skripsi

research
  • 23 Oct
  • 2024

skripsi

Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan WhatsApp sebagai media komunikasi dalam layanan pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk program bantuan sosial di Kecamatan Babelan. Pentingnya layanan ini dikarenakan banyak warga yang membutuhkan SKTM sebagai persyaratan utama untuk memperoleh bantuan sosial dari pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan staf pelayanan publik di Kecamatan Babelan serta observasi langsung di lapangan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp dalam layanan SKTM memberikan berbagai manfaat, seperti mempermudah komunikasi antara petugas dan masyarakat, mempercepat proses pelayanan, dan meningkatkan transparansi serta akuntabilitas dalam pelayanan publik. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan akses internet bagi beberapa masyarakat dan kurangnya pemahaman tentang teknologi ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi lembaga pemerintah dalam memanfaatkan teknologi komunikasi untuk meningkatkan kualitas layanan publik. Temuan penelitian ini juga dapat menjadi dasar untuk pengembangan kebijakan yang lebih efektif dalam layanan publik berbasis teknologi.

Unduhan

 

REFERENSI

(n.d.).

Angela. (2023). https://www.google.co.id/books/edition/Urgensi_Komunikasi_Dalam_Ilmu_Sosial/7yyoEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0.

Arbi. (2021). komunikasi.

Area, A. L. (2023, 11 30).

https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/20896/1/198520035%20-%20Mulia%20Siregar%20Fulltext.pdf. (n.d.).

Mulia. (2023). Retrieved from https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/20896/1/198520035%20-%20Mulia%20Siregar%20Fulltext.pdf.

Mustanir. (2023). https://www.google.co.id/books/edition/PELAYANAN_PUBLIK/FpCFEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+pelayanan+publik&printsec=frontcover.

Sakti. (2021). https://www.google.co.id/books/edition/Urgensi_Komunikasi_Dalam_Ilmu_Sosial/7yyoEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0.

 

 

 

 

Hamandia, M. R. (2020). Kemampuan Komunikasi Interpersonal Dosen Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Publisitas, 6(2), 113–123. http://ejurnal.stisipolcandradimuka.ac.id/index.php/JurnalPublisitas/article/download/30/13

Interpersonal, K., Posyandu, K., Tumpatan, D., Beringin, K., & Deli, K. (2024). ORANG TUA ( Studi Kasus Komunikasi Interpersonal Kader Posyandu Dan Orang Tua Di SKRIPSI OLEH : DHEA ARWINDA EFFENDY FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MEDAN AREA MEDAN ( Studi Kasus Komunikasi Interpersonal Kader Posyandu Dan Orang Tua Di .

Hasil, S. (2023). ANALISIS KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA SENTRA PELAYANAN KEPOLISIAN TERPADU ( SPKT ) DALAM PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT. Hasil, S. (2023). ANALISIS KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA SENTRA PELAYANAN KEPOLISIAN TERPADU ( SPKT ) DALAM PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT

Astuti, W. (2023). Analisis Perubahan gaya Kepemimpinan Atas Motivasi Kerja Karyawan di Klinik Miracle. Skripsi STIE Indonesia, 16–22. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Bunga Sari, A., Nurcahyanto, H., Lestari, H., & Soedarto, J. H. (2023). KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBUATAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (SKTM) PADA PROGRAM BANTUAN SOSIAL (BANSOS) Oleh. Journal Of Public Policy And Management Review, 1–17. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/43599

Chania, M. (2023). Personal Branding Vina Muliana Melalui Media Sosial Tiktok. 59–60.

Guruh Patonah Saninur Anisa Wati. (2023). Komunikasi Interpersonal Pasangan Suami Istri dalam Mengatasi Rumah Tangga Toxic Relationship (Studi Kasus Desa Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Utara. http://repository.petra.ac.id/4241/

Hamandia, M. R. (2020). Kemampuan Komunikasi Interpersonal Dosen Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Publisitas, 6(2), 113–123. http://ejurnal.stisipolcandradimuka.ac.id/index.php/JurnalPublisitas/article/download/30/13

Hermawati, I., & Winarno, E. (2020). Persepsi Keluarga Penerima Manfaat Tentang Program Pengentasan Kemiskinan Di Indonesia. Sosio Konsepsia, 9(3), 257–270. https://doi.org/10.33007/ska.v9i3.1982

Nuraini, D., Aisy, R., Nurhadi, B., & Muhaemin, R. (n.d.). Pelaksanaan Program Bantuan Sosial Bahan Pokok Bagi Warga Masyarakat Lanjut Usia Desa Malasari Kecamatan Cimaung Povinsi Jawa Barat. 1–12.

Renzina, Y. D., & Haekal Ridho Afandi. (2022). Penggunaan New Media Dalam Pameran Virtual Website  a Mild “a Space.” Prosiding SNADES 2022 – Desain Kolaborasi Interdisipliner Di Era Digital , 114–119. https://repository.upnjatim.ac.id/9978/1/15_YUDHA DELONIX RENZINA %28REVISI FP%29 %28114-119%29.pdf

Toyyibul Fikri, A., & Wulan Sekarsari, R. (2023). EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN SOSIAL DALAM MENEKAN ANGKA PENGEMIS DI KOTA MALANG (Studi Kasus di Dinas Sosial Kota Malang). 17(9), 11–21.