Dewi Siti Nurizqiah (12210806), “Proyek Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Kota Bandung Berbasis Mobile”.
Dengan adanya teknologi yang semakin canggih serta penggunaan internet yang tentunya menjadi suatu hal yang diperlukan dalam kegiatan manusia terutama sejak terjadinya Covid-19, maka dari itu setiap orang hingga saat ini memakai internet untuk membantu aktivitas yang dilakukan secara online, salah satunya pemanfaatan penggunaan internet dikalangan masyarakat terhadap suatu pengaduan mengenai beberapa permasalahan yang terjadi. Kota Bandung dikenal sebagai Ibu Kota Jawa Barat yang mempunyai simbol khusus dengan adanya pembangunan Gedung Sate sebagai suatu ciri khas yang dapat dilihat dari keindahan serta kemewahannya. Akan tetapi, dibalik keindahan Kota tersebut ternyata Kota Bandung menyimpan banyaknya suatu permasalahan yang tentunya belum bisa diatasi dengan baik oleh pihak pemerintahan setempat. Permasalahan-permasalahan tersebut merupakan permasalahan yang ada didalam kehidupan masyarakat sekitar, adapun beberapa permasalahannya seperti Banjir, Pasar Tumpah, Kurangnya Penerangan Jalan, Geng Motor, dan permasalahan-permasalahan lainnya yang memang belum bisa teratasi dengan baik. Proyek Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis mobile ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan suatu pengaduan mengenai beberapa permasalahan yang terjadi di Kota Bandung tanpa harus mendatangi kantor pihak pemerintahan secara langsung ataupun secara tatap muka, serta sebagai suatu jembatan penghubung antara kalangan masyarakat dengan pihak permerintahan setempat. Aplikasi ini pun dikembangkan menggunakan teknologi berbasis mobile yang memungkinkan pengguna dalam mengaksesnya itu secara mudah melalui smarthphone. Metode pengumpulan data dalam penyusunan Tugas Akhir ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Metode pembangunan design system menggunakan figma, sedangkan untuk bahasa pemrograman menggunakan Kotlin, dan untuk basis data menggunakan Firebase. Penjelasan jalannya program dibuat dalam bentuk flowchart. Program ini dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pengaduan kepada pihak pemerintahan setempat mengenai beberapa permasalahan yang terjadi di Kota Bandung.
Kata Kunci : Mobile, Kotlin, Firebase, Flowchart.
Full_Text
/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/Arafat Febriandirza. (2019). Perancangan Aplikasi Absensi Online Dengan Menggunakan Bahasa
Pemrograman Kotlin. Pseudocode, 6(1), 53–59.
www.ejournal.unib.ac.id/index.php/pseudocode%0APERANCANGAN
Bagus, M., Adi, I., Studi, P., Informasi, S., Kudus, U. M., Experience, U., & Thinking, D. (2024). PERANCANGAN UI / UX PEMINJAMAN DANA DENGAN METODE DESIGN THINKING ( STUDI KASUS : WIFKAIN ). 16(1), 24–33.
Budiyanto, A. (2023). Perancangan Aplikasi Pembukuan Keuangan Warung Sembako Jakarta Timur Berbasis Manajemen Keuangan dengan Android. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 7(1), 90–94. https://doi.org/10.55886/infokom.v7i1.650
Fajri, S., Fujiawati, F. S., & Pertunjukan, P. S. (2021). Perancangan Media Pembelajaran Mobile Apps berbasis Android B ’ TRACE Merangkai Gerak Tari Tradisional. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni (JPKS), 6(1), 86–100. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/11914/7556
Fariyanto, F., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa
Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal
Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 52–60. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Fauzi, J. R. (2020). Algoritma Dan Flowchart Dalam Menyelesaikan Suatu Masalah Disusun Oleh Universitas Janabadra Yogyakarta 2020. Jurnal Teknik Informatika, 20330044, 4–6.
Finamore, P. da S., Kós, R. S., Corrêa, J. C. F., D, Collange Grecco, L. A., De Freitas, T. B., Satie, J., Bagne, E., Oliveira, C. S. C. S., De Souza, D. R., Rezende, F. L., Duarte, N. de A. C. A. C. D. A. C., Grecco, L. A. C. A. C., Oliveira, C. S. C. S., Batista, K. G., Lopes, P. de O. B., Serradilha, S. M., Souza, G. A. F. de, Bella, G.
P., … Dodson, J. (2021). No Titleني ما. Journal of Chemical Information and
Modeling, 53(February), 2021.
https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17 518423.2017.1368728%0Ahttp: //dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%
0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org
Kusumo, A. T., Vito Triantori, & Ishak Komarudin. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Smooth-Tee dengan Metode Waterfall. Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 82–88. https://doi.org/10.51998/jsi.v10i2.422 meidyan permata putri, ebtaria nadeak, malahayati, nurlaili rahmi, arsia rini, diah novita sari, kurniati, herlinda kusmiati, rendy almaheri adhi pratama. (2023). sistem manajemen basis data menggunakan MYSQL. In NBER Working Papers. http://www.nber.org/papers/w16019
Musyaffa, A. I., Mulki Indana Zulfa, & Muhammad Syaiful Alim. (2024). Rancang
Bangun Purecompute Platform E-Commerce Untuk Belanja Laptop Berbasis Website. Jurnal SINTA: Sistem Informasi Dan Teknologi Komputasi, 1(1), 21–
Prayogo, P. (2023). Perancangan Sistem Aplikasi Pengaduan Warga Berbasis Android
Di Kelurahan Cimone. Journal of Innovation And Future Technology (IFTECH), 5(2), 134–143. https://doi.org/10.47080/iftech.v5i2.2946
Pulungan, S. M., Febrianti, R., Lestari, T., Gurning, N., & Fitriana, N. (2023). Analisis
Teknik Entity-Relationship Diagram Dalam Perancangan Database. Jurnal
Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 1(2), 98–102. https://doi.org/10.47233/jemb.v1i2.533
Rully Pramudita, Rita Wahyuni Arifin, Ari Nurul Alfian, Nadya Safitri, & Shilka Dina Anwariya. (2021). Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun Ui/Ux Yang
Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika Stmik Tasikmalaya. Jurnal
Buana Pengabdian, 3(1), 149–154.
https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v3i1.1542
Sahadi, Neti Sunarti, & Endah Puspitasari. (2022). PENGEMBANGAN
ORGANISASI (Tinjauan Umum Pada Semua Organisasi). Moderat : Jurnal
Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(2), 399–412.
https://doi.org/10.25157/moderat.v8i2.2712
Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Nuansa Informatika, 16(1), 33–40.
https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4670
Voutama, A., & Novalia, E. (2021). Perancangan Aplikasi M-Magazine Berbasis Android Sebagai Sarana Mading Sekolah Menengah Atas. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 104. https://doi.org/10.33365/jtk.v15i1.920
Wahyuni, S., Tasril, V., & J. Prayoga, J. P. (2022). Desain Aplikasi Game Edukasi
Pada Siswa Kelas 2 Sd Negeri 024777 Binjai. Warta Dharmawangsa, 16(4), 758– 768. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2431