Muhammad Irfan Syarifuddin (19200799), Dea Nur Asypah (19200946), Abid Mua’aafii (19200943), Penerapan Algoritma C4.5 Terhadap Prediksi Uang Kuliah Tunggal (UKT) Mahasiswa
Pada jenjang perkuliahan uang kuliah tunggal (UKT) sering kali menjadi hal yang sering dibicarakan.. UKT adalah biaya kuliah yang dikenakan kepada setiap mahasiswa untuk digunakan dalam proses pembelajaran. UKT bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan yang adil dan merata bagi semua calon mahasiswa, tanpa memandang latar belakang ekonomi. Biaya kuliah yang harus dibayarkan oleh mahasiswa ditentukan berdasarkan penghasilan dan kondisi ekonomi keluarganya. Penentuan terhadap kelayakan UKT yang didapatkan mahasiswa yang dipengaruhi oleh faktor ekonomi keluarga menjadi hal yang dipertimbangan. Beberapa faktor yang mempengaruhi kelayakan antara lain seperti tempat tinggal, penghasilan orang tua, jumlah tanggungan orang tua, kendaraan, pekerjaan orang tua. Studi ini menggunakan algoritma C4.5 untuk klasifikasi dengan dataset dari Kaggle dengan jumlah data sebanyak 100, yang telah dipre-proses dan kemudian dianalisis menggunakan RapidMiner. Hasilnya menunjukkan model memiliki akurasi 98%, weighted mean recall 97,06%, dan weighted mean precision 98,53%, menunjukkan potensi teknik data mining efekttif dalam meningkatkan prediksi kelayakan Uang Kuliah Tungga (UKT) mahasiswa.
Keyword : uang kuliah Tunggal (ukt), klasifikasi, algoritma C4.5, RapidMiner
Cover_19200946_Dea Nur Asypah
Skripsi_19200946_Dea Nur Asypah
Jurnal_19200946_Dea Nur Asypah
Andrea, R., & Nursobah, N. (2022). Penerapan Algoritma K-Medoids Untuk Pengelompokan Data Penerima Bantuan Uang Kuliah Tunggal Bagi Mahasiswa Terdampak Covid-19. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3(4), 632–638. https://doi.org/10.47065/bits.v3i4.1294
Barito, E. E., Beng, J. T., & Arisandi, D. (2022). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Mahasiswa Penerima Bantuan Sosial Covid-19. Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi, 10(1). https://doi.org/10.24912/jiksi.v10i1.17819
Hamonangan, R., Sari, R. K., Anwar, S., & Hartati, T. (2024). Klasifikasi Algoritma KNN dalam menentukan Penerima Bantuan Langsung Tunai. 6(1), 198–204.
Karim, B., Sentinuwo, S., & Sambul, A. (2023). Penentuan Besaran Uang Kuliah Tunggal untuk Mahasiswa Baru di Universitas Sam Ratulangi Menggunakan Data Mining. Jurnal Teknik Informatika, 11(1). https://doi.org/10.35793/jti.11.1.2017.16555
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Laporan Kinerja Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan 2019. 139.
Larytasari, L. A., Susanti, Y., & Respatiwulan. (2019). Penentuan Ukt Mahasiswa Uns Dengan Algoritma Iterative. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (Snp2M) 2019 Umt. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1687/1080
Massulloh, I., & Fitriyani. (2020). Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Di Ibnu Sina Stimulasi Center. EProsiding Sistem Informasi (POTENSI), 1(1), 136–144.
Nuraini, F. (2023). State of The Art dalam Penelitian dan 3 Cara Menentukannya. Duniadosen.Com. https://duniadosen.com/state-of-the-art-dalam-penelitian/
Prehanto, R. &. (2020). Bab Ii Kerangka Teoretis (pp. 8–27).
Saputra, K. A., Hardinata, J. T., Lubis, M. R., & Andani, S. R. (2020). Klasifikasi Algoritma C4 . 5 Dalam Penerapan Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Media Pembelajaran Online. 1(3), 113–118.
Shabir Ramadhan, N., Nadia Nursafitri, W., Informasi dan Komputer, T., Informasi, S., & Negeri Subang, P. (2024). Jurnal Inovasi dan Tren Pendidikan Teknologi Informasi Analisis Klasifikasi UKT Mahasiswa Berdasarkan Tingkat Penghasilan Orang Tua Menggunakan Algoritma C4.5. Jurnal Inovasi Dan Tren Pendidikan Teknoogi Informasi, 2(1), 3026–3190. https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/inventorhttps://doi.org/10.37630/inventor.v1i3.1248