ANALISIS KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PENULISAN CAPTION DI AKUN @KOMNASANAK

research
  • 22 Oct
  • 2024

ANALISIS KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PENULISAN CAPTION DI AKUN @KOMNASANAK

Media sosial Instagram sangat membutuhkan copywriting dan konten yang menarik. Contohnya adalah akun Instagram @komnasanak, dimana konten yang menarik dan harmonis dengan copywriting dapat meningkatkan tingkat interaksi dengan audiens. Pada Instagram @komnasanak, kedua hal tersebut sangat penting agar informasi yang disampaikan jelas, mudah dimengerti dan dapat menarik minat serta perhatian audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penulisan caption dalam konten Instagram @komnasanak.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan interaksi pada unggahan di akun @komnasanak, meskipun kaidah copywriting sudah terpenuhi di setiap unggahan. Faktor utama di balik kesenjangan ini adalah isu atau jenis konten pada setiap unggahan. Konten informasi yang paling menarik perhatian adalah berita mengenai "kekerasan seksual," yang mendapatkan lebih banyak interaksi dibandingkan dengan isu lain. Keberhasilan konten juga dipengaruhi oleh respons audiens terhadap call-to-action yang disertakan dalam copywriting @komnasanak.

Unduhan

 

REFERENSI

Agustina, L. (2020). VIRALITAS KONTEN DI MEDIA SOSIAL Lidya Agustina. MAJALAH SEMI ILMIAH POPULER KOMUNIKASI MASSA.

Agustina, R. (2022). IMPLEMENTASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 54 PALEMBANG.

Alghozali, P. (2023). ANALISIS KONTEN INSTAGRAM @museum_situspatiayam.

Amaliah Rosdiana, L. (2019). KETIDAKEFEKTIFAN KALIMAT PADA CAPTION INSTAGRAM MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS WINAYA MUKTI (Vol. 9, Issue 2).

Amin, R. A., & Izaak, W. C. (2024). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN).

Apriandi, N.D., Soleh, A., & Irwantp, T. (2023) The Effect Of Application Of Aida (Attention, Interest, Desire And Action) On Telkomsel Card Purchase Decisions In Bengkulu City. Jurnal Akuntansi, Manajemen an Bisnis Digital.

Ariyadi, W. (2020). Jurus Jitu Menguasai Copywriting: Strategi Sukses Membangun Bisnis dan Meningkatkan Pemasaran.

Awaliyah, C., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Media Sosial Mempengaruhi Integrasi Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Azizah, A., Mustika, I., Bias Primndhika, R., & Siliwangi, I. (2020). ANALISIS TINDAK TUTUR CAPTION DALAM INSTAGRAM RIDWAN KAMIL. 229.

Balaka, M. Y. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif.

Bangun, E. P., Koagouw, F. V. I. A., & Kalangi, J. S. (2019). ANALISIS ISI UNSUR KELENGKAPAN BERITA PADA MEDIA ONLINE MANADOPOSTONLINE.COM.

Bilqis, L. A. (2020). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial instagram dan prestasi belajar PAI terhadap tingkat religiusitas : Penelitian di kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk.

Choirunnisa, K. (2023). PERAN SCRIPT WRITER DALAM PEMBUATAN IKLAN PROMOSI OBJEK WISATA TKL ECOPARK “WAJAH BARU TKL ECOPARK” TUGAS AKHIR Disusun untuk memperoleh gelar sarjana Ilmu Komunikasi.

Efendi, P. M., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif FilosofisPedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561.

Felin, F. R., & Damastuti, R. (2022). Analisis Isi Konten Post Akun Instagram@ Menantea. Toko Dalam Membangun Engagement Followers. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(1), 55–69.

Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2020). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @YHOOPHII_OFFICIALSEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DENGAN PELANGGAN |Cindie Sya’bania Feroza, Desy Misnawati PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @YHOOPHII_OFFICIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DENGAN PELANGGAN. JURNAL INOVASI, 14(1).

Haryono, Gatot Cosmas. 2020. Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak, Sukabumi. 355 hlm.

Herdiansyah. (2023). ANALISIS DESKRIPTIF COPYWRITING PADA INSTAGRAM WORK COFFEE INDONESIA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN

Ihwan, H. (2021). Pengaruh Iklan Instagram Stories dan Iklan Instagram Timeline terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Hafid Ihwan.

Jayanti, L. (2020). PENGGUNAAN MEDIA INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PENYERTA GAMBAR ATAU CAPTION TEXT PADA SISWA KELAS XII KI 3 SMK NEGERI KABUH. Prosiding National Simposium & Conference Ahlimedia, 1(1), 15–33. https://doi.org/10.47387/nasca.v1i1.3

Khurriaturosidah, I. (2019). MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MAHASISWA ILMU.

