Kurangnya pemahaman di antara siswa tentang konten terkait komputer disebabkan oleh antarmuka sistem pembelajaran yang relatif baru, yang membuat pembelajaran sulit bagi siswa. Alat bantu pengajaran yang dirancang dengan baik yang menampilkan bahan pengajaran dalam format audiovisual akan memberikan siswa dengan pemahaman yang lebih baik tentang jaringan komputer yang akan mereka pelajari. Permainan dan kuis interaktif dapat membantu siswa mempelajari tentang jaringan komputer, termasuk komunikasi data, transmisi data, transfer media, dan jenis jaringan berdasarkan area dan tipe komponen. Quiz ini dirancang untuk membantu siswa meningkatkan pemahaman mereka tentang jaringan komputer. Tebak Gambar Permainan ini dirancang untuk meningkatkan kinerja siswa dalam menyelesaikan tugas dalam waktu 20 detik. Untuk membuat animasi lebih mudah diakses, itu dapat dikembangkan dalam versi mobile sehingga siswa kelas X dapat mengaksesnya lebih mudah.
Kata kunci : Animasi Interaktif, Jaringan Komputer, Kuis, Tebak Gambar
Aini, N., Wicaksono, S. A., & Arwani, I. (2019). Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) (Studi pada : SMK Negeri 11 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(9), 8647–8655. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6236
Bhayu, I. N., Putra, K., Az-zahra, H. M., & Herlambang, A. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Jaringan dan Komputer Dasar untuk Kelas X di SMK Negeri 8 Malang menggunakan Metode APPED. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(7), 6602–6607.
Dermawan, D. A., Mashuri, C., Permadi, G. S., Gunawan, D. A., & Widiasih, D. (2022). Membuat Game Berbasis Website Menggunakan Bahasa Javascript dan PHP. www.rcipress.rcipublisher.org
Galih Pradana, A., & Nita, S. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi “AMUDRA” Alat Musik Daerah Berbasis Android. Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2019, 2(1), 49–53.
Gunawan, T., Pranayama, A., & Sutanto, R. P. (2020). Perancangan Animasi Dengan Motion Capture Sebagai Sarana Edukasi Covid-19. Jurnal DKV, 2(17), 1–9. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/10902/9695
Hermanses, J. F., Rumbayan, M., & Sugiarso, B. A. (2020). Animasi Interaktif Pembelajaran Energi Listrik Turbin Angin. Teknik Elektro Dan Komputer Universitas Sam Ratulangi Manado, 9(3), 171–172.
Junaedi, muhamad rusdi, & Arifin, rita wahyuni. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Topologi Jaringan Komputer Pada Kelas X Smk Taman Harapan 1 Bekasi. Teknik Informatika, 4(1), 11. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1159bj
Kendall, K. E., & Kendall, J. E. (2011). Systems Analysis and Design. Pearson Prentice Hall. https://books.google.co.id/books?id=4S2EQAAACAAJ
Kholil, M., & Akhsani, R. (2020). Teknik Animasi 2 Dimensi. Klik Media. https://books.google.co.id/books?id=iWqkEAAAQBAJ
Kusumawardani, D. M., Astiti, S., Fathoni, M. Y., Sunardi, D., Fernandez, S., & Juansa, A. (2023). WEB DASAR Menggunakan HTML, CSS, JS, PHP dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=o8a1EAAAQBAJ
Londjo, M. F. (2021). Implementasi White Box Testing Dengan Teknik Basis Path Pada Pengujian Form Login. Jurnal Siliwaangi, 7(2), 35–40.
Nugroho Nurcahyono, S. T. M. E. (2021). Teknik Animasi 2D dan 3D SMK/MAK Kelas XI. Gramedia Widiasarana indonesia. https://books.google.co.id/books?id=iN8TEAAAQBAJ
Soleh, M. R., Nurajizah, S., & Muryani, S. (2019). Perancangan Animasi Interaktif Prosedur Merawat Peralatan Multimedia pada Jurusan Multimedia SMK BPS&K II Bekasi. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 9(2), 138–150. https://doi.org/10.34010/jati.v9i2.1899
Wulandari, E., Annidya Putri, I., & Napizah, Y. (2022). Multimedia Interaktif sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.22834
Yadi, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Jaringan Komputer Materi Intranet. Jurnal Ilmiah Betrik, 10(03), 131–136. https://doi.org/10.36050/betrik.v10i03.57
Yulianti, A., & Ekohariani. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(1), 527–533. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38272
Yusa, I. M. M., Sepriano, S., Anggraeni, D. P., Ruslan, A., Saputro, A. D., Dewi, E. N. F., Darwin, D., Efitra, E., & Safitri, N. (2024). Buku Ajar Multimedia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=Rtj7EAAAQBAJ