STRATEGI PROMOSI UMKM “MADE BY PIPU” MELALUI APLIKASI WHATSAPP

research
  • 22 Oct
  • 2024

STRATEGI PROMOSI UMKM “MADE BY PIPU” MELALUI APLIKASI WHATSAPP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi umkm melalui aplikasi whatsapp. Metode penelitian ini menggunakan  penelitian kualitatif dengan beberapa fitur-fitur whatsapp contohnya seperti personal chat dan story whatsapp. Hasil analisis menunjukan bahwa berdasarkan wawancara yang  telah peneliti lakukan kepada Made by Pipu telah mencapai berbagai tujuan yang diinginkan. Peningkatan penjualan dan stabilitas penjualan adalah indikator utama keberhasilan strategi promosi ini. Promosi yang dilakukan oleh Made by Pipu telah berhasil mencapai tujuan yang diinginkan, yaitu meningkatkan penjualan, menstabilkan penjualan, menonjolkan nilai produk, mengingatkan pembeli, membedakan produk, dan menginfokan produk baru. Bentuk-bentuk promosi yang diterapkan juga menunjukkan efektivitas yang bervariasi.

 

Kata kunci     : Strategi Promosi, Whatsapp, Bouquet

Unduhan

 

REFERENSI

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.

ALIFIAH, L. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Pt Dalim Fideta Kornesia Dalam Mempertahankan Customer Loyalty. 84.

Argaditia Mawadati, Ustyannie, W., Sulistyaningsih, E., Agus Hindarto Wibowo, Kartinasari Ayuhikmatin Sekarjati, & Endang Widuri Asih. (2022). Strategi Pemasaran Produk Dengan Whatsapp Business Bagi UMKM. Dharma Bakti, November 2022, 203–211. https://doi.org/10.34151/dharma.v5i2.4043

Butar Butar, D. A. (2023). Perilaku Komunikasi Orang Tua Dalam Menanggapi Penyebaran Hoax Pada Grup Chat Whatsapp. Prosiding Konferensi Nasional Sosial Dan Politik (KONASPOL), 1, 109. https://doi.org/10.32897/konaspol.2023.1.0.2363

Dachliyani, L. (2019). INSTRUMEN YANG SAHIH : Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Suatu Evaluasi Program Diklat (evaluasi pembelajaran). MEDIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 57–65. https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/view/721/0

Damayani Pohan, D., & Fitria, U. S. (2021). JENIS JENIS KOMUNIKASI. In Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies (Vol. 2, Issue 3). http://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss

Dianti, Y. (2017). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Feny Rita Fiantika et all. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(4), 1006–1013. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609

Handayani, R. (2020). Metode Penelitian Sosial. In Bandung (Issue September).

Huaida, B. (2021). Whatsapp Stories Sebagai Media Komunikasi Self Disclosure (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo Tahun Angkatan 2017). Journal of Communication Studies, 1(01), 61–80. https://doi.org/10.37680/jcs.v1i01.728

Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80–90. https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385

Meningkatkan, O. D., Kabupaten, D., & Barat, P. (2022). ( Studi Kasus Pada Toko Furniture.

Mulia, C. A. (2023). Pola Komunikasi Mahasiswa dalam komunikasi virtual pada Aplikasi Whatsapp. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1), 453–458. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/2634

Novan Andrianto, & Hasan Ismail. (2022). Peran Analisis Semiotik Dalam Film the Social Dilemma Dalam Teori “Cmc” Computer Mediated Communication. Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain Dan Media, 1(2), 43–58. https://doi.org/10.55606/jurrsendem.v1i2.547

Nurhadi. (2020). ILMU KOMUNIKASI DAN INFORMASI & TRANSAKSI ELEKTRONIK. In Jurnal Sains dan Seni ITS (Vol. 6, Issue 1). http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1

PRATIWI, F. A. (2021). BENTUK-BENTUK SINGKATAN BAHASA INDONESIA PADA OBROLAN CHAT PRIBADI (WHATSAPP) DI KALANGAN REMAJA.

Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396

Ramadhan, R. P., Bela, O. L., & Prasetyo, H. D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Makaroni Kriukzz. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(1), 277–281. https://doi.org/10.46306/jbbe.v15i1.153

Riki, Kremer, H., Suratman, Ciptoputra, V. A. A., & Hazriyanto. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Peranan Sebagai Sarana Komunikasi Dan Promosi Produk. Jurnal Cafetaria, 4(1), 98–105.

Ryan, D., & Zulfah, Z. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran E-Learning Via Whatsapp Di Kelas X MIPA Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Journal on Education, 3(2), 196–207. https://doi.org/10.31004/joe.v3i2.358

Sari, E. A., & Wijaya, L. S. (2020). Strategi Promosi Melalui Direct Marketing Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 16. https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.2608

Simon, M. K., & Alouini, M. (2021). Types of Communication. Digital Communication over Fading Channels, 2, 45–79. https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3

Supendi, C., Fazrin Nasrulloh, S., Kuningan, M., Fazrin Nasrulloh Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, S., & Muhammadiyah Kuningan, S. (2021). Pengembangan Platform Warung Online Berbasis Pretashop sebagai Sarana Promosi Produk UMKM Kabupaten Kuningan. ICT Learning, 5(2), 1–20.

Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Keabsahan data. INA-Rxiv, 1–22.

Syifa, S. F., Nur Istirohmah, A., Lestari, P., & Nur Azizah, M. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(1), 21–27. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i1.100

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Teknik Pengumpulan Data Dalam Metode Kualitatif Untuk Riset Akuntansi Budaya. Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.23960/seandanan.v2i1.29

Zahra, S. (2022). Definisi, Kriteria, dan Konsep UMKM. Osfpreprints, 90500120021, 1–13.