Strategi komunikasi politik sangat diperlukan dalam komunikasi politik seperti akitivitas dalam mengikuti pemilihan umum. Pemilihan umum biasa disebut dengan pemilu merupakan pesta demokrasi yang dilaksanakan selama 5 tahun sekali. Pesta demokrasi menciptakan rakyat lebih cerdas dan menjadikan masyarakat mampu membaca kondisi politik di Indonesia. Desain penelitian yaitu perencanaan yang dipilih penulis untuk menggabungkan secara komprehensif berbagai komponen penelitian secara logis dan sistematis, sehingga menggambarkan fokus penelitian dengan baik. Rancangan penelitian yang dipakai adalah rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Alasannya penulis ingin mencari fakta dan menginterpretasikan “Strategi Komunikasi Politik Calon Legislatif DPRD Kota Tangerang Pada Pemilihan Umum (Studi Deskriptif Pada Andi Maulana)” peneliti akan mendeskripsikan kembali dan membahas data serta informasi yang diperoleh melalui observasi, wawancara secara mendalam dari key informan dan informan pendukung yang mengetahui kondisi lapangan selama proses kampanye mengenai Strategi Komunikasi Politik H. Andi Maulana, S.IP. Strategi komunikasi menggunakan teori merawat ketokohan dan memantapkan kelembagaan, menciptakan kebersamaan serta membangun konsensus, 9P. Berdasarkan pembahasan ini, peneliti menyimpulkan bahwa H. Andi Maulana, S.IP dalam berkampanye menggunakan strategi komunikasi politik secara langsung dengan cara bertatap muka, memanfaatkan media sosial untuk menjangkau luas mengenai profil H. Andi Maulana, S.IP. Menggunakan instagram, tiktok, whatsapp dalam berkampanye untuk menjangkau luas dengan masyarakat dikalangan umum.
Jurnal_Safirotur Rohimah
Full Skripsi_Safirotur Rohimah
Agustrijanto, A. (2022). Strategi Komunikasi Periklanan Below the Line (Btl) Pt Aghna (Kreanova), Bandung Dalam Menjalankan Bisnis Print Ad. Jurnal Komunikatio, 8(2), 78–95. https://doi.org/10.30997/jk.v8i2.6711
Alvin, S. (2022). Strategi Komunikasi Politik Caleg PSI Lolos DPRD Kota Bandung Di Pemilu 2019. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://journal.yp3a.org/index.php/mukasi/article/view/1167
Andi, A. (2021). Strategi Komunikasi Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Untuk Memperoleh Suara Pemilu Legislatif 2019 Pekanbaru. Journal of Political Communication and Media, 1(1), 37–49.
Andriana, N., Riset, P., Riset, P.-B., Nasional, I., Jenderal, J., Subroto, G., 10, N., & Selatan, J. (2022). Pandangan Partai Politik Terhadap Media Sosial Sebagai Salah Satu Alat Komunikasi Politik Untuk Mendekati Pemilih Muda (Gen Y Dan Z): Studi Kasus Pdi-P Dan Psi the Perspective of Political Parties Towards Social Media As One of the Political Communication. Jurnal Penelitian Politik, 19(1), 51–65. https://ejournal.politik.lipi.go.id/
Arasid, M. I., Djuyandi, Y., & Sumadinata, R. W. (2022). Strategi Komunikasi Politik Untuk Memperoleh Dukungan Pemuda Dalam Pilkada Kota Serang: Studi Pada Pasangan Calon Syafrudin-Subadri. Jurnal Sosial Politik, 8(1), 62–77. https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v8i1.12779
Atika, D. (2019). Strategi Pemasaran Partai Politik Baru Dalam Pemilihan DPRD Kota Bandar Lampung 2019 (Studi Pada Partai Perindo, PSI, Berkarya, dan Garuda). 2019.
