal.umk.ac.id/sitech
Cristianik, E. F., Tanto, D., Putro, A., Manajemen, J., Tinggi, S., Ekonomi, I., Negara,
K., Mastrip, J., 59 Blitar, N., & Abstrak, J. T. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan
terhadap Kepuasan Pelanggan pada Perusahaan Jasa CV Vatfrilla Sukses Jaya
Blitar.
Lestari, S., & Falani, A. (2023). Implementasi Fitur Assistance Virtual Sebagai Media
Pembelajaran Interaktif. Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika Dan
Komputer, 5, 46–54. https://doi.org/10.52005/restikom.v5i1.121
Perdana, R., & Irwansyah, I. (2019). Implementasi Asisten Virtual Dalam Komunikasi
Pelayanan Pelanggan (Studi Kasus Pada Layanan Pelanggan Telkomsel). Jurnal
Komunikasi, 11, 183. https://doi.org/10.24912/jk.v11i2.5491
Pujiono, I., Rachmawanto, E., & Hana, F. (2024a). Pengaruh Asisten Virtual Berbasis
Artificial Intelligence Terhadap Integritas Sertifikasi Kompetensi Pemrograman
secara Online. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 6, 34–46.
https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1052
Pujiono, I., Rachmawanto, E., & Hana, F. (2024b). Pengaruh Asisten Virtual Berbasis
Artificial Intelligence Terhadap Integritas Sertifikasi Kompetensi Pemrograman
secara Online. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 6, 34–46.
https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1052
Sobron, M., Lubis Bidang, Y., Manufaktur, T., Teknik, P., Jurusan, M., Industri, T., &
Kunci, K.-K. (2021). IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA
SYSTEM MANUFAKTUR TERPADU.
Soetiyono, A., Kurnia, Y., & Kurnia, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Chatbot dan
Asisten Virtual terhadap Peningkatkan Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya
terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian. ECo-Buss, 6, 1367–1381.
https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.1169
Yuniar, E., & Purnomo, H. (2019). IMPLEMENTASI CHATBOT “ALITTA”
ASISTEN VIRTUAL DARI BALITTAS SEBAGAI PUSAT INFORMASI DI
BALITTAS. Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 13, 24–35.
https://doi.org/10.35457/antivirus.v13i1.714
48
Class Coginitive. (2023, - -). Cognitive Class - Build a Chatbot in less than an hour
with watsonx! Diambil kembali dari cognitiveclass.ai:
https://cognitiveclass.ai/courses/build-a-chatbot-in-less-than-an-hour-withwatsonx-0dc225d8-eb4d-4bb2-93e4-3a488b60d655
IBM Cloud. (2024). IBM Watson Assistent Virtual Agent. Diambil kembali dari IBM
Watson Assistent Virtual Agent: https://www.ibm.com/products/watsonxassistant#:~:text=IBM%20watsonx%E2%84%A2%20Assistant%20is%20a%
20marketleading%2C%20conversational%20artificial,friction%20of%20traditional%2
0support%20and%20deliver%20exceptional%20experiences
Misischia, C. (2022). Chatbots in customer service: Their relevance and impact on
service quality. Procedia Computer Science, 1