Kecanduan Permainan, terutama pada anak-anak, menjadi masalah yang semakin serius. Kecanduan Permainan Mobile Legends pada anak-anak memiliki efek yang signifikan, termasuk penurunan prestasi akademik, masalah tidur, dan isolasi sosial. Orang tua di Kelurahan Maphar menghadapi masalah besar dalam menghentikan anakanak mereka dari bermain Mobile Legends. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan memahami "Pola Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Kelurahan Maphar Dalam Upaya Mengatasi Kecanduan Game Mobile Legends Pada Anak", yang merupakan alasan mengapa pendekatan penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data. Selama komunikasi satu arah masih dominan, orang tua sering memberikan instruksi tanpa mempertimbangkan perasaan atau pendapat anak. Akibatnya, anak merasa tidak didengarkan dan tidak dihargai. Namun, ada perubahan di mana orang tua mulai menggunakan pendekatan komunikasi antarpribadi yang lebih terbuka dan dua arah. Pendekatan ini melibatkan mendengarkan aktif anak-anak, memahami pendapat mereka, dan bekerja sama untuk mencari solusi. Meningkatkan keterbukaan, orang tua berkomitmen untuk menggunakan pendekatan komunikasi yang lebih terbuka dan dua arah dengan anak-anak mereka. Luangkan waktu untuk mendengarkan dengan penuh perhatian dan tetap terbuka terhadap masukan dan perasaan anak. mengembangkan empati, berusaha untuk memahami perspektif anak dan merasakan apa yang mereka alami. Ini akan meningkatkan dukungan dan hubungan.
Jurnal_44200356_Wafin Syawaly Sidqi
Amelia, N. shinta. (2023). Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dengan Anak yang Sadar dengan Kesehatan Mental. IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 3(1), 51–57. https://doi.org/10.33830/ikomik.v3i1.4303
Amran, A., Marheni, E., Sin, T. H., Yenes, R., Pendidikan, S., & Olahraga, K. (2020). KECANDUAN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS DAN EMOSI SISWA SMAN 3 BATUSANGKAR. Jurnal Patriot, 2(4).
Anggraini, C., Denny, ) ;, Ritonga, H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 337–342.
Fembi, P. N., Nelista, Y., Vianitati, P., Fakultas, D., Kesehatan, I.-I., Nusa, U., & Abstrak, N. (2022). Kecanduan Bermain Game Online Smartphone Dengan Kualitas Tidur Siswa-Siswi di SMPK Hewerbura Watublapi Kabupaten Sikka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), 679–688. https://doi.org/10.5281/zenodo.7124153
Frieda, P., & Tamburian, D. (2019). Prima Frieda, H.H Daniel Tamburian: Komunikasi Antarpribadi antara Orang Tua dan Anak Usia Remaja dalam Pembentukan Kepercayaan Diri Anak Komunikasi Antarpribadi antara Orang Tua dan Anak Usia Remaja dalam Pembentukan Kepercayaan Diri Anak. 3.
Handayani, N., & Yuliana, N. (2022). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ANAK DENGAN ORANG TUA DALAM KELUARGA INTI. 2(2), 68–79. https://massive.respati.ac.id
Nuzuli, A. K., Ningsih, M. S., Astri, P. B., Fazli, M., Palenza, N. R., & Ghazali, A. (2023). Gangguan Komunikasi pada Mahasiswa Pecandu Game Online Mobile Legend. Jurnal PIKMA: Publikasi Media Dan Cinema, 5(2), 261–271.
Rustini1, T., Fitriya, D., Hidayah2, N., Sekar, G., Prameswari3, P., S1, M., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2022). Pengaruh Game Mobile Legends Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 4B Sekolah Dasar Negeri Dahniar. ~ 180 ~, 3(2), 180–1876.
Syafitri, N. L., Fatra Deni, I., & Rozi, F. (2023). Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Anak Penggemar Game Online Di Desa Tanjung Gusta Sunggal Kabupaten Deli Serdang. 01(02), 139–143.