Boestam, A. B., Prakosa, A., & Avianto, B. N. (2023). Upaya Partai Politik Dalam Memanfaatkan Demokrasi Virtual Di Era Digital. Jurnal Pustaka Komunikasi, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.32509/pustakom.v6i1.2281
Dachliyani, L. (2019). INSTRUMEN YANG SAHIH : Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Suatu Evaluasi Program Diklat (evaluasi pembelajaran). MEDIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 57–65. https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/view/721/0
Fadhilla, G., Alfani, H., Rosihan, A., Ki Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baturaja Jl Ki Ratu Penghulu No, U., & tgl, D. (2020). Communication Strategy of the General Election Commission of Ogan Komering Ulu (OKU) Regency in Increasing Voter Participation in the 2020 Elections. Jurnal Massa, 1(2), 206–221. http://journal.unbara.ac.id/index.php/JM
Faiza, L. (2019). Strategi Komunikasi Politik Pks Pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 Di Kota Pekanbaru. Jdp (Jurnal Dinamika Pemerintahan), 2(2), 140–151. https://doi.org/10.36341/jdp.v2i2.946
Fitriani, T. (2023). Partai Politik dan Strategi Politik (Kajian Atas Strategi Kemenangan Anggota Legislatif Perempuan PDI Perjuangan di dalam Pemilihan Lesgislatif pada Dapil 2, 4, dan 5, Kota Tangerang Tahun 2019). 9–10.
Gunanto, D., Andriyani, L., & Sahrul, M. (2020). Strategi Komunikasi Politik Calon Legislatif Terpilih Dprd Tangerang Selatan Dalam Pemilu Tahun 2019 (Fraksi Partai Solidaritas Indonesia). Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 4(2), 131. https://doi.org/10.24853/pk.4.2.131-136
Hafizh Achmed, Yanti Setianti, L. P. (n.d.). PENGELOLAAN INSTAGRAM @HUMAS_SUMEDANG SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN MEDIA INFORMASI OLEH HUMAS SEKRETARIAT DAERAH SUMEDANG. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 2019.
Haryati, & Thasimmin, S. N. (2019). Strategi Komunikasi Politik Partai Golkar Dalam Memenangkan Pemlu Legislatif Dprd Kabupaten Karimun Periode 2019-2024. Purnama Berazam, 1(1), 10. http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/ILKOM/article/view/25
Lubis, I. A. R., Ramdan, A. T. M., & Wiryany, D. (2022). Politik Digital: Manifestasi Komunikasi di Era Digital. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 6(1), 193–206. https://doi.org/10.51544/jlmk.v6i1.3064
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
MUFLIKHATUN, A. (2019). Strategi Komunikasi Politik Anggota Legislatif Dapil 5 Partai PDI Perjuangan dalam Pemenangan Pemilu di Kabupaten Ngawi Tahun 2019. http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6019
Mulyadi, A. S., & Syaripudin, M. A. (2024). STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALON LEGISLATIF DALAM MEMPENGARUHI PEMILIH PEREMPUAN KOTA BANDAR LAMPUNG. HIKMAH: Jurnal Dakwah Dan …. https://journals.unisba.ac.id/index.php/hikmah/article/view/3478
Nengsih, N. S. (2019). Integritas Kpu Dan Pemilihan Umum. Jurnal Stisipol Raja Haji, 1(1), 51–61. https://journal.stisipolrajahaji.ac.id/index.php/jisipol/article/view/5
Nugroho, M. A. (2021). Peran Komisi Pemilihan Umum dalam Pemilihan Anggota Legislatif Perspektif Fiqh Al-Siyāsah Al-Dustūriyyah. Journal of Constitutional Law, 3(2).
Nyaleson Ndoda, P. J., Yuningsih, N. Y., & Djuyandi, Y. (2020). Kampanye Politik Victory-Jos Melalui Media Sosial Pada Pemilihan Kepala Daerah Propinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2018. Al-Ijtima`i: International Journal of Government and Social Science, 5(2), 149–160. https://doi.org/10.22373/jai.v5i2.548
Putra, A. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Partai Politik Baru Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Pemilih Pemula (Studi Kasus Dpd Partai Solidaritas Indonesia Kota Parepare). Jurnal Analisis Partai Politik, 26(1), 43–76. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bayan/article/downloadSuppFile/5773/920
Riva’i, A. K. (2020). Komunikasi Politik Dalam Fungsi Budgeting Dprd Kabupaten Indragiri Hulu. Dialektika, 7(1), 30–50. https://doi.org/10.32816/dialektika.v7i1.1347
Samosir, O. (2022). PARTAI POLITIK PADA ABAD 21: Pengertian, Fungsi, dan Praktek di Indonesia. http://repository.uki.ac.id/7060/1/BukuPartaiPolitikAbad21.pdf
Setiawan, M. F., Yanto, L. Y., Nurfiani, Astuti, F., & Rahmatia. (2024). Analisis Peran Komunikasi Politik dalam Pencitraan Calon Pemimpin pada Kontestan Pemilu. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(3), 108–117. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/download/2976/2406
Silitonga, N., & Roring, F. P. (2023). Politik Digital : Strategi Politik Elektoral Partai Politik Dalam Kampanye Pemilu Presiden. Jurnal Communicology, 4(2), 676–690. https://www.ejurnal.ubk.ac.id/index.php/communitarian/article/download/319/210
Situmorang, M., Silviani, I., & Ginting, E. A. (2023). Strategi Komunikasi Partai Politik PDIP SUMUT Dalam Membangun Kepercayaan Pemilih Pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2024. Social Opinion, 7, 134–145.
Sohibul Watoni dan Renny Chandradewi Puspitarini. (2022). Strategi Partai Politik Baru : Studi Kasus Strategi Partai Politik Jaring Dukungan Masyarakat Kota Probolinggo. Jurnal Inovasi Penelitian Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram, 3(1), 4297–4306. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1635
Sugiyono, IGN Bagus Sucitra, A. S. (2023). DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 2, 117–128.
Syabana, M. S. A., & Suyono, S. (2023). Komunikasi Politik Tokoh Masyarakat dalam Menghadapi Pemilu 2024 (Studi Kasus pada Tokoh Pemuka Pendapat Desa Jatimulyo Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember). Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(1), 9. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i1.1909
Syahrier, F. A., & Beriansyah, A. (2024). Strategi Politik Pemenangan Kepala Desa Perempuan Di Desa Sibabat Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2021. SUMUR-Jurnal Sosial Humaniora, 2(1), 21–27.
Syarbaini, S., Nur, S. M., & Anom, E. (2021). Teori, Media dan Strategi Komunikasi Politik. In Jakarta: Esa Unggul. digilib.esaunggul.ac.id. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Books-22242-10_0073.pdf
Triyono, A., & Marhuda, N. K. (2020). Studi Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Media Sosial Instagram @dakwah_tauhid. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 50–67. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i1.3944
Verysanjaya, N. (2022). Jurnal Ilmiah Keagamaan,Pendidikan dan Kemasyarakatan. Jurnal Ilmiah Keagamaan,Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 116–137.
Widarwati, D. (2020). Strategi Komunikasi Politik M. Miftah Dalam Pemenangan Pemilu 2019 Di Salatiga. Jurnal An-Nida, 12(2). https://www.pkb.
Yanuartha, R. A., Siahainenia, R. R., Hergianasari, P., & Netanyahu, K. (2022). Strategi Komunikasi Politik Penggunaan Baliho Versus Media Sosial Oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Tahun 2021. Administraus, 6(1), 21–40. https://doi.org/10.56662/administraus.v6i1.137
Yunita, G. I. (2023). Strategi Komunikasi Politik Pemenangan Calon Anggota Legislatif H. Nazaruddin Dek Gam pada Pileg 2019 Dapil Aceh I. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5307–5314. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2376
Zeliana, Y., Sulastri, E., Sumarno, S., & Andriyani, L. (2021). Strategi Politik Pemenangan Petahana Pasangan Hj. Airin Rachmi Diany Dan Benyamin Davnie Pada Pilkada Kota Tangerang Selatan Tahun 2015. INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia Dan Global, 2(1), 9. https://doi.org/10.24853/independen.2.1.9-20
Agustrijanto, A. (2022). Strategi Komunikasi Periklanan Below the Line (Btl) Pt Aghna (Kreanova), Bandung Dalam Menjalankan Bisnis Print Ad. Jurnal Komunikatio, 8(2), 78–95. https://doi.org/10.30997/jk.v8i2.6711
Alvin, S. (2022). Strategi Komunikasi Politik Caleg PSI Lolos DPRD Kota Bandung Di Pemilu 2019. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://journal.yp3a.org/index.php/mukasi/article/view/1167
Andi, A. (2021). Strategi Komunikasi Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Untuk Memperoleh Suara Pemilu Legislatif 2019 Pekanbaru. Journal of Political Communication and Media, 1(1), 37–49.
Andriana, N., Riset, P., Riset, P.-B., Nasional, I., Jenderal, J., Subroto, G., 10, N., & Selatan, J. (2022). Pandangan Partai Politik Terhadap Media Sosial Sebagai Salah Satu Alat Komunikasi Politik Untuk Mendekati Pemilih Muda (Gen Y Dan Z): Studi Kasus Pdi-P Dan Psi the Perspective of Political Parties Towards Social Media As One of the Political Communication. Jurnal Penelitian Politik, 19(1), 51–65. https://ejournal.politik.lipi.go.id/
Arasid, M. I., Djuyandi, Y., & Sumadinata, R. W. (2022). Strategi Komunikasi Politik Untuk Memperoleh Dukungan Pemuda Dalam Pilkada Kota Serang: Studi Pada Pasangan Calon Syafrudin-Subadri. Jurnal Sosial Politik, 8(1), 62–77. https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v8i1.12779
Atika, D. (2019). Strategi Pemasaran Partai Politik Baru Dalam Pemilihan DPRD Kota Bandar Lampung 2019 (Studi Pada Partai Perindo, PSI, Berkarya, dan Garuda). 2019.
Boestam, A. B., Prakosa, A., & Avianto, B. N. (2023). Upaya Partai Politik Dalam Memanfaatkan Demokrasi Virtual Di Era Digital. Jurnal Pustaka Komunikasi, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.32509/pustakom.v6i1.2281
Dachliyani, L. (2019). INSTRUMEN YANG SAHIH : Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Suatu Evaluasi Program Diklat (evaluasi pembelajaran). MEDIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 57–65. https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/view/721/0
Fadhilla, G., Alfani, H., Rosihan, A., Ki Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baturaja Jl Ki Ratu Penghulu No, U., & tgl, D. (2020). Communication Strategy of the General Election Commission of Ogan Komering Ulu (OKU) Regency in Increasing Voter Participation in the 2020 Elections. Jurnal Massa, 1(2), 206–221. http://journal.unbara.ac.id/index.php/JM
Faiza, L. (2019). Strategi Komunikasi Politik Pks Pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 Di Kota Pekanbaru. Jdp (Jurnal Dinamika Pemerintahan), 2(2), 140–151. https://doi.org/10.36341/jdp.v2i2.946
Fitriani, T. (2023). Partai Politik dan Strategi Politik (Kajian Atas Strategi Kemenangan Anggota Legislatif Perempuan PDI Perjuangan di dalam Pemilihan Lesgislatif pada Dapil 2, 4, dan 5, Kota Tangerang Tahun 2019). 9–10.
Gunanto, D., Andriyani, L., & Sahrul, M. (2020). Strategi Komunikasi Politik Calon Legislatif Terpilih Dprd Tangerang Selatan Dalam Pemilu Tahun 2019 (Fraksi Partai Solidaritas Indonesia). Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 4(2), 131. https://doi.org/10.24853/pk.4.2.131-136
Hafizh Achmed, Yanti Setianti, L. P. (n.d.). PENGELOLAAN INSTAGRAM @HUMAS_SUMEDANG SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN MEDIA INFORMASI OLEH HUMAS SEKRETARIAT DAERAH SUMEDANG. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 2019.
Haryati, & Thasimmin, S. N. (2019). Strategi Komunikasi Politik Partai Golkar Dalam Memenangkan Pemlu Legislatif Dprd Kabupaten Karimun Periode 2019-2024. Purnama Berazam, 1(1), 10. http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/ILKOM/article/view/25
Lubis, I. A. R., Ramdan, A. T. M., & Wiryany, D. (2022). Politik Digital: Manifestasi Komunikasi di Era Digital. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 6(1), 193–206. https://doi.org/10.51544/jlmk.v6i1.3064
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
MUFLIKHATUN, A. (2019). Strategi Komunikasi Politik Anggota Legislatif Dapil 5 Partai PDI Perjuangan dalam Pemenangan Pemilu di Kabupaten Ngawi Tahun 2019. http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6019
Mulyadi, A. S., & Syaripudin, M. A. (2024). STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALON LEGISLATIF DALAM MEMPENGARUHI PEMILIH PEREMPUAN KOTA BANDAR LAMPUNG. HIKMAH: Jurnal Dakwah Dan …. https://journals.unisba.ac.id/index.php/hikmah/article/view/3478
Nengsih, N. S. (2019). Integritas Kpu Dan Pemilihan Umum. Jurnal Stisipol Raja Haji, 1(1), 51–61. https://journal.stisipolrajahaji.ac.id/index.php/jisipol/article/view/5
Nugroho, M. A. (2021). Peran Komisi Pemilihan Umum dalam Pemilihan Anggota Legislatif Perspektif Fiqh Al-Siyāsah Al-Dustūriyyah. Journal of Constitutional Law, 3(2).
