Kemajuan pengetahuan dan teknologi selama satu abad terakhir memberikan dampak signifikan di kehidupan masyarakat Di usia ini, banyak cara mudah untuk menjadi seorang entertainer atau artis. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti aktivitas pencarian bakat seperti modeling, menyanyi, komedi, atau akting.. Media bukan satu–satunya faktor yang membentuk kebudayaan masyarakat, kehidupan masyarakat yang disajikan melalui media seperti dunia artis dan selebriti.Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, yang menurut Sugiyono merupakan pendekatan pengujian hipotesis yang mengikuti kerangka berpikir positivis. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R. Dalam model ini, pesan yang disampaikan bertujuan untuk mendidik dan menginspirasi komunikan, sehingga mereka dengan cepat memahami pesan yang diterima dan terjadi penyesuaian dalam perilaku.Subjek penelitian ini adalah Karang Taruna Cilodong RT06/RW03.Jumlah populasi karang taruna berjumlah 45 orang tahun 2024, Untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan kuesioner yang diakses melalui layanan Google Docs. Kuesioner ini mencakup 20 pernyataan dengan opsi jawaban pilihan ganda, di mana masing-masing opsi memiliki nilai skor yang berbeda. Data yang didapat lalu diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Dari penelitian ini dapat dijelaskan bahwa minat anggota karangtaruna cilodong terhadap pengaruh program Indonesia Idol kearah positif. Penjelasan dapat dibuktikan dari hasil perhitungan yang dilakukan penulis menggunakan progam SPSS versi 25. Meskipun besarnya pengaruh langsung dari program Indonesia Idol terhadap minat menjadi artis tidak besar (5%), hasil penelitian ini yaitu program tersebut memiliki dampak yang signifikan dalam mempengaruhi minat anggota Karang Taruna Cilodong terhadap karier seni dan musik.
Skripsi
Adib, M, Hasiholan, TP, Adheista, M, & ... (2020). Konvergensi Media Industri Televisi Indonesia Pada Program Acara Indonesian Idol X. … Kajian Komunikasi Dan
…, ejournal.unis.ac.id,
<https://ejournal.unis.ac.id/index.php/DK/article/view/551>
Adib, M., Hasiholan, T. P., Adheista, M., & Iqbal, M. (2020). Konvergensi Media Industri Televisi Indonesia P ada Program Acara Indonesian Idol X. DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 8(1), 1-11.
Ginting, W., & Sebayang, L. R. M. (2020). Korelasi Antara Penayangan Indonesian Idol Season Sepuluh di RCTI Dengan Minat Menonton Masyarakat Di Desa Batukarang. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(2), 183-197.
Hendra, T (2019). Media Massa Dalam Komunikasi Pembangunan. Jurnal At- Taghyir: Jurnal Dakwah Dan …, scholar.archive.org,
Magdalena, E (2020). Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar (Vol.
2).
Purwono, F. H., Ulya, A. U., Purnasari, N., & Juniatmoko, R. (2019). Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method). Guepedia.
Siagian, AO (2019). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Penempatan Produk Terhadap Kesadaran Merek Grab di Acara Indonesian Idol 2018. Jurnal Pemasaran
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung:ALFABETA, cv.
Sukanda, UF, & Abdurahman, AI (2020). Efek Tayangan Video Penjelasan Kasus Corona Terhadap Khayalak (Analisis Deskriptif Kuantitatif Terhadap Efek Video Penjelasan Kasus Corona Di Provinsi …. DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal …, ejournal.unis.ac.id,
Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1-12.
Syahril, R, Hutomo, A, & Priatna, P (2020). PENGARUH TERPAAN PROGRAM INDONESIAN IDOL (RCTI) TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI ARTIS (SURVEY PESERTA AUDISI DI JAKARTA). Akrab Juara: Jurnal Ilmu-
ilmu …, akrabjuara.com,
Triyaningsih, H. (2020). Efek Pemberitaan Media Massa Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Virus Corona (Studi Kasus; Masyarakat di Pamekasan). Meyarsa: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Dakwah, 1(1), 1-13.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.