PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA THE PEOPLE’S CAFÉ JAKARTA

research
  • 23 Oct
  • 2024

PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA THE PEOPLE’S CAFÉ JAKARTA

Industri food and beverage merupakan salah satudeter sektor yang memberikan kontribusi terbesar terhadap PDB industri dibandingkan dengan subsektor lainnya. Pencapaian kinerjanya selama ini konsisten positif, mulai dari perannya dalam meningkatkan produktivitas, investasi, ekspor hingga penyerapan tenaga kerja. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa pengaruh dari pemasaran digital dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada The People’s Cafe. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik penentuan sampel, yaitu sampling purposive. Data ini dikumpulkan dengan menyebar kuesioner kepada 109 responden yang telah melakukan pembelian atau mendatangi The People’s Cafe karena melihat ulasan online. Teknik analisa data yang digunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan
hasil penelitian ini diperoleh bahwa secara bersama-sama variabel Pemasaran Digital dan Electronic Word Of Mouth berpengaruh Keputusan Pembelian. Dari hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,501 atau 50,1% sisanya 49,9%, dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dilakukan sebaiknya manajemen toko bisa meningkatkan kualitas dan relevansi konten pemasran digital untuk lebih melibatkan audiens target dan meningkatkan kesadaran merek.
Kata Kunci : Pemasaran Digital, Electronic Word Of Mouth dan Keputusan Pembelian

Unduhan

 

REFERENSI

Ananda, B. P.,Syofian, S., & Markoni, M. (2023). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online (Maxim Kota Bengkulu). Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 370-380.

Anastasiei, B., Dospinescu, N., & Dospinescu, O. (2021). Understanding the adoption of incentivized word-of-mouth in the online environment. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 16(4), 992-1007.

Anjani, S., & Irwansyah, I. (2020). Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram [the Role of Social Media Influencers in Communicating Messages Using Instagram]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203-229.

Astuti, R., & Hakim, MA (2021). Pengaruh Label Halal dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 212 Mart di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 1–10.

Chaffey, D., & Smith, P. R. (2022). Digital marketing excellence: planning, optimizing and integrating online marketing. Routledge.

Chaffey, Dave. (2015). Digital Business and E Commerce Management, 6th. Edition.

          UK: Pearson Education.

Duh, H. I. (2021). Cosmetics interest and behaviour generated from social media advertising and e-WOM among female millennials. International Journal of Internet Marketing and Advertising, 15(5-6), 453-476.

Ermeç, A. (2022). How effective are social media influencers' recommendations? The effect of message source on purchasing intention and e-word of mouth (WOM) from a para-social interaction perspective. İşletme Araştırmaları Dergisi, 14(1), 1077-1095.

Hai Ming, L., Gang, L., Hua, H., & Waqas, M. (2022). Modeling the influencing factors of electronic word-of-mouth about CSR on social networking sites. Environmental Science and Pollution Research, 29(44), 66204-66221.

Kotler, P. and Keller, Kevin L. 2016: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 5). Erlangga. Kotler, P., & Armstrong, G (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. London: Pearson Education.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Mayreri, A. N., & Milanyani, H. (2022). The Influence Of e-WOM On Tiktok Towards Information Adoption, Information Usefulness And Purchase Intention (A Study Case Of Wardah Beauty). eProceedings of Management, 9(6).

Pour, M. J., & Lotfiyan, Z. (2020). A new framework of electronic word-of-mouth in social networking sites: the system-based approach. International Journal of Internet Marketing and Advertising, 14(1), 48-70.

Rahmaningsih, D., & Sari, D. (2022). YUME :Journal of Management Pengaruh E-

WoM diSosial Media Tiktok terhadap PembelianImpulsif Produk Kosmetik di Indonesia.YUME : Journal of Management, 5(2), 371–378. https://doi.org/10.2568/yum.v5i2.2429

Segev, S., & Fernandes, J. (2023). The anatomy of viral advertising: A content analysis of viral advertising from the elaboration likelihood model perspective. Journal of Promotion Management, 29(1), 125-154.

Shu-Chuan, C., & Yoojung, K. (2011). Determinants of Consumer Engagement in Electronic Word-of-Mouth (eWOM) in Social Networking Sites. International Journal of Advertising, 30(1), 47-75

Sinulingga, A. A., & Tarigan, R. S. B. Sihotang, D. O., (2023). The Strategies of Catholic Religious Teachers in Enhancing the Learning Interest of

Fifth Grade Students in Elementary School. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 141-150.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Thavorn, J., Trichob, P., Klongthong, W., & Ngamkroeckjoti, C. (2022). Effect of mid-roll video advertising value and perceived intrusiveness on Facebook viewers’ response: the mediating roles of attitude and word-of-mouth intention. Cogent Business & Management, 9(1), 2062091.

Verma, S., & Yadav, N. (2021). Past, present, and future of electronic word of mouth (EWOM). Journal of Interactive Marketing, 53(1), 111-128.

Weimann, G., & Masri, N. (2021). TikTok’s spiral of antisemitism. Journalism and Media,2(4),697-