Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Quizizz Sebagai Pendukung Aktivitas Pembelajaran Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

research
  • 23 Oct
  • 2024

Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Quizizz Sebagai Pendukung Aktivitas Pembelajaran Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

Aplikasi Quizizz adalah media pembelajaran berupa media online untuk membuat paparan materi berupa kuis interaktif yang diperkaya dengan animasi dan interaksi yang sangat menarik dan juga mudah digunakan. Namun dalam implementasinya, masih ditemukan beberapa masalah pada aplikasi Quizizz, yaitu siswa mungkin tidak dapat masuk ke aplikasi Quizizz ketika guru memberikan materi atau soal karena keterbatasan jaringan internet, ketika mengerjakan siswa dapat membuka tab baru yang berarti siswa dapat masuk dengan mudah menggunakan perangkat lain untuk mencari jawaban, dan dalam permasalahan waktu siswa yang mulanya bisa mendapatkan peringkat atas memiliki kemungkinan penurunan peringkat yang dikarenakan manajemen waktu yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kepuasan penggunaan aplikasi quizizz sebagai pendukung aktivitas pembelajaran dan menguji variabel apa saja yang dapat mempengaruhi pada kepuasan pengguna aplikasi Quizizz. Metode penelitian mempergunakan metode kuantitatif dengan End User Computing Satisfaction (EUCS). Penelitian menghasilkan terdapat pengaruh Isi, Susunan/Bentuk, seta ketepatan waktu kepada kepuasan pengguna secara parsial. Sedangkan keakuratan serta kemudahan penggunaan tidak memiliki pengaruh. Pengujian simultan menghasilkan bahwa content, accuracy, format, ease of use dan timeliness memiliki pengaruk kepada kepuasan pengguna aplikasi Quizizz sebagai pendukung aktivitas pembelajaran.

Unduhan

 

REFERENSI

Adha, F. L. Y., & Hamzah, M. L. (2021). Analisis Penerimaan Pengguna Dapodik Sekolah Dasar Kecamatan Tampan Menggunakan Model TAM dan EUCS. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 18(2), 196-205.

Agustina, R., & Abdillah, L. A. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bintang Cash & Credit Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS), 3(4), 692-701.

Akbar, B. B. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Surat Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. JPSII Jurnal Pengembangan Sistem Informasi Dan Informatika, 3(1), 24–32.

Amalia, N., HS, D. J. S., & Hapsoro, W. (2021). Analisa Pengaruh Kepuasan PenggunaTerhadap Kualitas Sistem Informasi Akademik dengan Metode EUCS (End User Computing Statisfaction). IC-Tech Journal Of Informatic and Computer Technology, XVI(1), 16–21.

Aminah, S. (2020). Hubungan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X1 Sma Negeri 1 Batanghari Tahun Pelajaran 2016/2017. Institut Agama Islam Negri (IAIN) Metro Lampung.

Ariska, I., & Amelia, R. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Marketplace Shopee dan Lazada Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Bina Darma Conference on Computer Science.

Basuki, Agus Tri, ., & Prawoto, N. (2017). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis : Dilengkapi Aplikasi SPSS & EVIEWS. PT Rajagrafindo Persada.

Bawardi, F. S., & Rachmadi, A. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Driver Ojek Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(8), 7694-7700

Darwati, L., & Fitriyani. (2022). Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Ovo Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs). JUST IT, 12(2), 34 – 42.

Diansyah, R. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Marketplace Tokopedia terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Software Engineering, 2(1), 96-100.

 

Dianty, K. K. (2020). Pengukuran Kepuasan Pengguna K-ATM Perpustakaan Universitas Indonesia Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Sistem Informasi.

Fadillah, M. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Negeri 32 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

Fitriansyah, A., & Harris, I. (2020). Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Query: Journal of Information Systems, 2(1), 1-8.

Generta, A. (2023). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA N 1 Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Ghozali, I. (2018). Ghozali 2018. In Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Mahesa, P. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Skill Academy Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nikhlis, N., & Kurniawan, D. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Quizizz Di Masa Pandemi Menggunakan Teknik Eucs. Jurnal Informatika Dan Teknologi KomputeR, 2(1), 1–8.

Pratiwi Indarti, N. (2022). Analisis Aktivitas Belajar Siswa Pada Masa Pendemi Covid-19 Di MTs Miftahul Islah Tahun 2021/2022. Universitas Islam Negeri Mataram Mataram.

Prinanda, A. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Website Sekolah SD Muhammadiyah 12 Setiabudi Pamulang Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (Studi Kasus:Www.Muhammadiyahpamulang.Org. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Public Access Catalog (OPAC) dengan Metode EUCS (Studi Kasus: Perpustakaan UIN Suska Riau). Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 71-75.

Saputri, N. A. O., & Alvin. (2020). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna pada Portal Program Studi Sistem Informasi Bina Darma Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Journal of Information Systems and Informatics, 2(1), 154–162.

Sari, N. W. (2019). Pengukuran Kepuasan Pengguna Sistem Menggunakan Model End User Computing Satisfaction. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sujarweni, W. (2017). Metodologi Penelitian. In Rake Sarasin.