Nyaleson Ndoda, P. J., Yuningsih, N. Y., & Djuyandi, Y. (2020). Kampanye Politik Victory-Jos Melalui Media Sosial Pada Pemilihan Kepala Daerah Propinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2018. Al-Ijtima`i: International Journal of Government and Social Science, 5(2), 149–160. https://doi.org/10.22373/jai.v5i2.548
Putra, A. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Partai Politik Baru Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Pemilih Pemula (Studi Kasus Dpd Partai Solidaritas Indonesia Kota Parepare). Jurnal Analisis Partai Politik, 26(1), 43–76. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bayan/article/downloadSuppFile/5773/920
Riva’i, A. K. (2020). Komunikasi Politik Dalam Fungsi Budgeting Dprd Kabupaten Indragiri Hulu. Dialektika, 7(1), 30–50. https://doi.org/10.32816/dialektika.v7i1.1347
Samosir, O. (2022). PARTAI POLITIK PADA ABAD 21: Pengertian, Fungsi, dan Praktek di Indonesia. http://repository.uki.ac.id/7060/1/BukuPartaiPolitikAbad21.pdf
Setiawan, M. F., Yanto, L. Y., Nurfiani, Astuti, F., & Rahmatia. (2024). Analisis Peran Komunikasi Politik dalam Pencitraan Calon Pemimpin pada Kontestan Pemilu. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(3), 108–117. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/download/2976/2406
Silitonga, N., & Roring, F. P. (2023). Politik Digital : Strategi Politik Elektoral Partai Politik Dalam Kampanye Pemilu Presiden. Jurnal Communicology, 4(2), 676–690. https://www.ejurnal.ubk.ac.id/index.php/communitarian/article/download/319/210
Situmorang, M., Silviani, I., & Ginting, E. A. (2023). Strategi Komunikasi Partai Politik PDIP SUMUT Dalam Membangun Kepercayaan Pemilih Pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2024. Social Opinion, 7, 134–145.
Sohibul Watoni dan Renny Chandradewi Puspitarini. (2022). Strategi Partai Politik Baru : Studi Kasus Strategi Partai Politik Jaring Dukungan Masyarakat Kota Probolinggo. Jurnal Inovasi Penelitian Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram, 3(1), 4297–4306. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1635
Sugiyono, IGN Bagus Sucitra, A. S. (2023). DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 2, 117–128.
Syabana, M. S. A., & Suyono, S. (2023). Komunikasi Politik Tokoh Masyarakat dalam Menghadapi Pemilu 2024 (Studi Kasus pada Tokoh Pemuka Pendapat Desa Jatimulyo Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember). Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(1), 9. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i1.1909
Syahrier, F. A., & Beriansyah, A. (2024). Strategi Politik Pemenangan Kepala Desa Perempuan Di Desa Sibabat Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2021. SUMUR-Jurnal Sosial Humaniora, 2(1), 21–27.
Syarbaini, S., Nur, S. M., & Anom, E. (2021). Teori, Media dan Strategi Komunikasi Politik. In Jakarta: Esa Unggul. digilib.esaunggul.ac.id. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Books-22242-10_0073.pdf
Triyono, A., & Marhuda, N. K. (2020). Studi Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Media Sosial Instagram @dakwah_tauhid. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 50–67. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i1.3944
Verysanjaya, N. (2022). Jurnal Ilmiah Keagamaan,Pendidikan dan Kemasyarakatan. Jurnal Ilmiah Keagamaan,Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 116–137.
Widarwati, D. (2020). Strategi Komunikasi Politik M. Miftah Dalam Pemenangan Pemilu 2019 Di Salatiga. Jurnal An-Nida, 12(2). https://www.pkb.
Yanuartha, R. A., Siahainenia, R. R., Hergianasari, P., & Netanyahu, K. (2022). Strategi Komunikasi Politik Penggunaan Baliho Versus Media Sosial Oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Tahun 2021. Administraus, 6(1), 21–40. https://doi.org/10.56662/administraus.v6i1.137
Yunita, G. I. (2023). Strategi Komunikasi Politik Pemenangan Calon Anggota Legislatif H. Nazaruddin Dek Gam pada Pileg 2019 Dapil Aceh I. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5307–5314. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2376
Zeliana, Y., Sulastri, E., Sumarno, S., & Andriyani, L. (2021). Strategi Politik Pemenangan Petahana Pasangan Hj. Airin Rachmi Diany Dan Benyamin Davnie Pada Pilkada Kota Tangerang Selatan Tahun 2015. INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia Dan Global, 2(1), 9. https://doi.org/10.24853/independen.2.1.9-20
Undang-Undang
Undang-Undang Nomor 8 tahun 2012 pasal 1 ayat (1) yang dimaksud Pemilihan Umum (Pemilu) adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.
Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu)