Salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan dalam proses penagihan hutang adalah kemampuan komunikasi dan negosiasi yang efektif. Komunikasi yang baik antara pihak penagih dan debitur dapat menciptakan suasana yang lebih kooperatif dan mengurangi ketegangan yang sering kali muncul dalam proses ini. Selain itu, kemampuan negosiasi yang baik memungkinkan perusahaan untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak, sehingga meningkatkan kemungkinan pembayaran hutang. Deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan paradigma konstruktivis. Konstruktivis digunakan dalam penelitian ini untuk mengkonstruksi Komunikasi dan Negosiasi dalam Proses Penagihan Hutang Kepada Debitur. Hasil dari penelitian terbukti komunikasi sangat penting dalam Desk Collection, untuk dapat membaca karakter konsumen dan memahami keadaan debitur, bukan hanya sekedar menagih namun agen juga memberikan empati kepada debitur yang sedang terkena masalah.
POLA KOMUNIKASI DESK COLLECTION DALAM PROSES PENAGIHAN HUTANG KEPADA DEBITUR (Studi Kasus Penagihan Piutang Melalui Desk Collection Pt.Bussan Auto Finance)
Abdul Halim Hasibuan (2019). Pola Komunikasi Petugas Pemberian Informasi Penanganan Pengaduan BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru Dalam Handling Complain Peserta.
Adiputra, M.S. et al. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan, Yayasan Kita Menulis, Medan.
Donny Gunawan Alaudin (2022). Pola Komunikasi Pendanaan Umk Len Industri Di Bandung Raya.
Gideon Bangga Bakti (2023). Pola Komunikasi Organisasi Antara Pimpinan Dan Karyawan Di PT. BPR Mentari Terang.
Gracia Febrina lumentut. (2017). Pola Komunikasi Pemimpin Organisasi Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Anggota Di Lpm (Lembaga Pers Mahasiswa) Inovasi Unsrat.
Hartman, Debby & Mellisa. Teks Negosiasi. Guepedia.
Hertoni, Yuda. (2018). Pola Komunikasi Branch Collection Dalam Proses Penagihan Pembiayaan Bermasalah Kepada Debitur/Nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia, TBK Cabang Banjarmasin. Banjarmasin. Jurnal Komunikasi Bisnis dan Manajemen.
Jalaluddin, Rakhmat (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Junaidi, Andi Syahputra, Asmarika, Riska Syafitri, Wismanto (2023). Pola Komunikasi Guru dengan Peserta Didik dalam Pembinaan Akhlak di SDIT Uwais Al Qarni Pekanbaru.
Kesuma, Andrio Satria (2022). Pola Komunikasi Marketing Perumahan Dua Putri Mandiri Siak Hulu Kabupaten Kampar.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhammad Andi Maulana, Muhammad Thariq (2023). Pola Komunikasi Interpersonal Pegawai Bank BTN (Persero) Cabang Medan Dalam Meningkatkan Kelancaran Pembayaran Angsuran KPR BTN Bersubsidi
Nurul Syahqilla dan Mustapa Khamal Rokan (2022). Pola Komunikasi Branch Collection Dalam Proses Penagihan Pembiayaan Bermasalah Kepada Debitur/Nasabah PT. Bank BTN KC Syariah Medan
Oktavionarti, Della. (2016). Pola Komunikasi Debt Collector Dalam Proses Penagihan Kredit Mikro Kepada Debitur Bank Mandiri (KCP Marpoyan) Pekanbaru. Jom Fisip.
Oktaviyanti, Nur Yin (2021). Pola Komunikasi Frontliner Dan Nasabah Pada Perusahaan Perbankan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Surabaya).
Ruliana Fajriati, Na'imah, Hibana, Khamim Zarkasih Putro, Labziah (2022). Pola Komunikasi dalam Proses Pembelajaran di Masa
Pandemi Covid-19.
Sri Wahyuni (2021). Pola Komunikasi Pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) Di PT. Bank Mandiri Cabang Diponegoro Yogyakarta.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. ALFABETA.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV ALFABETA
Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Internet
Adelaide Wreta - Pengertian Debitur, Jenis, Contoh, dan Bedanya dengan Kreditur | DetikBali. Diakses 03 Juli, (2024), from https://www.detik.com/bali/berita/d-6482389/pengertian-debitur-jenis-contoh-dan-bedanya-dengan-kreditur/amp
Baladan Hadza Firosya - Negosiasi: pengertian, tujuan dan manfaatnya | Detikedu. Diakses 03 Juli, (2024), from https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6915095/negosiasi-pengertian-tujuan-dan-manfaatnya
Idzni Meutia - Desk Collection: Pengertian, Tanggung Jawab, Skill Wajib, dan Gaji | Glints. Diakses 03 Juli, (2024), from https://glints.com/id/lowongan/desk-collection-adalah/
Nandy - 10 Komponen Penting Komunikasi yang Harus Diketahui | Gramedia. Diakses 03 Juli, (2024), from https://www.gramedia.com/literasi/komponen-penting-komunikasi/
Tim Seksi Piutang Negara KPKNL Palu - Komunikasi Efektif dalam Bernegosiasi dengan Debitur | Kementrian Keuangan. Diakses 03 Juli, (2024), from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15015/Komunikasi-Efektif-dalam-Bernegosiasi-dengan-Debitur.html