Tvone menjadi saluran televisi pertama di Indonesia yang dibuka di Istana Kepresidenan Republik Indonesia. Dengan tagline “Benar-Benar Berbeda”, Tvone menampilkan berbagai jenis informasi yang dibutuhkan masyarakat dan ide-ide lain yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan berkembangnya teknologi informasi. tvone bukan hanya merupakan media yang diakses melalui televisi, kini berkembang dari media online yang diakses melalui media sosial menjadi media sosial dimana media sosial merupakan aplikasinya yaitu Instagram. Penelitian ini menggunakan teori media sosial yaitu konteks, komunikasi, kolaborasi dan koneksi. Teori kebutuhan informasi metode kebutuhan saat ini, metode kebutuhan sehari-hari, metode permintaan tinggi, dan metode kebutuhan retensi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh informasi akun Instagram @tvonenews terhadap kebutuhan informasi warga perumahan Pondok Hijau Permai Kota Bekasi.
Metode penelitian mengunakan kuantitatif dan menggunakan program SPSS dengan responden warga perumahan Pondok Hijau Permai Bekasi berjumlah 390 responden.
Hasil penelitian dari hasil uji hipotesis tvonenews sebesar sebesar 9.505, dari korelasi hasil uji t, diketahui nilai signifikansi (Sig) variable akun instagram ( X ) sebesar 0,000. Nilai sig 0,000 < probabilitas 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara akun Instagram @tvonenews terhadap kebutuhan informasi warga perumahan Pondok Hijau Permai kota Bekasi. Berdasarkan nilai t-hitung 22,181 > t-tabel sebesar 1,971, maka dapat disimpulkan H0 ditolak Ha diterima. sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara akun Instagram @tvonenews terhadap kebutuhan informasi warga perumahan Pondok Hijau Permai Bekasi. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi membaca sumber pesan konten media sosial Instagram @tvonenews, maka semakin tinggi perilaku tingkat kebutuhan informasi. Besarnya koefisien determinasi nilai besarnya nilai kolerasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,748. Koefisien determinasi (R Square) yaitu sebesar 0,558 yang artinya pengaruh akun Instagram @tvonenews terhadap kebutuhan informasi warga perumahan Pondok Hijau Permai Bekasi sebesar 55,8%, sisanya dipengaruhi faktor lain.
Full_Nurafifah Soleniako_19200216
Cover_Nurafifah Soleniako_19200216
Amalia, H., Darwati, I., Nuris, N., & Muthia, D. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media E-Marketing Untuk Pemasaran UMKN Karang Taruna Desa Kota Batu. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 66–70. Https://Doi.Org/10.31294/Abditeknika.V1i2.400
Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497–5511. Https://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative/Article/View/8468
Atmajayani, R. D., & Hermawanto, T. (2021). Penguatan Analisis Data Statistik Dengan Menggunakan SPSS Pada Mahasiswa Teknik Sipil UNU Blitar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (Jppnu), 3(2), 46–50. Https://Doi.Org/10.28926/Jppnu.V3i2.43
Butarbutar, R. (2022). Improving Reading And Writing Literacy In English Text-Based Technology. https://www.researchgate.net/publication/360658678
Cahyadi. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Baja Ringan Di Pt Arthanindo Cemerlang. Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1, 60–73.
Dewi, S., Nulhakim, L., & Hendracipta, N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Materi IPA Kelas IV. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(1), 24–34. Https://Doi.Org/10.21067/Jbpd.V6i1.6185
Dede Faisal, Sigit Surahman, & Siska Mardiana. (2021). Pengaruh Akun Instagram @Beritacilegon Terhadap Kebutuhan Informasi Pengikut (Followers). https://www.researchgate.net/publication/354210318
Hakiki, R., & Setiana, A. R. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas) Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya. Journal Of Innovation Research And Knowledge, 2(3), 310–324. Https://Bnr.Bg/Post/101787017/Bsp-Za-Balgaria-E-Pod-Nomer-1-V-Buletinata-Za-Vota-Gerb-S-Nomer-2-Pp-Db-S-Nomer-12
Handayani, F., Hendriana, H., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 250. Https://Doi.Org/10.22460/Fokus.V4i4.7248
Husen, A. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Campaign Di Toko Mebel Sakinah Karawang. Jurnal Economina, 2(6), 1356–1362.
Https://Doi.Org/10.55681/Economina.V2i6.608
Hayati, M., Muchtar, K., Roslidar, Maulina, N., Syamsuddin, I., Elwirehardja, G. N., & Pardamean, B. (2022). Impact Of CLAHE-Based Image Enhancement For Diabetic Retinopathy Classification Through Deep Learning. Procedia Computer Science, 216, 57–66. Https://Doi.Org/10.1016/J.Procs.2022.12.111
Ibnu Sina. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Untuk Ilmu Sains. www.freepik.com
Kompas.Com. (2024). Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta, Didominasi Gen Z . Kompas.Com. Https://Tekno.Kompas.Com/Read/2024/02/01/09300027/Pengguna-Internet-Indonesia-Tembus-221-Juta-Didominasi-Gen-Z
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book Untuk Menumbuhkan Minat Membaca Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i1.787
Pratiwi, M. S. (2020). Penerapan Kode Etik Jurnalistik Dalam Tayangan Berita Televisi. Komnas.Com, 1–14
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (Layouter & Della (Eds.)). Pascal Books.
Rokhmad, Wahyuningsih, & Sri. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja.
Sanaky, M. M., Saleh, L. M., & Titaley, H. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. Https://Doi.Org/10.31959/Js.V11i1.615
Sarbaini, Zukrianto, & Nazaruddin. (2022). Pengaruh_Tingkat_Kemiskinan_Terhadap_Pembangunan_R.
Sidik Priadana, & Denok Sunarsi. (2021). Metodologi Penelitian. Metodologi Penelitian.
Susetyarsi, T., & Harminingtyas, R. (2021). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media (Context,Communication,Collaboration,Connection) Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Pakaian Old Man Store Di Semarang). Jurnal STIE Semarang, 13(1), 51–69.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Metode Penelitian.
Then, W. (2020). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Sekolah Tinggi Bahasa Harapan Bersama. Jurnal Cakrawala Mandarin, 3(2), 1. Https://Doi.Org/10.36279/Apsmi.V3i2.76
Tvone News.Com. (2008). Tentang Tvone. TVONE. Https://www.tvonenews.com/tentang-tvone
UIN Maulana Malik Ibrahim. (N.D.). Metode Penelitian. Metode Penelitian.
Yana Siregar, L., Irwan Padli Nasution Prodi Manajemen, M., & Negeri Islam Sumatera Utara, U. (2020). HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Development Of Information Technology On Increasing Business Online. 2(1), 71–75. https://doi.org/10.30606/hjimb