Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengukur pengaruh komunikasi interpersonal terhadap perilaku agamis santri di pesantren asshiddiqiyah, dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 80 santri yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur tingkat komunikasi interpersonal dan perilaku agamis. Analisis statistik yang digunakan termasuk korelasi Pearson untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel komunikasi interpersonal dan perilaku agamis. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara tingkat komunikasi interpersonal yang efektif dan peningkatan perilaku agamis santri. Komunikasi yang baik antara santri, tokoh agama, dan pengajar diidentifikasi sebagai faktor penting dalam memperkuat pemahaman agama, partisipasi dalam praktik keagamaan, dan pengembangan nilai-nilai moral. Implikasi dari temuan ini adalah perlunya peningkatan program pembinaan komunikasi interpersonal di pesantren untuk mendukung pengembangan karakter keagamaan santri secara holistik. Studi lanjutan direkomendasikan untuk mengeksplorasi dinamika lebih lanjut dan faktor-faktor kontekstual yang dapat mempengaruhi hubungan ini di berbagai setting pesantren
SKRIPSI ARGA BAHANA PUTRA VERNANDA
Afriyadi, F. (2019). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Antara. EJournal Ilmu Komunikasi, 3(1), 362–376.
Almasdi, S. (2021). Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi. Rake Sarasin, 2(01), 51.
Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 337–342. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2611
Fachrul Fajriansyah. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN POLA ASUH KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK .
Kustiawan, W., Fadillah, U., Sinaga, F. K., Hattaradzani, S., Hermawan, E., Juanda, M. D., Suryadi, A., & Fahmi, R. R. (2022). Komunikasi Intrapersonal. Journal Analytica Islamica, 11(1), 150. https://doi.org/10.30829/jai.v11i1.11930
Nurvitasari, N., Jaya, F., & Seituni, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 8(2), 257–267. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i2.344
Pontoh, W. P. (2019). PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM
MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK (Studi pada Guru-guru di TK Santa Lucia Tuminting). Jurnal Komunikasi, 21(2), 318. https://doaj.org
Puput. (2020). 23-Article Text-42-1-10-20210725.pdf.
Septiningsih, D. S. (2019). LANDASAN TEORI / KERANGKA TEORI. 217–226.
Skripsi Fatiyah. (2023).