Pada jenjang perkuliahan uang kuliah tunggal (UKT) sering kali menjadi hal yang sering
dibicarakan.. UKT adalah biaya kuliah yang dikenakan kepada setiap mahasiswa untuk
digunakan dalam proses pembelajaran. UKT bertujuan untuk memberikan kesempatan
pendidikan yang adil dan merata bagi semua calon mahasiswa, tanpa memandang latar
belakang ekonomi. Biaya kuliah yang harus dibayarkan oleh mahasiswa ditentukan
berdasarkan penghasilan dan kondisi ekonomi keluarganya. Penentuan terhadap
kelayakan UKT yang didapatkan mahasiswa yang dipengaruhi oleh faktor ekonomi
keluarga menjadi hal yang dipertimbangan. Beberapa faktor yang mempengaruhi
kelayakan antara lain seperti tempat tinggal, penghasilan orang tua, jumlah tanggungan
orang tua, kendaraan, pekerjaan orang tua. Studi ini menggunakan algoritma C4.5 untuk
klasifikasi dengan dataset dari Kaggle dengan jumlah data sebanyak 100, yang telah dipreproses dan kemudian dianalisis menggunakan RapidMiner. Hasilnya menunjukkan model
memiliki akurasi 98%, weighted mean recall 97,06%, dan weighted mean precision
98,53%, menunjukkan potensi teknik data mining efekttif dalam meningkatkan prediksi
kelayakan Uang Kuliah Tungga (UKT) mahasiswa.
Keyword : uang kuliah Tunggal (ukt), klasifikasi, algoritma C4.5, RapidMiner
Jurnal_19200799_Muhammad Irfan Syarifuddin
Cover_19200799_Muhammad Irfan Syarifuddin
Skripsi_19200799_Muhammad Irfan Syarifuddin
Andrea, R., & Nursobah, N. (2022). Penerapan Algoritma K-Medoids Untuk
Pengelompokan Data Penerima Bantuan Uang Kuliah Tunggal Bagi Mahasiswa
Terdampak Covid-19. Building of Informatics, Technology and Science (BITS),
3(4), 632–638. https://doi.org/10.47065/bits.v3i4.1294
Barito, E. E., Beng, J. T., & Arisandi, D. (2022). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk
Klasifikasi Mahasiswa Penerima Bantuan Sosial Covid-19. Jurnal Ilmu Komputer
Dan Sistem Informasi, 10(1). https://doi.org/10.24912/jiksi.v10i1.17819
Hamonangan, R., Sari, R. K., Anwar, S., & Hartati, T. (2024). Klasifikasi Algoritma
KNN dalam menentukan Penerima Bantuan Langsung Tunai. 6(1), 198–204.
Karim, B., Sentinuwo, S., & Sambul, A. (2023). Penentuan Besaran Uang Kuliah
Tunggal untuk Mahasiswa Baru di Universitas Sam Ratulangi Menggunakan Data
Mining. Jurnal Teknik Informatika, 11(1).
https://doi.org/10.35793/jti.11.1.2017.16555
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Laporan Kinerja Kementerian
Pendidikan Dan Kebudayaan 2019. 139.
Larytasari, L. A., Susanti, Y., & Respatiwulan. (2019). Penentuan Ukt Mahasiswa Uns
Dengan Algoritma Iterative. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika
(Snp2M) 2019 Umt. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1687/1080
Massulloh, I., & Fitriyani. (2020). Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Anak
Berkebutuhan Khusus Di Ibnu Sina Stimulasi Center. EProsiding Sistem Informasi
(POTENSI), 1(1), 136–144.
Nuraini, F. (2023). State of The Art dalam Penelitian dan 3 Cara Menentukannya.
Duniadosen.Com. https://duniadosen.com/state-of-the-art-dalam-penelitian/
Prehanto, R. &. (2020). Bab Ii Kerangka Teoretis (pp. 8–27).
Saputra, K. A., Hardinata, J. T., Lubis, M. R., & Andani, S. R. (2020). Klasifikasi
Algoritma C4 . 5 Dalam Penerapan Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Media
Pembelajaran Online. 1(3), 113–118.
Shabir Ramadhan, N., Nadia Nursafitri, W., Informasi dan Komputer, T., Informasi, S.,
& Negeri Subang, P. (2024). Jurnal Inovasi dan Tren Pendidikan Teknologi
Informasi Analisis Klasifikasi UKT Mahasiswa Berdasarkan Tingkat Penghasilan
Orang Tua Menggunakan Algoritma C4.5. Jurnal Inovasi Dan Tren Pendidikan
Teknoogi Informasi, 2(1), 3026–3190.
https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/inventorhttps://doi.org/10.37630/inventor.v1i3.1
248