Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dalam mensosialisasikan program digitalisasi penyeberangan melalui aplikasi Ferizy. Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat besar, dari Sabang sampai Merauke dan angkutan laut juga termasuk sebagai alat transportasi untuk menyeberangantar pulau. Industri penyeberangan di Indonesia telah mengalami beberapa perubahan dan upaya untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi operasionalnya. Dalam era digital saat ini, tentu kita bisa melihat sungguh pesatnya kemajuan teknologi. Dan dengan penelitian ini, peneliti mempunyai tujuan untuk mengetahui strategi komunikasi apa yang digunakan dan mengevaluasi efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ASDP menggunakan berbagai media seperti media sosial, aplikasi mobile, media massa, kampanye media sosial, publikasi di media massa, kerjasama dengan influencer, dan iklan digital. Evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah pengguna aplikasi Ferizy dan pengurangan antrian di pelabuhan, yang mengindikasikan keberhasilan strategi komunikasi ini.
Fitria Alayida, N., Aisyah, T., Deliana, R., & Diva, K. (n.d.). PENGARUH DIGITALISASI DI ERA 4.0 TERHADAP PARA TENAGA KERJA DI BIDANG LOGISTIK.
Kangean, S., Rusdi, F., Analisis., Komunikasi, S., Shopee, P., & Persaingan, D. (n.d.). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee dalam Persaingan E Commerce di Indonesia.
Kurniawati, U. F., Handayeni, K. D. M. E., Nurlaela, S., Idajati, H., Firmansyah, F., Pratomoadmojo, N. A., & Septriadi, R. S. (2020). Pengolahan Data Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) Untuk Kebutuhan Penyusunan Profil di Kecamatan Sukolilo. In Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat-DRPM ITS (Vol. 4, Issue 3).
Rachmawati, I. N. (n.d.). PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN KUALITATIF: WAWANCARA.
Septian Riasanti Mola, M., Iswardani Witarti, D., Studi Magister Ilmu Komunikasi, P., & Ilmu Komunikasi, F. (2020). Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Pengembangan Pariwisata Ende Studi Kasus: Festival Danau Kelimutu (Vol. 11, Issue 1).
GAN GIANTIKA Penyiaran AKOM Bina Sarana Informatika Jl Kayu Jati No, G. v, & Timur, J. (n.d.). STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PERATURAN GUBERNUR NOMOR 141 TAHUN 2016 TENTANG KARTU JAKARTA PINTAR. In Jurnal Komunikasi (Vol. 1).
Karyaningsih, P. D. (2018). Ilmu Komunikasi. Bantul: Samudra Biru.
Yeyen Rostiyani, P. Z. (2023). ELEVATING CIVILIZATION TO THE NEXT LEVEL.
Jakarta: Kompas.