GAYA KOMUNIKASI GURU DALAM MENERAPKAN BUDAYA 5S (SALAM, SENYUM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DI BIMBEL GENERASI CENDIKIA

research
  • 23 Oct
  • 2024

GAYA KOMUNIKASI GURU DALAM MENERAPKAN BUDAYA 5S (SALAM, SENYUM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DI BIMBEL GENERASI CENDIKIA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun) di lingkungan bimbingan belajar untuk menciptakan suasana belajar yang positif dan mendukung. Pada bimbel Generasi Cendikia, terdapat beberapa masalah yang menghambat penerapan budaya 5S secara efektif. Banyak siswa yang belum sepenuhnya menyadari pentingnya nilai-nilai budaya 5S, sering kali lupa mengucapkan salam saat masuk kelas, tidak selalu menunjukkan senyum kepada guru dan teman-teman dan cenderung kurang sopan dalam berbicara maupun bertindak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi yang digunakan oleh guru dalam menerapkan budaya 5S dan hambatan yang dihadapi dalam proses tersebut. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tiga informan yang merupakan guru di Bimbel Generasi Cendikia serta observasi langsung di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga informan menerapkan gaya komunikasi asertif yang melibatkan keterbukaan, kejujuran, dan kesopanan dalam menyampaikan pesan, ditunjukkan melalui ekspresi ceria, penggunaan bahasa sederhana. dan kombinasi bahasa verbal serta bahasa tubuh yang bersahabat, namun terdapat hambatan yang dihadapi meliputi kurangnya pemahaman siswa mengenai prinsip budaya 5S dan kurangnya visualisasi seperti poster bergambar, keterbatasan waktu yang tersedia untuk mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai 5S secara mendalam, serta ketidakkonsistenan dalam penerapan nilai-nilai tersebut di rumah atau lingkungan luar bimbel.

Unduhan

  • SKRIPSI_FULL.pdf

    FULL_SKRIPSI

    •   diunduh 17x | Ukuran 3,165 KB

 

REFERENSI

Amrozi Khamidi , Ayu Wulandari, K. A. (2024). Manajemen Keuangan Pendidikan SD Islam Roudhotul Muttaqin Desa Ngares Wetan Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. 4(2), 835–844.

Asilah, A. T., & Sugiyono, H. (2020). Kepastian Hukum Izin Usaha Pertambangan Khusus/IUPK (Studi: IUPK sebagai Kelanjutan Kontrak Karya dan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara dalam UU Minerba). National Conference on Law Studies (NCOLS), 2(1), 552–565.

Bimbel Generasi Cendikia. (2024). 2.

Citra Eka Putri, R. E. H. (2022). ANALISIS FENOMENA PENIPUAN IDENTITAS DIRI (CATFISHING) PADA LITERASI DIGITAL PENGGUNA MEDIA SOSIAL. KOMUNIKATA57: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(2), 67–78.

Fadhilah, N. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Komunikasi Antarpribadi Dosen Pembimbing Dan Mahasiswa Dalam Bimbingan Skripsi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu …, 7(1). http://www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP/article/view/19210

Hamzah, L. O., Sidu, D., & Harmin, S. (2022). Proses Komunikasi Dalam Peningkatan Prestasi Kerja Anggota Polres Kendari. Jurnal Administrasi Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 13(1), 72–81.

Husna, N. A., Santoso, S., & Ismaya, E. A. (2022). Penanaman Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) pada Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 561–567. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.441

Imamatus Sholihah. (2021). Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Di Desa Sukolilo Kecamatan Jabung Malang. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(2), 97–109. https://doi.org/10.51339/ittishol.v2i2.293

Isna Siskawati. (2023). Seminar Pendidikan: Pentingnya Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Membentuk Prestasi Belajar Siswa. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 7159–7168. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i12.5597

Julina, W. (2020). Pola Komunikasi Penyuluh Agama Islam Fungsional Dalam Pembinaan Keagamaan. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 3(2), 144–161. https://doi.org/10.37567/syiar.v3i2.723

Khotimah, D. N. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5S di Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 28–31. https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.2928

Kodir, K. H. A., & Rizkianto, A. (2021). Gaya Komunikasi Dakwah Husein Ja’far Al-Hadar dalam Ceramahnya di Youtube | The Communication Style of Husein Ja’far Al-Hadar’s Da’wah in his Lecture on Youtube. Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 49. https://doi.org/10.31764/jail.v4i2.4317

Kurnianto, B. (2019). Dampak Sosial Ekonomi Masyarakat Akibat Pengembangan Lingkar Wilis Di Kabupaten Tulungagung. Jurnal AGRIBIS, 13(15), 1–31.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Lestari, I. A. (2022). PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN KAPUAS KALIMANTAN TENGAH. 2011, 1–6.

Maharani, N. S., & Haryati, E. S. (2023). Efektivitas Petugas Unit Aviation Security (Avsec) Terhadap Keamanan di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 7–15. https://doi.org/10.57235/jetish.v1i1.27

Malik, A. (2021). Hambatan Komunikasi dalam Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 78–84. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i2.4037

Nasution, E. Y. P., & Veronica, D. (2022). Program Bimbingan Belajar (BIMBEL) Matematika Untuk Siswa SD di Desa Semerap Pada Era Pandemi Covid-19. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.35970/madani.v4i1.771

Peneliti. (2024). 2024.

Pratiwi, B., & Puspito Hapsari, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238

Purnamawati, A. (2022). Fungsi Komunikasi Instrumental Dalam Efektivitas Pendidikan Dan Pelatihan Perkoperasian. Pemikiran Untuk Koperasi Dan UMKM Berkinerja, 47–58.

Safitri, A. F., Pramono, J., & Sugiyarti, S. R. (2023). Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Desa Nambuhan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu …. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/download/9752/5350

Sarnoto, A. Z., & Mahpudin, A. (2019). Pengaruh Gaya Komunikasi Dan Keteladanan Guru Terhadap Disiplin Siswa Dalam Pendidikan Islam. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan …, 8(2), 1–10. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/60

Septyaningrum, A., & Handayani, A. (2022). Cost Leadership Pada Penurunan Pendapatan Saat Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis 1, 1(1), 492–499.

Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Wardani, N. P. K., Yunanto, W. N., Setiawati, O. T., Hidayati, G. N., Amalia, G. R., Dewi, M. K., Priyatmojo, N., & Nugroho, I. (2020). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10774

Sri Ndaru Arthawati, S. A. R. M. (2023). PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI PENERAPAN PENGELOLAAN KAMPUNG KB UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP MASYARAKAT DESA BALE KENCANA KECAMATAN MANCAK. Peran Kepuasan Nasabah Dalam Memediasi Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah, 2(3), 310–324. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12

Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298

Syaroh, M., & Lubis, I. (2020). Komunikasi Antarpribadi Guru Dan Siswa Dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jurnal Network Media, Vol: 3 No.(1), 95–101.

Wandani, A. R., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Kehidupan Bermasyarakat. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 34–39. https://doi.org/10.56393/decive.v1i2.225