Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Indocitta Muliatama, baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini dilakukan di PT, Indocitta Muliatama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini meliputi 63 konsumen, dengan sampel yang ditarik sebanyak 63 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari kualitas pelayanan, dan harga, adapun variabel terikat yang digunakan yaitu kepuasan pelanggan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis (uji T dan uji F), koefisien determinasi parsial dan simultan, serta analisis regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis secara parsial membuktikan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan. Koefisien determinasi parsial menunjukkan bahwa korelasi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 32,2%, sedangkan harga sebesar 51,6%. Koefisien determinasi simultan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan memiliki nilai sebesar 83,8%.
Erix Susanti_64201384_Jurnal
Erix Susanti_64201384_Turniti
Erix Susanti_64201384_sekripsi
Erix Susanti_64201384_Cover
Erix Susanti_64201384_submitjurnal
Aditia., A.T.K., Nita, Y. Roslina., & Lungguh, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Acman: Accounting and Management Journal. Vol.1 (2): 104-114.
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan pada Konsumen Gojek. JUPE. Vol.8 (3): 86-94.
Darmawan., & Sutrisno. (2022). Pengaruh Promosi, Ulasan Produk, dan Persepsi Harga terhadap Pemilihan Toko Online. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan. Vol.6 (1):95-105.
Fadhli, K., & Pratiwi, N.D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol.2 (2): 21-31.
Gumilar, A., & Mulyana, A.E. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Perusahaan Jasa Pengiriman Barang. Jurnal Ilmiah ADBIS (Administrasi Bisnis). Vol.8 (1):75-85.
Hadi, Maulana. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maulidiah, E.P., Survival., & Bambang, B. (2023). Pengaruh Fasilitas terhadap Kualitas Pelayanan serta Implikasinya pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economia. Vol.2 (3): 727-737.
Muhasri, Annisa. (2020). Pengaruh Ulasan Pelanggan, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswi Universitas Pertamina). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Vol.2 (1):1-14.
Nugraha, M., & Sumadi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Type C Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini. Vol.11 (2): 21-36.
Nurcahyanti, Intan. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Syariah Indonesia Cabang Madiun. Jurnal Institut Agama Islam Ponorogo. Vol.4 (1):1-10.
Palelu, D.R.G., Tumbuan, W.J.F., & Jorie, R.J. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kamsia Boba di Kota Lawang. Emba. Vol.10 (1): 68-77.
Pambudi, T. Wijayanti., & Soliha, E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Bank, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Nasabah Bank. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan. Vol.4 (3): 1267-1287.
Rachmayanti, U. Rizka. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Ulang Produk Sepatu Basket Merek Nike di Kota Bandung. Jurnal Universitas Sangga Buana YPKP Bandung. Vol.4 (1):1-11.
Taufiq, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasau Parepare. Jurnal of Muslim Community Health (JMCH). Vol.3 (1): 83-92.
Thungasal, C.E., & Siagian. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada Hotel Kasuari. AGORA. Vol.7 (1): 1-7.
Saroji, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Nilai terhadap Kepercayaan serta Dampaknya pada Loyalitas Pasien Rumah Sakit di Kota Bekasi. E-Journal Stieipwija. Vol.21 (1): 1-12.
Sembiring, M.G. (2019). Pengaruh Iklan, Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Produk Nature Republic Aloevera Gel. Journal Universitas Sanata Dharma. Vol.3 (19): 164-182.
Setiawan, B.P., & Frianto, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Perusahaan Jasa Ekspedisi Krian). BIMA: Journal of Business and Innovation Management. Vol.3 (3):352-366.
Sofyan, M., Junaidi, A., Stiamiacid., & Fitri, R.N. (2022). Analisis Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Jasa Ekspedisi PT. Kadiri Logistik Cargo. SENMABIS: Conference Seris. Vol.1 (1): 83-95.
Umar, Husein. (2019). Metode Riset Manajemen Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Zain, A. Afan. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol.2 (2):21-34.