Muhamad Hendrawan (44200360) Analisis Komunikasi Interpersonal Barista Kepada Konsumen Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Di Coffeeshop Lengkah Kopi.
Dalam dunia bisnis, komunikasi interpersonal termasuk ke dalam faktor penentu kesuksesan atau tidaknya sebuah bisnis yang dijalani. Kemampuan berkomunikasi yang baik memungkinkan individu untuk menyampaikan dan memahami sebuah masalah dengan jelas, serta menemukan solusi yang efektif. Dalam bisnis dibutuhkan penerapan komunikasi yang baik khususnya komunikasi interpersonal, karena dapat membantu dalam mengatasi tantangan dan menyelesaikan konflik secara efektif untuk menjaga produktivitas. Fokus dalam penelitian ini adalah meneliti bagaimana proses penerapan komunikasi interpersonal yang terjalin antara barista dengan pelanggan, serta hambatan apa saja yang terjadi dalam komunikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan pengumpulan data melalui cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Yang selanjutnya akan diolah dan dianalisis dengan cara pengumpulan, reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini yaitu penerapan komunikasi interpersonal antara barista dengan pelanggan menggunakan teori efektivitas yang dikemukakan oleh Joserph A. Dervito dengan menganut 5 unsur, yaitu: 1) keterbukaan, menerapkan sifat terbuka untuk segala informasi yang dibutuhkan konsumen 2) empati, menunjukan kesediaan untuk melayani serta menanggapi segala permasalahan konsumen 3) mendukung, mengerti kondisi lawan bicara 4) sikap positif, menunjukan keramahtamahan dalam melayani 5) kesetaraan, adanya penyetaraan untuk semua konsumen tanpa melihat latar belakangnya. Selain itu juga terdapat hambatan dari segi internal dan eksternal yang mengganggu jalannya proses komunikasi.
Skripsi Muhamad Hendrawan
Alvarizy, A., & Deliana, Y. (2021). Kompetensi Barista Dalam Menyampaikan Experiential Marketing Di Coffee Shop Di Kota Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(2), 1338.
Amoda. (2023). Tren Bisnis Coffee Shop 2024. ERGAPODS.
Ansori. (2020). Bab II Landasan Teoretis. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.
Ardila, Y. (2020). Hubungan Kualitas Layanan Service Sepeda Motor Dengan Loyalitas Pelanggan Di Bengkel Resmi Honda Ahass. Skripsi, Juli, 10–28.
Faniasari, L., & Manafe, L. A. (2022). Komunikasi Interpersonal Karyawan Dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan Employee Interpersonal Communication in Creating. Jurnal Ilmiah Ilmu Sekretari/, 9(2), 74–88.
Febrianti, F., & Beni, S. (2023). Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Kuliner Di Kecamatan Bengkayang. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 11(02), 189–210.
Feny Rita Fiantika et all. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret).
Hasan, K. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi Bentuk Dan Jenis-Jenis Komunikasi. 1–8.
Herawati, A. (2020). Komunikasi Interpersonal Barista dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan. Komunikasi Interpersonal Barista Dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Barista Roketto Coffee Malang), 1–113.
Komunikasi, F., Kreatif, D., & Luhur, U. B. (2023). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN WARDAH DI PARAGONCORP ( Survei pelanggan Wardah yang terhubung ke Qiscus ) SKRIPSI PELANGGAN WARDAH DI PARAGONCORP.
Kopi, L. (2022). No Title. Lengkah Kopi. http://instagram.com/lengkahkopi
Kurnia Priyambada, P., & Junita Triwardhani, I. (2023). Komunikasi Antar Pribadi Barista dengan Konsumen. Bandung Conference Series: Communication Management, 3(1), 1–6.
Laksono, T. A., Oxcygentry, O., & Arindawati, W. A. (2024). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Dalam Menjalin Solidaritas Virtual Melalui Aplikasi Steam Community Grup. 4(2), 370–375.
Maulida, Y. N. (2022). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN PADA Rm. AYAM KQ5 PONDOK …. 8–24.
Pransisko.S, D. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal. Jurnal Manajemen Jasa, 2(2), 99–111.
Primastika, E. A. (2024). Strategi Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Bank BJB KCP Mojokerto. 2(2).
Rasmikayati, E., Afriyanti, S., & Saefudin, B. R. (2020). ( Kasus pada Belike Coffee Shop dan Balad Coffee Works ) PENDAHULUAN Berdasarkan data dari FAO ( 2019 ), Indonesia tercatat sebagai produsen kopi terbesar ketiga di dunia setelah Brazil dan Vietnam . Meskipun demikian , ekspor kopi dari Indonesia diperkir. 1(1), 26–45.
Sembiring, I. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Pelanggan McDonaldâs MT.Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 15(1), 84504.
Silviana, M. K., & Gede, S. D. (2020). Faktor-Faktor Terpenting Yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pengguna Jaringan 4G di Denpasar. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(1), 57–74.
Siti Rohmah. (2021). Teori-teori komunikasi.
Sriana. (2020). Pengaruh Kemudahan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Susu SGM. 1–23.
Veryani, F., & Andarini, S. (2022). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB, 12(2), 2022.
Wicaksono, D. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Suatu Kajian Teoritis). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 504–509.