Komunikasi merupakan aspek penting yang tidak bisa terlepaskan dalam kehidupan manusia. Melalui komunikasi, manusia dapat terhubung satu sama lain baik. Komunikasi yang efektif memainkan peran kunci dalam mencapai prestasi akademik yang tinggi. Dalam komunikasi terdapat pola yang terbentuk akibat interaksi antar manusia. Salah satu sekolah favorit di Jakarta Barat yaitu SMK Negeri 13 Jakarta menggunakan pola komunikasi untuk memberikan pembelajaran pada siswanya. Tujuan dari penelitian dibuat untuk mengetahui pola komunikasi antara guru dan siswa dalam rangka meningkatkan prestasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Guru SMK Negeri 13 Jakarta pada kejuruan pemeranan menggunakan tiga pola komunikasi , yaitu pola komunikasi linear, pola komunikasi interaktif dan juga pola komunikasi transaksional. 2) Pola komunikasi yang paling sering dipakai oleh guru di SMK Negeri 13 Jakarta pada kejuruan pemeranan pada siswanya yaitu pola komunikasi interaktif yang dimana siswa dan guru saling berkomunikasi dua arah dan memberikan umpan balik.
Adhi Kusumastuti, A. M. K. (2019). Metode Penelitian Kualitatif.
Aisyah, N., Panjaitan, S., Rambe, M. H., Ahadi, R., & Nasution, F. (2023). Studi Pustaka : Konsep Bilingualisme dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Bahasa Anak. 05(02), 3788–3795.
Dr. Abduloh S.Pd., M.Pd , Dr. Suntoko, M.Pd, Tedi Purbangkara, S.Pd., M.Pd., AIFO, Drs. Ade Abikusna, M. P. (2019). Peningkatan dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik.
Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.
Dr. Suriati, S.Ag., M. S. I., Dr. Samsinar S, M. H., & A. Nur Aisyah Rusnali, S.Sos., M. I. K. (2022). Pengantar Ilmu komunikasi.
Elva Roaning Roem, S. (2019). KOMUNIKASI INTERPERSONAL.
Feny Rita Fiantika, Mohammad Wasil, S. J., Leli Honesti, Sri Wahyuni, Erland Mouw, J., Imam Mashudi, Nur Hasanah, A. M., Kusmayra Ambarwati, R. N., & Nuryami, L. W. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Issue March).
Goncalves, S. F. S. (2019). Pola Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan di Gajayana TV. 1, 368–390.
Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi Penulis.
Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Ratnaningsih, P. W., & E, A. A. M. S. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF.
Isna Siskawati. (2023). SEMINAR PENDIDIKAN: PENTINGNYA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MEMBENTUK PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 90–95. http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI
Khadijah, I. (2022). Definisi Dan Etika Profesi Guru.
Kumara, A. R. (2019). Komunikasi Antar Pribadi.
Mardiana, Nugraha, U., & Setiawan, I. B. (2022). Motivasi Siswi Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMP 13 Tanjung Jabung Timur. 2(1), 32–37.
Nasution, D. A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif.
Putri, S. D., Cahyo, B., Adhi, S., & Hakim, L. (2022). Peran Media Instagram “ Dilarang Duduk ” Dalam Promosi Musik ( Studi Deskriptif Kualitatif pada Peran Media Instagram @ dilarangduduk Dalam Promosi Musik ).
Sena Wahyu Purwanza, S.Kep., Ners., M. K., Dr. (Cand) Aditya Wardhana, S.E., M.M., M. S., Ainul Mufidah, S.Kep., Ns., M. K., Yuniarti Reny Renggo, S.Kom., M. S., Adrianus Kabubu Hudang, S.E., M. S., Dr. Jan Setiawan, S.Si., M. S., Darwin, S.E., M., Dr. Atik Badi’ah, S.Pd., S.Kp., M. K., Siskha Putri Sayekti, S.Ag., M. S., Maya Fadlilah, S.Kep., Ns., M. K., Dr. Rambu Luba Kata Respati Nugrohowardhani, S.E., M. ., Dr. Amruddin, S.Pt., M.Pd., M. S., Dr. Gazi Saloom, S.Psi., M. S., Tati Hardiyani, S.Kep., Ns., M. K., Santalia Banne Tondok, S.Kep., Ns., M. K., Retno Dewi Prisusanti, S.ST., M., & Dr. Rasinus, M.Th., M. P. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Issue March).
Suwardi Lubis & Muhammad fahrozi Wijaya. (2020). TEACHER COMMUNICATION PATTERNS IN DEVELOPING STUDENTS ’ SKILLS IN. 1, 46–58.