PERANCANGAN SISTEM APLIKASI WARTA DIGITAL MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER BERBASIS ANDROID PADA GPIB TUGU JAKARTA UTARA

research
  • 23 Oct
  • 2024

PERANCANGAN SISTEM APLIKASI WARTA DIGITAL MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER BERBASIS ANDROID PADA GPIB TUGU JAKARTA UTARA

Sistem operasi Android, yang dikembangkan oleh Google memungkinkan perubahan perilaku manusia dari aktivitas fisik menjadi aktivitas digital yang terhubung dengan internet. Integrasi teknologi dalam operasional gereja memperbaiki cara informasi disampaikan dan memperkuat hubungan antara gereja dan jemaatnya. GPIB Tugu, yang berlokasi di Semper, Jakarta Utara, memanfaatkan teknologi ini untuk tetap relevan di era digital. Peneliti menggunakan metode Object Oriented Programming (OOP) dengan bahasa pemrograman Dart dan framework Flutter dari Google untuk membuat aplikasi "Warta Digital". Firebase digunakan sebagai platform penyimpanan data real-time.

Penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, serta analisis jurnal dan buku terkait. Hasilnya adalah aplikasi Android "Warta Digital" untuk jemaat dan pengurus GPIB Tugu, yang menyediakan fitur melihat warta jemaat, jadwal ibadah, dan info gereja, serta fitur login dan pengelolaan konten bagi admin. Aplikasi ini berdampak positif dengan memastikan informasi gereja dapat diterima kapanpun dan dimanapun, sehingga jemaat tidak ketinggalan informasi.

Unduhan

 

  • SKRIPSI FIX.pdf

    File Skripsi Full

    •   diunduh 29x | Ukuran 13,044,112

REFERENSI

Armando Mapaly, H., Reynaldo Joshua, S., & Paulus Lengkong, S. (2022). Digital Congregation News Android-Based in The Christian Evangelical Church in Minahasa. Journal of Engineering, Electrical and Informatics, 3(1).

Axel, R. D., Najoan, X., & Sugiarso, B. A. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Android Untuk Informasi Kegiatan dan Pelayanan Gereja.

Deo Lukow, E. (2022). Sistem Informasi Administrasi Gereja Paroki St. Stephanus Jumapolo Berbasis Android. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika

Iskandar, R. J., Gultom, M., & Ardila, I. N. (n.d.). PENERAPAN APLIKASI JADWAL INFORMASI GEREJA BEST BERBASIS ANDROID. In Jurnal InTekSis (Vol. 9).

Lara Royani, I., Fiodinggo Tanaem, P., & Hosanna Bangkalang, D. (2022). MODEL SCRUM UNTUK PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEREJA BERBASIS MOBILE PADA GEREJA TORAJA JEMAAT TARONDON. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) (Vol. 6, Issue 1).

Prasetio, F. B., & Wellem, T. (2022). Perancangan dan Implementasi Aplikasi Android untuk Layanan Informasi Pariwisata.

Pratama, T. (2021). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI WARTA JEMAAT BERBASIS ANDROID PADA BPH GKE SINAR KASIH.

Rachmatullah, R., Sumboro, B., & Setianingsih, F. W. (2021). Sistem Informasi Administrasi Gereja Paroki St. Stephanus Jumapolo Berbasis Android. Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB, 27(1), 50. https://doi.org/10.36309/goi.v27i1.144

Sutariyani, D. W. H. T. G. N. E. (2022). Aplikasi Gereja Berbasis Android pada Gereja Kristen Jawa Jebres. Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB, 28(1), 1–8.

Tasruddin, R. (2020). MEDIA KONVENSIONAL YANG TERBARUKAN (Issue 2).

Toinjaas, M. K., Kelen, Y., Risald, R., & Gelu, L. P. (2023). Aplikasi Pelayanan Pembuatan Berkas Persyaratan Nikah Di Gereja St. Nicolas Bijaepasu Berbasis Android. Digital Transformation Technology, 3(2), 814–823. https://doi.org/10.47709/digitech.v3i2.2869

Abdussamad, H. Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (1st ed.). Syakir Media Press.

Adjei, A. T. (2023). The  Software  Development  Life  Cycle:  A  Complete  Guide (1st ed.). Adjei, Albert Tetteh.

Bagui, S. S., & Earp, R. W. (2023). Database Design Using Entity-Relationship Diagrams (3rd ed.). CRC Press.

Boardman, J., & Sauser, B. (2008). Systems Thinking Coping with 21st Century Problems (1st ed.). CRC PRESS.

Budiman, E. (2019). Mobile Programming For Student (1st ed.). Mulawarman University Press.

Del Sole, A. (2021). Visual Studio Code Distilled (2nd ed.). Apress. https://doi.org/10.1007/978-1-4842-6901-5

Guo, L. (2022). The First Line of Code (1st ed.). Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-19-1800-1

Haase, C. (2021). Androids (1st ed.).

Hussein, F., & Hussein, K. (2024). Mastering Firebase: The Complete Guide to Building and Scaling Apps (1st ed.). Sonar Publishing.

Katz, M., Moore, K. D., Guzzi, V., & Ngo, V. (2021). Flutter Apprentice (2nd ed.). Razeware LLC.

Marciano, K., Gardner, B., Stewart, C., & Sills, B. (2022). Android Programming: The Big Nerd Ranch Guide (Big Nerd Ranch Guides) (5th ed.). Big Nerd Ranch, LLC.

Pagel, L. (2023). Information is Energy. Springer Fachmedien Wiesbaden. https://doi.org/10.1007/978-3-658-40862-6

Pahl, G., Beltz, W., Feldhusen, J., & Grote, K. H. (2007). Engineering Design A Systematic Approach (3rd ed.). Springer.

Sade, J., & Galloway, M. (2021). Dart Apprentice (1st ed.). Razeware LLC.

Sel, T. (2021). Dart Programming Basics: For Absolute Beginners (1st ed.).

Singh, K. P. (2022). System Design (1st ed.).

Smyth, N. (2023). Android Studio Giraffe Essentials – Kotlin Edition (1st ed.). Payload Media, Inc. .

Sundaramoorthy, S. (2022). UML Diagramming A Case Study Approach (1st ed.). CRC Press.

Uzayr, S. bin. (2022). Mastering Android Studio : A Beginners Guide (S. bin Uzayr, Ed.; 1st ed.). CRC Press.

Wijaya, A., Maspupah, A., & Remawati, D. (2023). Sistem Basis Data (1st ed.). PT Penamuda Media.