Seiring berjalannya waktu, kendaraan menjadi sangat penting untuk mobilitas sehari-hari, terutama bagi masyarakat perkotaan. Kehadiran berbagai merek kendaraan yang memenuhi kebutuhan ini diterima dengan baik oleh calon konsumen. Suzuki, sebagai produsen kendaraan, melihat peluang keuntungan yang besar. Untuk menarik minat konsumen, Suzuki melakukan promosi dan memberikan pelayanan maksimal guna meningkatkan minat konsumen terhadap kendaraan mereka sebagai sarana mobilitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian mobil Suzuki di Jakarta Barat. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Y = 1.989 + 0,411X1 + 0,490X2, di mana secara parsial promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, promosi dan kualitas pelayanan juga berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai R square pada uji determinasi sebesar 0,569. Ini berarti promosi dan kualitas pelayanan mempengaruhi keputusan pembelian mobil Suzuki di Jakarta Barat sebesar 56,7%, dengan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Artikel Jurnal 5272-14001-1-SM
Submission_64200191_Feri Ruslan
Turnitin_64200191_Feri Ruslan
Skripsi_64200191_Feri Ruslan
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Populasi dalam penelitian merupakan suatu hal yang sangt penting, karena ia merupakan sumber informasi. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Anugerah, R. O. A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Dan Harga Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Di Pt Agung Anugerah Motor Bekasi. Jurnal Economina, 2(3), 766–784. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.399
Ardiana, E. N. P. I. D. K. R. (2019). Vol. 04, No. 01. Tahun 2019 ISSN 2540-959X. 04(01), 1–14.
Ayesa, R. B. (2020). Pengaruh Promosi, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling Confero Di Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(01), 207–217. https://doi.org/10.29040/jie.v4i01.856
Aziza, N. (2023). Metodologi penelitian 1 : deskriptif kuantitatif. ResearchGate, July, 166–178.
Evan Saktiendi, Septi Herawati, Lince Afri Yenny, & Amelia Wahyu Agusti. (2022). Pengaruh Viral Marketing, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow di Bumi Indah Kabupaten Tangerang. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(2), 197–210. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i2.524
Fanani, R. F. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Xenia (Studi Kasis PT ASCO Prima Mobilindo ASCO Daihatus Surabaya). Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(9). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4309/4322
Fatmawati, F., & Lubis, A. S. (2020). Pengaruh Perilaku Kewirausahaan Terhadap Kemampuan Manajerial Pada Pedagang Pakaian Pusat Pasar Kota Medan. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 1(1), 1. https://doi.org/10.24853/jmmb.1.1.1-10.
Finamore, P. da S., Kós, R. S., Corrêa, J. C. F., D, Collange Grecco, L. A., De Freitas, T. B., Satie, J., Bagne, E., Oliveira, C. S. C. S., De Souza, D. R., Rezende, F. L., Duarte, N. de A. C. A. C. D. A. C., Grecco, L. A. C. A. C., Oliveira, C. S. C. S., Batista, K. G., Lopes, P. de O. B., Serradilha, S. M., Souza, G. A. F. de, Bella, G. P., … Dodson, J. (2021). No Titleامين. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(February), 2021. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Layanan, P. K., Promosi, H. D. A. N., Asan, J., A, A. R., & R, I. K. (2024). TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL BEKAS PADA SHOWROOM UD . PRIMA MOBIL MALANG. 2, 632–646.
Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/1134
Nuraini, F. (2023). Engaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware Di Kabupaten Magelang. 1–23.
Nuraini, F., & Novitaningtyas, I. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Mie Gacoan Cabang Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v3i2.740
Nurhalim, A. D. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Di Kota Tangerang. Jambura Economic Education Journal, 5(1), 51–59. https://doi.org/10.37479/jeej.v5i1.15263
Prabowo, R. ., & Wiweko, H. (2022). PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di LQ45 Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2020). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1125–1136.
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Purwanza, S. W., Wardhana, A., Mufidah, A., Renggo, Y. R., Hudang, A. K., Setiawan, J., & Darwin. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. In Media Sains Indonesia (Issue March).
Putri, S. I. N., Selvy, Roles, G. H., & Ellen, A. (2019). Pengaruh Rekrutmen Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawa Pada Pt. Budi Raya Perkasa. Jurnal Maznajemen, 5(1), 71–80.
Riadi, M., Kamase, J., & Mapparenta, M. (2021). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Toyota (Studi Kasus Pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin). Journal of Management Science (JMS), 2(1), 41–60. https://doi.org/10.52103/jms.v2i1.320
Sari, T. L., & Elpanso, E. (2022). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Avanza Pada PT Astra International Tbk Cabang Auto2000 Veteran Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 13(2), 102–108. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v13i2.2362
Suasapha, A. H. (2020). Skala Likert Untuk Penelitian Pariwisata; Beberapa Catatan Untuk Menyusunnya Dengan Baik. Jurnal Kepariwisataan, 19(1), 26–37. https://doi.org/10.52352/jpar.v19i1.407
Sugito Sugito. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Xpander (PT. Sardana Indah Berlian Motor). Public Service and Governance Journal, 4(1), 52–60. https://doi.org/10.56444/psgj.v4i1.769
Wulandari, P. P., & Widayanto, W. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota (Studi Pada Konsumen Pt Nasmoco Majapahit, Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 150–158. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.27234
Yuliara, I. M. (2016). Regresi linier berganda. Journal Article, 1–6. http://www.mendeley.com/research/regresi-linier-berganda-1/