Cover Tugas Akhir Dengan Judul : Strategi Dalam Meningkatkan Kinerja Bellboy di The Alana Malioboro Hotel And Converence

research
  • 23 Oct
  • 2024

Cover Tugas Akhir Dengan Judul : Strategi Dalam Meningkatkan Kinerja Bellboy di The Alana Malioboro Hotel And Converence

Bellboy merupakan salah satu bagian dari kantor depan di sebuah hotel, dan memiliki peran penting, karena yang akan ditemui tamu pertama kali ketika datang di hotel. Dalam pelayanan tamu seorang bellboy harus menerapkan Standar Operasional Prosedur yang ada, tetapi masih ada beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi bellboy tidak melaksanakan tugas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur, dalam menjalankan tugasnya bellboy juga memiliki alasan untuk melanggar Standar Operasional Prosedur. Mengenai masalah bellboy tersebut manajemen The Alana Malioboro memberikan cara untuk meningkatkan kinerja bellboy untuk menghindari komplain dari tamu dan hal-hal yang tidak diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi bellboy tidak menerapkan Standar Operasional Prosedur, Alasan bellboy tidak menerapkan Standar Operasional Prosedur, dan mengetahui strategi manajemen dalam meningkatkan kinerja bellboy dalam menerapkan Standar Operasional Prosedur di The Alana Malioboro Hotel And Converence. Penulisan Tugas Akhir ini, menggunakan metode deskripif kualitatif yang mencakup permasalahan atas dasar fakta yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran bellboy yaitu sebagai penghubung antara tamu dan hotel. Dalam melaksanakan tugas bellboy memiliki faktor-faktor yang mempengaruhi Bellboy tidak melaksakan Standar Operasional Prosedur, Standar Operasional Prosedur yang dilanggar, dan strategi manajemen dalam meningkatkan kinerja bellboy di The Alana Malioboro and Converence.

Unduhan

 

REFERENSI

Noviastuti, N., &Cahyadi, D. A. (2020). PERAN RESERVASI DALAMMENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP TAMU DI HOTEL

NOVOTEL LAMPUNG. Jurnal Nusantara, 3(1), 31–37. https://www.jurnal.akparda.ac.id/index.php/jurnalnusantara/article/download/32/22

Yohan, V. F. (2021, August 31). Mengenal Section di Front Office Secara Singkat Kompasiana.com.KOMPASIANA. https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/valenciafebriani

yohan6264/612e624631a2874e5008d303/mengenal-section-di-front-office-secara-singkat

F, M. R. (2023b, February 27). Mengenal Front Office, Pengertian, Tugas, dan Struktur Organisasinya. Narasi Tv. https://narasi.tv/read/narasi- daily/front-office-adalah

Nusadaya Academy. (2023). Ini Rahasia Mengungkap Tugas Dan Tanggung Jawab Hebat Seorang Front Office Di Industri Perhotelan! Anda WajibTahu!https://nusadayaacademy.com/ini-rahasia-mengungkap-tugas-dan tanggung-jawab-hebat-seorang-front-office-di-industri-perhotelan-anda-wajib-tahu/

Adriatik. (2024, March 4). Front Office organizational chart in 5-Star hotels.Hotels And Hoteliers. https://hotelsandhoteliers.com/front-office-organizational-chart-5-star/

I Ketut Suardana, & Muhamad Fauzan Sulistya. (2024). Strategi Pelayanan Prima Dalam Peningkatan Kualitas Dan Produktivitas Kinerja Bellboy Di Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta. JURNAL NUSANTARA, 7(1), 44–52.Retrieved fromh ttps://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/85

pratiwi.Tasyaramadhita (2018). PERENCANAAN KONSEP PAKET WISATA “CIMAHI GET HERITAGE” DI KOTA CIMAHI. https://repository.upi.edu/69172/4/S_MRL_1204338_Chapter3.pdf

Doni, Sapitra& D.I Ansusa Putra & Muhsin Ruslan. (2022). MANAJEMEN MUHADHARAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SANTRI DALAM BERDAKWAH DI PONDOK PESANTREN MODERN A- HIDAYAH KOTA JAMBI, 1(1).

Insani, Y. D., &Setiyariski, R. (2020). Meningkatkan Kualitas Pelayanan FrontOffice Department Melalui Tugas dan Tanggung Jawab Concierge Pada Hotel Savoy Homann. Jurnal Kajian Pariwisata, 2(1).50

Rizeki, D. N. (n.d.). Dokumentasi adalah: Pengertian, jenis-jenis, dancontohnya. Majoo. https://majoo.id/solusi/detail/dokumentasi-adalah

Maulina, L. (2023). Revitalisasi Industri Perhotelan Dengan Inovasi Teknologi: Meningkatkan Keunggulan Bersaing dan Pengalaman Pelanggan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, &Akuntansi (MEA), 7(1), 504-519