ZIDAN ADITYA (19200926), MAULIDIYANA SALSABILA (19200825), SISTEM
INFORMASI IMPLEMENTASI DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS
MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH BERBASIS WEB PADA PT.
RESTU MANDE DI BANDUNG
Perkembangan teknologi membuat persaingan industri semakin ketat khususnya pada industri
ekonomi digital yang berhubungan dengan kebutuhan hidup seperti penjualan makanan dan
minuman. Dalam hal ini pemanfaatan E-Commerce, Marketplace, serta media sosial berperan
penting dalam memperebutkan pangsa pasar yang lebih luas. Dalam pembangunan sistem
market basket analysis, topik ini menggunakan association rule untuk mencari suatu relasi
antara 2 item dalam suatu dataset dengan menggunakan algoritme FP-Growth. Algoritme
frequent pattern growth (FP-Growth) merupakan salah satu algoritme alternatif yang umum
digunakan pada metode asosiasi dan memiliki tujuan untuk menentukan kumpulan data yang
sering muncul (Frequent itemsets). Algoritme frequent pattern growth (FP-Growth)
merupakan salah satu algoritme alternatif yang umum digunakan pada metode asosiasi dan
memiliki tujuan untuk menentukan kumpulan data yang sering muncul (Frequent itemsets).
Pada data transaksi Restu Mande sehingga dapat mengetahui pola penjualan produk yang
sering dibeli secara bersamaan serta membantu strategi penjualan khususnya untuk promo
bundling Restu Mande. Dalam proses pengujian terhadap 50 total data dengan minimum
support 2% dan minimum confidence 7% didapatkan 4 rule dengan nilai pengujian lift ratio
diatas 1.
SISTEM INFORMASI IMPLEMENTASI DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH BERBASIS WEB PADA PT. RESTU MANDE DI BANDUNG
SISTEM INFORMASI IMPLEMENTASI DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH BERBASIS WEB PADA PT. RESTU MANDE DI BANDUNG
SISTEM INFORMASI IMPLEMENTASI DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH BERBASIS WEB PADA PT. RESTU MANDE DI BANDUNG