Kriyantono, R. (2022). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif: Edisi Kedua. Prenada Media.

Listikal, E. (2023). STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 KERINCI.

Lubis, Y. S. R. (2022). ANALISIS KONTEN INSTAGRAM @BATAMPROMOTION DALAM MEMBANGUN CITRA PARIWISATA KOTA BATAM SKRIPSI.

Maharani, L. O., & Putri, S. H. (2020). Menciptakan Kemandirian Ekonomi kompetitif Digitalisasi dalam ONLINE TRAVEL AGENT (OTA).

Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.39

Maslihatin, T., Rahim, W., Rahmawati, N., & Arafah, M. (2022). Sistem Informasi Pelayanan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Serui. Jurnal Minfo Polgan, 11(2), 45–51.

Mulyantono, R. N., & Akbar, Y. M. (2023). ANALISIS KONTEN REELS INSTAGRAM @KOPIKENANGAN.ID SEBAGAI BENTUK PEMASARAN. IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 3(2), 24–31. https://doi.org/10.33830/ikomik.v3i2.6143

Mulyono, T. T. (2020). BUANA KOMUNIKASI FOTOGRAFI INSTAGRAM: STUDI LITERATUR. Jurnal Penelitian Dan Studi Ilmu Komunikasi. http://jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/buanakomunikasi

Nugroho, F., & Asruddin. (2022). Pelatihan Penggunaan Copywriting bagi Komunitas Kubependa  Rawalumbu Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG).

Nurdiansyah, F., & Rugoyah, H. S. (2021). Strategi branding bandung giri gahana golf sebelum dan saat pandemi covid-19. Jurnal Purnama Berazam, 2(2), 153–171.

Nurtiar, H. (2020). COPYWRITING MODUL DIKLAT PROMOSI PERPUSTAKAAN BERBASIS DIGITAL PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA 2020.

Olivia, H., Warouw, D. M. D., & Senduk, J. J. (2020). ANALISIS ISI BERITA KEKERASAN SEKSUAL DI MEDIA ONLINE.

Prabanata, I. G. N. A. B. (2022). PERANAN ONLINE ENGAGEMENT, KONTEN , DAN INTENSITAS UPDATE KONTEN PADA INSTAGRAM TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PT ANGKASA PURA I BANDAR UDARA INTERNASIONAL I GUSTI NGURAH RAI.

Pratama, S. R. (2024). EVALUASI PENGELOLAAN KONTEN INSTAGRAM  @MINUM_SEMARANG SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK DI  KOTA SEMARANG.

Puspita, N. A., & Samatan, N. (2022). Efektivitas Media Sosial Akun Instagram @detikcom dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi. Jurnal PIKMA: Publikasi Media Dan Cinema, 4(2), 112–117.

Rorong, M. J., & Suci, D. (2019). REPRESENTASI MAKNA FEMINISME PADA SAMPUL MAJALAH VOGUE VERSI ARABIA EDISI JUNI 2018 (Analisis Semiotika dengan Perspektif Roland Barthes). Jurnal SEMIOTIKA, 13(2). http://journal.ubm.ac.id/

Rosita, R. (2020). Pengaruh pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109–120.

Salsabila, R. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI LAYANAN INFORMASI KARIER BAGI MAHASISWA TINGKAT AKHIR (STUDI KASUS PADA AKUN INSTAGRAM @AMIKOMCENTER) Oleh RANA SALSABILA Skripsi Sebagai Salah Satu Syarat untuk Mencapai Gelar SARJANA SOSIOLOGI.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan 3). ALFABETA, cv.

Syah, R., & Darmawan, D. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Literasi Visual pada Pendidikan Orang Dewasa Rahmat Syah, Daddy Darmawan PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI LITERASI VISUAL PADA PENDIDIKAN ORANG DEWASA.

Thaib, E. J. (2021). Problematika Dakwah Di Media Sosial (Sumatera Barat). Insan Cendekia Mandiri, 1(1). https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i1.4412

Wahyudin, D., & Adiputra, C. P. (2019). ANALISIS LITERASI DIGITAL PADA KONTEN INSTAGRAM @INFINITYGENRE. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi.

Puri, W. T. (2023). FENOMENA BANDWAGON EFFECT PADA PENGGUNA IPHONE DI KALANGAN GENERASI Z

Wijaya, G. M., & Erdiansyah, R. (2022). Tipe Konten dan Korelasinya Pada Engagement Instagram.

Winarni, E. W. (2021). Teori dan praktik penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.

Zikrillah, A., & Nurhidayah, Y.(2021). Psikologi Persepsi Visual pada Konten Dakwah Visual Instagram. Jurnal Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal