Prosedur Administrasi Jasa Pengiriman Barang Pada PT. Samudera Jagad Cargo di Tangerang

research
  • 22 Oct
  • 2024

Prosedur Administrasi Jasa Pengiriman Barang Pada PT. Samudera Jagad Cargo di Tangerang

Samudera Jagad Cargo adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa warehouse (penyimpanan gudang) dan trucking (pelayanan roda empat atau truk) dalam pengiriman barang atau logistik. Perkembangan dunia usaha saat ini, para pengusaha dituntut untuk mendistribusikan produknya kepada konsumen sehingga perusahaan memerlukan sebuah jasa dalam pendistribusian produknya, khususnya kepada perusahaan jasa yang bergerak di bidang logistik. Hal ini memicu tumbuhnya jasa pengiriman barang atau logistik dimana saja untuk melaksanakan pendistribusian barang tersebut, tanpa hadirnya jasa logistik, maka perkembangan bisnis tidak dapat berkembang dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui prosedur administrasi jasa pengiriman barang pada PT. Samudera Jagad Cargo di Tangerang dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami dalam menjalankan prosedur administrasi jasa pengiriman barang pada PT. Samudera Jagad Cargo di Tangerang. Metode pengumpulan data dalam penyusunan Tugas Akhir ini adalah metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu berdasarkan kondisi objek yang alamiah atau kenyataan yang berada dilapangan. Hasil penelitian secara keseluruhan dalam prosedur administrasi jasa pengiriman barang pada PT. Samudera Jagad Cargo di Tangerang sudah sangat baik. Namun, hal yang harus diperhatikan lagi untuk meningkatkan kualitas dalam pengiriman yaitu dalam peningkatan sistem tracking dan pemaksimalan armada saat proses pengiriman pada PT. Samudera Jagad Cargo di Tangerang.

Unduhan

  • File_Cover.pdf

    Cover

    •   diunduh 13x | Ukuran 231 KB

 

REFERENSI

Alichia, Cindy. 2019. “Analisis Pemilihan Vendor Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada Pt Schenker Petrolog Utama.” : 1–23.

Anggit, Ridho Tiyan Syahfana. 2021. “Peningkatan Kualitas Pengiriman Barang Melalui Sistem Door To Door Dalam Upaya Memenuhi Customer Satisfaction Pada Pt. Salam Pacific Indonesia Lines Cabang Pontianak.” (5): 55.

Anggreni, Yeni. 2023. “Rancang Bangun Aplikasi Social Assistance Administration Report Berbasis Web Pada Kantor Kecamatan Sungai Rotan “ Rancang Bangun Aplikasi Social Assistance Administration Report Berbasis Web.” 3(3).

Ariana, Riska. 2019. “Pelayanan Fungsi Administrasi Perkantoran Modern Di Kantor Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora.” : 1–23.

Arifin, Rohayati, And Nuraida Latif. 2020. “Sistem Informasi Pengelolaan Surat Menyurat Berbasis Web Pada Kantor Balai Latihan Masyarakat Makassar.” Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi 10(1): 68–76. Doi:10.35585/Inspir.V10i1.2555.

Astrid, Oleh, Indiatri Anwar, And Abd Majid. 2022. “Manajemen Komunikasi Pt. Pelni Sarana Bandar Nasional Dalam Memberikan Pelayanan Jasa Logistik Kepada Pelanggan Di Makassar Communication Management Of Pt. Pelni Sarana Nasional Bandar Makassar In Providing Logistics Services.”

Budiman, I Nyoman Herlian. 2023. “Pengaruh Pengalaman Belanja Online Terhadap Kepuasan Pelanggan: Peran Mediasi Pengiriman Barang Pada Tokopedia.” : 43–46.

Dewi, Desilia Purnama, Harjoyo Harjoyo, And Abdul Salam. 2020. “Prosedur Administrasi Jasa Pengiriman Barang Di Pt Citra Van Titipan Kilat Tangerang.” Jurnal Sekretari Universitas Pamulang 7(1): 1. Doi:10.32493/Skr.V7i1.4570.

Dewi Fajriyani, Syifa, Panji Adam Agus Putra, And Arif Rijal Anshori. 2023. “Penerapan Akad Ijarah Terhadap Bisnis Jasa Pengiriman Paket Luar Negeri Dalam Persfektif Fatwa Dsn Mui No. 112/Dsn-Mui/Ix/2017.” Bandung Conference Series: Sharia Economic Law 3(2): 571–78. Doi:10.29313/Bcssel.V3i2.8621.

Dr. Juli Yani, M.Hum , Fitri Endang Srimulat, M.Pd. 2023. Administrasi Pendidikan.

Frenton Togatorop, R G. 2021. “Penerapan Metode Transportasi Untuk Analisa Pengiriman Barang Pada Pt Cargo Indonesia Medan.” Journal Of Computing And Informatics Research 1(1): 19–22.

Hadianto Surya S.Pd. 2024. “Pengertian Barang Menurut Para Ahli: Lebih Dari Sekedar Benda Biasa.” Tambahpinter.Om.

Hisyam Masyharuddin. 2019. “Pengaruh Kualitas Layanan Inti Dan Kualitas Layanan Peripheral Terhadap Kepuasan Pelanggan.” : 53–54.

Kristanti, Arlisa Karina. 2020. “Prosedur Pengeluaran Kas Pada The Library Cafe Surabaya.” : 5–24.

Irfan. 2021. “Implementasi Kebijakan Administrasi Kependudukan Di Kota Bima.” Jurnal Ilmu Administrasi Negara 18(2): 22–41. Doi:10.59050/Jian.V18i2.141.

Michael Simanjuntak. 2024. “Perbaikan Kualitas Layanan Jasa Di Kedai Kopi Patah Tumbuh Dengan Metode Service Quality.” 3(2): 6.

Poneta, Rianti, Hj Ellys Rachman, S Sos, M Si, Sabriana Oktaviana, And M Pd. 2023. “Effectiveness Of Savings And Loans Business Unit Management By Village-Owned Enterprises ( Bumdes ) In Bubalango Village , East Sumalata District , North Gorontalo Regency Efektivitas Pengelolaan Unit Usaha Simpan Pinjam Oleh Badan Usaha Milik Desa ( Bumd.” 2(10): 1419–32.

Rahayu, Sari. 2023. “Strategi Pemasaran Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya 2(1): 109–13. Doi:10.47233/Jppisb.V2i1.705.

Safrawali, Safrawali, And Barham Siregar. 2022. “Penerapan Administrasi Bisnis Dan Administrasi Perkantoran Modern Di Kota Medan.” All Fields Of Science Journal Liaison Academia And Sosiety 2(2): 364–75. Doi:10.58939/Afosj-Las.V2i2.267.

Saputra, S, & Sihombing, T. Y. 2020. “Analisis Kualitas Pelayanan Pergudangan Pada Pt Agility International Cabang Surabaya.” Jurnal Bisnis Dan Pemasaran 10(2): 1–11. https://Ejurnal.Poltekpos.Ac.Id/Index.Php/Promark/Article/View/1026/704. 

Soleh, Dariyo. 2021. “Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Melalui Google Classroom Dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 6(2): 137–43. Doi:10.51169/Ideguru.V6i2.239.

Ulya, Amaliyah. 2019. “Tinjauan Atas Prosedur Penagihan Piutang Usaha Pada Pt.Trengginas Jaya Bandung.” Journal Of Chemical Information And Modeling 75(9): 8. Https://Elibrary.Unikom.Ac.Id/Id/Eprint/2415/8/Unikom_Ulya Amaliyah_10.Bab Ii.Pdf.

Vanya Karunia Mulia Putri. 2021. “Administrasi: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, Fungsi, Dan Jenisnya.” Kompas.Com. Https://Www.Kompas.Com/Skola/Read/2021/08/18/154901669/Administrasi-Pengertian-Tujuan-Ciri-Ciri-Fungsi-Dan-Jenisnya.

Veraniansyah, Retha Dwi Putri, And Erlangga Andi Sukma. 2019. “Prosedur Pengelolaan Arsip Untuk Keamanan Dokumen Di Rsia Puri Bunda Malang.” Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis 13(1): 65. Doi:10.33795/J-Adbis.V13i1.66.

Widodo, Kartiko Ardi, And Suryo Adi Wibowo. 2021. “Penerapansequentialsearchuntuk Pengelolaandatabarang.” 15(1): 86–97.

Wiyono, Bambang. 2020. “Produk-Produk Jasa Pendidikan.” Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(2): 35–45.