IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI DISKOMINFO DEPOK DALAM MENYEBARKAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

research
  • 23 Oct
  • 2024

IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI DISKOMINFO DEPOK DALAM MENYEBARKAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Penelitian ini menganalisis pengimplementasian strategi komunikasi Diskominfo Depok dalam menyebarkan informasi melalui media sosial Instagram. Menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan pihak yang terlibat langsung dalam mengelola media sosial Diskominfo Depok, salah satunya ialah tim dari divisi Bidang Informasi dan Komunikasi Publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Diskominfo Depok berhasil menyebarkan informasi secara baik dan signifikan, ditandai oleh peningkatan penyebutan di media, engagement di media sosial, dan kunjungan ke media sosial resmi. Evaluasi berkala menggunakan metrik seperti jumlah mentions, engagement, traffic dan feedback pengikut menunjukkan peningkatan jumlah pengikut baru dan retensi, membuktikan efektivitas strategi komunikasi yang diterapkan. Disarankan Diskominfo terus memperbarui strategi komunikasi sesuai tren pasar dan feedback audiens, memperkuat kehadiran di media sosial, memperluas jangkauan, serta berinovasi dalam pembuatan konten. Strategi komunikasi yang terstruktur dan terintegrasi, mampu mencapai tujuan utama Diskominfo Depok dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat.

Unduhan

  • Jurnal Reynald.pdf

    Jurnal Reynald Putra Haeroni_44200476

    •   diunduh 1x | Ukuran 106 KB

 

  • Skripsi Reynald FINAL.pdf

    Skripsi Reynald Putra Haeroni_44200476

    •   diunduh 18x | Ukuran 3,526,071

REFERENSI

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara.

Rahmaniar, A. W., & Lestari, M. T. (2019). Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Program Literasi Digital Melalui Media Sosial Instagram Kementerian Komunikasi Dan Informatika Communication Strategy in Socialization of Digital Literation Program Through Instagram Social Media Ministry of Communica. E-Proceeding of Management, 6(1), 1819–1827.

Romli, R., & Romli, N. A. (2020). Implementasi strategi komunikasi “Bandung Juara” sebagai bagian dari city branding Kota Bandung. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(2), 263.

SARASWATI, H. D., & Afifi, S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Di Masa Pandemi Covid-19 (Tourism Marketing Communication Strategy in the Covid-19 Pandemic Period). CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(2), 138–155.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wahyudi, A. A., Widowati, Y. R., & Nugroho, A. A. (2022). Strategi Implementasi Smart City Kota Bandung. Jurnal Good Governance.