Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna aplikasi Daya Auto menggunakan algoritma K-Means dan Decision Tree. Kepuasan pengguna merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan aplikasi, sehingga diperlukan metode yang efektif untuk mengukur dan menganalisis tingkat kepuasan tersebut. Algoritma K-Means digunakan untuk mengelompokkan pengguna berdasarkan atribut-atribut kepuasan, sementara algoritma Decision Tree digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Data diperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh 126 pengguna aplikasi Daya Auto dari 100 jumlah sample yang dirumuskan menggunakan rumus slovin. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 2(dua) kelompok utama pengguna dengan tingkat kepuasan yang berbeda-beda. Faktor-faktor seperti kecepatan respon aplikasi, kemudahan penggunaan, dan fitur yang disediakan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan algoritma K-Means dan Decision Tree dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai profil pengguna dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan mereka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pengembang aplikasi dalam meningkatkan kualitas dan kinerja aplikasi Daya Auto sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna dengan lebih baik.
Skripsi
Adab, R. S. S. M. F. S. M. M. S. I. P. (n.d.). IMPLEMENTASI DATA MINING (Clastering, Association, Prediction, Estimation, Classification). Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=LsOqEAAAQBAJ
Al Fahrozi, A., Insani, F., Budianita, E., & Afrianty, I. (2023). Implementasi Algoritma K-Means dalam MenentukanClustering pada Penilaian Kepuasan Pelanggan di BadanPelatihan KesehatanPekanbaru. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(4), 474–492.
Amalia, R. N., Dianingati, R. S., & Annisaa’, E. (2022). Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi. Generics: Journal of Research in Pharmacy, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.14710/genres.v2i1.12271
Aprilio Arifin, A., & Malago, Y. (2023). Penentuan Pola Penjualan Obat Menggunakan Algoritma Apriori. Copyright @BALOK, 2(1), 52–59.
Dinata, R. K., Safwandi, S., Hasdyna, N., & Azizah, N. (2020). Analisis K-Means Clustering pada Data Sepeda Motor. INFORMAL: Informatics Journal, 5(1), 10. https://doi.org/10.19184/isj.v5i1.17071
Fakhri, D. A., Defit, S., & Sumijan. (2021). Optimalisasi Pelayanan Perpustakaan terhadap Minat Baca Menggunakan Metode K-Means Clustering. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 3, 160–166. https://doi.org/10.37034/jidt.v3i3.137
Fatmawati, D., Trisnawati, W., Jumaryadi, Y., & Triyono, G. (2023). Klasifikasi Tingkat Kepuasan Penggunaan Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Decision Tree. 3(6), 1056–1062. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.803
Hamdani, R., Sriani, & Darta, A. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Di Klinik Pratama. Journal of Science and Social Research, 4307(1), 273–280.
Hutagaol, R. H. R., Ardiansyah, B. A. B., Daulay, I. D. I., & ... (2022). Algoritma K-Means dan Decision Tree untuk Prediksi Penerimaan Calon Mahasiswa Pascasarjana pada Universitas Indonesia: K-Means and Decision Tree …. SENTIMAS: Seminar …, 154–161. https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/view/339%0Ahttps://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/download/339/126
Junaidi, S., Beno, I. S., Farkhan, M., Supartha, I. K. D. G., Pasaribu, A. A., Kmurawak, R. M. B., Supiyanto, S., Sroyer, A. M., Reba, F., & Fitriyanto, R. (2024). Buku Ajar Machine Learning. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=ACT2EAAAQBAJ
Malik, R. A., & Firmansyah, W. (2023). Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Bahan Ajar Mata Kuliah PTI Menggunakan Algorithma K-Means Clustering. Jurnal Janitra Informatika Dan Sistem Informasi, 3(2), 49–55. https://doi.org/10.25008/janitra.v3i2.174
Mardiani, E., Rahmansyah, N., Wijaya, Y. F., Fitri, A. A., Mustafa, R., Rizki, M. R., & Pramesti, K. M. (2024). Analisis Kompleksitas Password Dengan Metode KNN, Naïve Bayes, Decision Tree, Ensemble Methods Dan Linear Regression. Digital Transformation Technology, 3(2), 955–966. https://doi.org/10.47709/digitech.v3i2.3513
Mohamad Alparizi Sahadan, Prof. Dr. Ing. Parabelem T. D. Rompas, MT, & Cindy P. C. Munaiseche, ST, M. Eng. (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Algoritma C4.5 Berdasarkan E-Survey Kejaksaan Negeri Minahasa. JOINTER : Journal of Informatics Engineering, 4(01), 1–13. https://doi.org/10.53682/jointer.v4i01.137
Nugraha, P. H., Romdoni, M. Y., & Djutalov, R. (2023). Analisis Penggabungan Data Rumah Sakit Menggunakan Proses Ektrak Transformasi Dan Load Dengan Metode K-Means. Journal of Research and Publication Innovation, 1(4), 1344–1349.
Nur Latifah, Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 42–51. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051
Nurhayati, M.Kom, P. . (2022). PEMODELAN K- MEANS ALGORITMA DAN BIG DATA ANALYSIS (PEMETAAN DATA MUSTAHIQ) (F. D. Ramadhani (ed.); 1st ed.). Pascal Books. https://books.google.co.id/books?id=_bJmEAAAQBAJ
PASKA MARTO HASUGIAN, M. K. O. M., HARVEI DESMON HUTAHAEAN, M. K. O. M., BOSKER SINAGA, M. K. O. M., DRS. SRIADHI, M. P. D. M. K. O. M., & DR. SARONOM SILABAN, M. P. D. (n.d.). TEKNOLOGI BIG DATA UNTUK KLASIFIKASI STATUS DESA BERDASARKAN INDEKS DESA MEMBANGUN (IDM) MELIBATKAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK MENDUKUNG PROGRAM KERJA KEMENDESA PDTT. Cattleya Darmaya Fortuna. https://books.google.co.id/books?id=WTRcEAAAQBAJ
Puji Rahayu, Ika Anikah, Dias Bayu Saputra, Tri Anelia, & Martanto. (2020). Penerapan Data Mining Metode K-Means Clustering Untuk Analisa Penjualan Rotan. KOPERTIP : Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika Dan Komputer, 4(2), 42–50. https://doi.org/10.32485/kopertip.v4i2.118
Rifais, Adam, Laksana, G. (2024). Jurnal Ilmiah Multidisiplin Penerapan Algoritma K-Means Clustering Untuk Mengetahui. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Penerapan Algoritma K-Means Clustering Untuk Mengetahui, 1(2), 157–183. https://doi.org/10.62282/juilmu.v1i2.157-183
Siti, R. (2021). PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF (Pendekatan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif). PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 16(1), 1–13.
Tampanguma, I. K., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Es Miangas Bahu Kota Manado. Productivivty, 3(1), 7–12.
Ulinuha, G., & Novitaningtyas, I. (2021). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Berdasarkan End User Computing Satisfaction. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 1. https://doi.org/10.31002/kalacakra.v2i1.3321
Wibowo, M. dan. (2021). Pengaruh Keamanan, Kemudaha n Penggunaan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Lazada (Studi Kasus Pada Masiswa Fakultas Ekonomi Ust). Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 14(02), 337–345. https://jbbe.lppmbinabangsa.id/index.php/jbbe/article/view/87