PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF DETEKSI PENYAKIT DIABETES

research
  • 23 Oct
  • 2024

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF DETEKSI PENYAKIT DIABETES

Diabetes melitus merupakan masalah kesehatan global, khususnya pada kelompok
lanjut usia. Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara pola makan yang buruk,
aktivitas fisik yang terbatas, dan kadar gula darah yang tinggi pada diabetes tipe 2.
Hubungan ini ditemukan oleh peneliti Puskesmas Manggis, sedangkan peneliti
Puskesmas Andalas mengidentifikasi faktor-faktor seperti usia, pendidikan, dan
penatalaksanaan diabetes yang mempengaruhi kualitas hidup pasien. Untuk
mengedukasi masyarakat, dibuatlah animasi interaktif yang menggunakan pertanyaan
untuk menyampaikan informasi rinci tentang diabetes dan metode deteksi risiko.
Animasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran tentang perlunya diagnosis diabetes
sejak dini agar terhindar dari komplikasi. Hasil kuesioner yang positif menunjukkan
bahwa sekitar 83,67% dari 30 responden menilai program ini mudah digunakan,
penjelasannya jelas, dan desain visualnya menarik. Animasi ini juga diperlukan untuk
memenuhi persyaratan akademik di Universitas Informatika Bina Sarana.

Unduhan

 

REFERENSI

Ariyati, S., & Misriati, T. (n.d.). PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN
ASMAUL HUSNA.
Aspilayuli, Suhartatik, & Rusni Mato. (2023). LITERATURE REVIEW : FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI DIABETES MELLITUS GESTASIONAL. JIMPK : Jurnal Ilmiah
Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 3(4).
Bahar Muslimin, D., Kusmanto, D., Femi Amilia, K., Syamsul Ariffin, M., & Mardiana, S.
(2020). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Informasi Akademik
Menggunakan Teknik Equivalence Partitioning. Jurnal Informatika Universitas
Pamulang , 5(1), 19–26. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika
Dr. Hasrul Fikri, M. Pd., & Ade Sri Madona, S. Pd. , M. Pd. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF.
Eva Decroli. (n.d.). Buku Diabetes Melitus (Lengkap).
Fadilla, N., Yunita Sari, I., Arafah, F., & Nur Azmi, N. (2023). Peranan Media Animasi
Interaktif Untuk Mengenalkan Nilai-Nilai Keagamaan Di Sekolah Dasar. Jurnal al
Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah, 3(1), 1–17.
https://doi.org/10.51700/almutaliyah.v3i1.402
Hamidi, K., Jamaluddin, W., Islam Negeri Raden Intan Lampung, U., Endro Suratmin, J.,
& Bandar Lampung, K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab
Berbasis Video Animasi Interaktif untuk Siswa Madrasah Aliyah. Journal on
Education, 05(02), 5289–5296.
Nenden Mutiara sari, Poppy Yaniawati, Eka Firmansyah, Melinda Putri Mubarika, Nurani
Assegaff, & Nurul Septiyani. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN STORYBOARD DAN
GAMES INTERAKTIF UNTUK GURU DAN MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN
MATEMATIKA. Jurnal Pengabdian Masyaraka, 19((1)), 153–166.
Pramudya, R. I., Nur Hutama, S., Laksono, A. D., Budiarti, R., Rahayu, D., Suryani, A. A.,
& Aldo, D. (2022). SISTEM INFORMASI PENYAKIT KUCING BERBASIS MULTIMEDIA
INTERAKTIF. In Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) (Issue 5).
Pratala, C. T., Asyer, E. M., Prayudi, I., & Saifudin, A. (2020). Pengujian White Box pada
Aplikasi Cash Flow Berbasis Android Menggunakan Teknik Basis Path. Jurnal
Informatika
Universitas
Pamulang,
5(2),
111.
https://doi.org/10.32493/informatika.v5i2.4713
Rahmatullah, N. A., & Rosiyanti, H. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
ADOBE ANIMATE PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA PASCA PANDEMI. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan
Matematika, 9(2), 243. https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.243-251

Rangkuti, A., Prodi, M., Matematika, P., Utara, S., & Yahfizham, Y. (2023). Pengenalan
Algoritma Pemrograman Dasar Dalam Konteks Pembelajaran Pemrograman Awal.
Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(4), 2987–5315.
https://doi.org/10.59581/konstanta.v1i4.1714
Rosmiati, M., & Ali Farabi, N. (2023). Pengembangan Animasi Interaktif sebagai Media
Pembelajaran Kebudayaan Indonesia dengan Model ADDIE. In Pengembangan
Animasi Interaktif sebagai Media Pembelajaran Kebudayaan Indonesia dengan
Model ADDIE JURNAL MULTINETICS (Vol. 9, Issue 1).
Syifa, D., & Martiwi, K. S. (n.d.). PEMBUATAN VIDEO ANIMASI INFOGRAFIS EDUKATIF
MENGENAI GEJALA COVID-19 VARIAN OMICRON.